Monday, January 21, 2013

My Dream Garden-House (about designing 2)

Ngomong-ngomong soal keinginan, saya pingin membuka sedikit tabir masa lalu saya *halah
Saya ini lumayan banyak maunya, walau kebanyakan belum ada langkah sama sekali. Dulu sewaktu masih aktif ikut liqo tarbiyah, saya disuruh mengungkapkan salah cita-cita dan harapan saya ke depannya dari sekarang sampai nanti kehidupan pasca menikah. Yaa semacam 'merancang hidup' gitu lho. Wakakaka... hayooo ada yang berasa deja vu ga?

Masih saya ingat sekali, murobiah saya bercita-cita menjadi seorang enterpreneur. Wow, beliau sebagai murobbi aja udah merupakan langkah awalnya menuju sana. Dilanjut teman saya yang ... standar banget: lulus kuliah-PNS-nikah. Daaaan... pada detik ini, dia sudah memperoleh semua keinginannya itu. Masyaallah, hebat kan? Temen saya gituloh!
Lucunya, kami sama-sama menempatkan menikah itu di prioritas ke sekian, setelah bekerja dan memuaskan diri dengan hobi :))

Sementara itu, salah satu keinginan saya yg belum terpenuhi adalah punya kebun bunga yg luas. Pinginnya, sih.
Ngurusnya? Belom tahu euy :))
Jadi ... sementara ini, mari ngayal dulu ...

Rumah minimalis aja. Lahan rumah 'rakyat' juga palingan segimana doang kan ya, jadi sekiranya ada rezeki ... semoga bisa bikin rumah tingkat. Atapnya nanti ga dibikin genteng, tapi dibentuk mendatar semacam gedung begitu. Di atasnya nanti ditanami sayur-mayur, biar selalu tersiangi matahari. Tak lupa sekop tanah dan bangku kecil ... juga peralatan bertani kecil-kecilan.

Setidaknya mengusahakan sesuatu di lingkup kecil itu lebih puas ketimbang beli doang. Belum lagi zat kimia dari pestisida yang dipakai buat berantas hamanya. Lebih aman menanam sendiri kan? Keuntungan lainnya ... bisa ngajarin si kecil merawat tumbuhan, mengenalkan secara langsung nama-nama tumbuhan ... sukur-sukur nanti nanam tanaman herbal juga. Jadi kalau nanti ada gangguan kesehatan, bisa meracik sendiri. Atau paling engga menjaga kesehatan dengan tanaman herbal itu. 
Naa... mungkin nanti pingin nyisain tempat buat ngedesain pot-potnya semacem ini:

Atau ini:


*dalam rangka masih ngayal*
Masih soal tanam-menanam, nanti saya juga pingin nanam tetumbuhan bunga. Bisa anggrek, anyelir, teratai, Wijayakusumah, sedap malam (buat nge-sop kimlo XD), boleh juga zodia... *biar gada nyamuk XD

Tak usah yang padat-padat, yg jarang-jarang aja pasti seneng banget. Yang merambat biar dipasang dekat pagar atau bikin kerangka rambatannya di halaman untuk menaungi pintu rumah, bisa juga dipakein pot gantung biar nantinya menjuntai gitu ...
Jadi gambarannya yaa kira-kira gini:


Kalau memungkinkan untuk tanaman rambar, ya nanti boleh laaah ditanami anggur hijau. Nanti pot-pot di bawahnya ada stroberi ... :3
Belakangan ini saya tertarik nanem tanaman berpot botol plastik ini deh ... cantik ya~
Tapi mungkin gak bisa dipakai buat tanaman bunga :))

Kalau punya pekarangan yg lebih luas, mungkin pingin jadi begini:

Biar sirkulasi udara juga terjaga, saya pingin pola rumahnya punya 'lubang' alias ada bagian yang tak tertutupi atap. Bawahnya pingin saya tanami sesuatu juga...
Kalau lihat contoh ini, nanti cukup dikasih atap yg berlantai garis-garis cokelatnya aja. Lalu kursi dan mejanya saya ganti aja sama hammock atau bangku lebar (kayak bangku luar korea-korea gitu lho, apa ya namanya?) buat bersantai. Boleh juga ruangan ini dijadikan perpus pribadi ... Kalau hujan kan bisa baca sambil menikmati tiap rintik airnya *tidur deh :))

Dari sekian banyak desain kebun, saya paling suka sama gaya Jepang. Mungkin sering dipakai untuk meditasi ... atau semacam zen garden gitu, makanya kebunnya dibuat setenang mungkin. Tapi yah .. kalau bikin garden a la Jepang gini ... butuh halaman besar atuh ya ... :D

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 3:59 PM
Kategori:

12 comments:

  1. ihh, aku juga pengeen banget punya rumah halaman luas dan ijo

    btw itu yg pake pot kayu emang ga busuk ya lama2? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he ... iya sih...
      untuk sementara ya pake kayu aja dulu ..
      kalau ada rejeki ya ganti sama yg lain :D

      Delete
  2. Pasti komenku semalam dimakan sinyal. U_U

    Pengen punya rumah kaca biar bisa buat belajar biologi dirumah :D
    Kudu punya tanah luas ya.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumah bertingkat aja mbak ... nanti bikin rumah kaca kecil di atap :3
      kalau nanti punya kebun luas gitu ... ntar kopdar di tempatku ajaa... pake acara inti joged india di situ XD

      Delete
    2. hahaha ogah ah ga suka joged india :p

      Delete
  3. Asri, segar, cantik, penuh bunga-bungaa.....indah banget ya kalo bisa punya rumah dengan garden seperti di gambar2 itu...

    tempat duduk terbuka di tengah taman...suka banget yg model ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak yg pake sofa gitu kayaknya mbak... tapi kalo keujanan ya sayang juga ntar jamuran :))

      Delete
  4. mbak tarbiyah 'toh ('eh salah fokus ga)

    taman yg mbak impikan perlu halaman yg luas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga, saya Vera *eh
      tarbiyah cuma sebatas dulu ngaji aja mas, abis itu ganti yg lain lagi *nanggepin yg mispokus :))

      hahaha iya ya?
      masih impian, mungkin kalau untuk serius mah nanti cari yg betul-betul pake pot-pot gitu~

      Delete
  5. udah sampai mana mba penanaman di rumahnya? kabarnya ikan-ikan gimana? *ehhhhh

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.