Wednesday, February 29, 2012

[Medraw] Day 2: Fav Animal(s)



Selama ini gak pernah melihara binatang apapun, banyak contoh hewan mati justru ketika pemeliharaan... kuatir gak keurus euy  :|

Saya milih kucing bukan berarti pecinta kucing, tapi karena banyak tingkah aja itu makhluk.... lumayan suka saya isengin dan biasanya dia ekspresip banget nanggepinnya, pantes aja banyak yg suka...

Yang ngapung itu ceritanya ladybug aka kepik. Seneng aja liatnya, meriah merah-item gitu... dulu pas kecil sering nemu sama si aa.



*digambar pake pensil, ditumpuk spidol, dijepret Nokia X2-00, crop di potosop*

Tuesday, February 28, 2012

[Medraw] Day 1: Myself

Kira-kira ginilah sayah...


         

yg di ujung kanan mulut itu bukan taring, tapi gingsul... hahaha jadi kayak pampir ="=
Itu mata ceritanya kehalang kacamata, jadi matanya gak digambarin
Seringnya kemana-mana biasanya pake rok sama ransel pinjeman.

Yang udah kopdaaar, gimanah? Udah mirip kan ya?



*digambar pake pensil buat sketsa terus ditumpuk pake pulpen OHP, dipoto pake Nokia X2-00. Terus diedit di potosop buat bikin kacamatanya (diwarnain abu muda), yg kanan itu pake LR 3.5
*saya lupa ngecek kalo ternyata saya udah ga nyimpen peralatan nulis... kayaknya besok harus beli spidol dulu

Soto Vegetarian ala Sotoji

Saya dapat kiriman dari Sotoji pada tanggal 25 Februari tepat sebelum adzan maghrib berkumandang. Wow, makasih banyak...


Saya tak langsung masak Sotojinya, berhubung sudah makan sore dan perut tak memungkinkan lagi menerima asupan makan. Penasaran sih, tapi biar saya tahan untuk esoknya saja, kebetulan agak bingung juga mau masak apa buat sarapan.
Teman saya bahkan langsung minta sebungkus untuk ikut mencicipi rasanya.

Esoknya, rebus Sotojiiii....
Jamur... jamuuur~ saya suka bahan makanan yang satu ini!
Berhubung masih ada sisa bebaksoan semalam, saya campurlah Sotoji dengan bakso.















Beginilah anak kos yang sering makan makanan instan... senengnya campur-campur bahan apapun yang tersedia. Ahahaha...

Saya suka mie.
Namun sayangnya kebanyakan mie yang saya makan itu membuat lambung perih kalau tanpa nasi. Karena saya pikir bakal kenyang banget sehabis makan mie kuah begini, saya tak pakai nasi. Alhamdulillah perih itu tak saya alami setelah makan Sotoji.

Mungkin benar juga bahan-bahan yang digunakan Sotoji memang aman untuk dikonsumsi bagi penderita maag seperti saya. Kemasannya pun agak berbeda dari plastik kebanyakan, pakai plastik khusus makanan kali ya.

Hal pertama yang saya tandai saat merebus mie adalah baunya. Jamurnya memang kering, tapi aromanya tetep jamur (ya iyalah). Bumbunya sengaja saya ikutkan rebus agar meresap. Deuuu.... soto banget.
Ditambah jamurnya yang kata urang Sunda mah cakrek-cakrek... nyammm, enak.
Tambah satu menu jamur lagi nih buat ide masak, he he...

Buat kalian yang suka sayur, Sotoji bisa jadi pilihan bagus. Ditambah sama sayuran lain juga ga akan mengubah rasa bumbunya yang memang rempah (terdiri dari beberapa campuran bumbu). Soalnya kebanyakan mie instan kan pake rasa daging-dagingan gitu ya?
Ini bukan berarti yang suka daging lantas nggak boleh makan ini. Yang namanya soto itu kan bisa dicampur apapun, termasuk bakso seperti yang saya lakukan itu, heu heu...
Penasaran? Coba wae lah...

Recommended pokoknya mah... 



______________________________________
Diikutkan untuk Lomba Blog Sotoji

[Meme] 30 Day Drawing Challenge




Dulu pertama kali Mbak Idan ngenalin meme kayak begini, udah pengen bahas ini-itu. Tapi berhubung banyaknya ga inget soal film sama buku, mending skip ajalah... lebih seneng baca punya temen-temen buat referensi... huehue...
Tapi ni ngeliat jurnal-jurnalnya Mas Bimo jadinya melu mupeng sama meme drawing...
Memang gak bisa bener-bener gambar sih, lebih keliatan sebagai coretan. Kadang dulu seneng nyoret-nyoret buat bunuh waktu, terutama kalo lagi diajar sama guru yg mbosenin

Terus terang kalau ngeliat gambar itu sedikit-banyak suka ada ide untuk melakukan sesuatu. Bahasa kerennya mah... inspirasi.

Jadi sekarang... sayah coba nyoret-nyoret lagi ah, itung-itung ngebanyakin jurnal
Maunya mah konsisten, tapi liat ke depan aja deh, fu fu...


Saturday, February 25, 2012

Baso Ayam dalam Ricecooker

Description:
Hmmm....
Telat keluar, tukang sayur mungkin udah lama lewat.
Jadilah pagi ini saya ke Mirota Gejayan (minimarket), sekalian beli minyak.
Dateng-dateng mata udah tertuju ke bagian es. Hmm pengen rolade tapi nggak ada. Ya sudahlah beli baso ayam sajah...
Lama juga ga maem baso.

Didedikasikan buat anak kos yg modalnya ricecooker :D

Ingredients:
- 1 siung bawang putih (pilih yg besar aja biar harum)
- merica
- garam
- 1 blok maggie (untung bekel dari rumah kemaren ^__^)


Directions:
Ambil air ke wadah nasi di ricecooker, setengah wadah aja cukup. Jangan lupa cetrekannya *halah* pasang ke posisi cook.
Didihkan air.
Sambil menunggu, siapin bumbu-bumbunya yaa~
Bumbunya cuma ngulek sebiji bawang putih itu bersama garam dan merica.

Bagi yg ga punya ulekan, bisa ngeprek bawang putihnya kok. Yg penting airnya keluar dan bikin harum kuahnya. Kalo kepaksa-kepaksa banget ya diiris... terus cincang-cincang.

Begitu mendidih, masukkan bumbu sekalian sama basonya. Tunggu sebentar sampai si baso mengembang. Kalau udah, turunkan cetrekan ricecooker ke posisi warm.

Sajikan dengan mie telor dan sambel cabe rawit


Huehue maap itu poto gak menggairahkan...
Itu sisa setelah kami makan separo. Temen kos saya ternyata suka kuahnya, jadi tinggal dikit getu...




Yunow wad...
Ketika seseorang bilang "Hm, ini (masakanmu) enak"... rasanya... penghargaan sederhana itu terasa mewah ya?
*maklum, perempuan baru masuk dapur

Friday, February 24, 2012

ARKHYTIREMA 1: Pencarian Adhama

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Science Fiction & Fantasy
Author:Dicky Zainal Arifin

Adalah Arkhytirema, seorang anak yg lahir dengan anugerah kekuatan yg melebihi para Lemurian pada umumnya. Ia terlahir sebagai keturunan penguasa energi murni. Bahkan sang pemimpin bangsanya sendiri, Rhamidaar, ikut menanganinya.

Dilahirkan dengan kekuatan melebihi 40%, tentunya dengan pencapaian ‘belajar’ yg amat singkat. Para profiler (guru) yg mengajarinya sudah mencapai batas dalam mengajari Arkhytirema. Rhamidaar menjelaskan bahwa ada 1 orang yg mungkin bisa memuaskan rasa penasaran dan pertanyaan dalam benak Arhytirema, yaitu bapak para manusia: Adhama. Hanya saja, keberadaannya sendiri tak ada yg tahu.

Maka dalam usianya yg masih anak-anak (10 tahun), dimulailah perjalanan Arkhytirema dalam mencari Adhama. Ayah-bundanya yg bisa memaklumi keinginan puteranya itupun juga akhirnya meluluskan niat Arkhytirema mencari Adhama. Berbekal tulc (tulak=kunci) yg diberi Rhamidaar, ia menempuh perjalanan panjang antar-galaksi melalui barqha (‘pintu’ yg menghubungkan antar-galaksi).

Seperti apakah perjalanan yg ditempuh Arkhytirema? Apa saja yg bakal ia temui di tiap galaksi yg dikunjungi? Dan yg terpenting, berhasilkah ia menemui Adhama? Silakeun baca triloginya Arkhytirema... *kalo gak salah mah baru nyampe buku kedua

***

Banyak kejadian tak terduga dalam perjalanannya, secara ya... biasanya dalam bayangan kita, di antar-galaksi angkasa luar sana mana ada gambaran kehidupan, sih? *kecuali para UFO-mania
Paling-paling yg terdeskripsikan itu cuma ruang hampa udara yg mengandung zat-zat beracun bagi makhluk hidup O2 kayak kita gini. Agak bingung juga mesti men-genre-kan novel ini kemana.

Pertama, settingnya ini kemungkinan zaman sekarang. Hanya saja, berbicara soal kekuatan metafisik, tenaga dalam... jurus-jurus dan sebagainya mengingatkan saya pada cersil-cersil zaman dahulu semisal Wiro Sableng atau Jaka Sakti.



Kedua, ada unsur legenda.
Tahu Lemurian? Atau paling enggak... mesti pada tahu Atlantis kan?
Nah, bangsa/ras (?) ini juga sedikit disinggung, hmm.. mungkin karena baru buku pertama ya? Beberapa bangsa/ras yg disebut antara lain Lemurian, Atlantean (Atlantis), Bropa, Rudhaza, Lilua, Mosram, Eratus, Nirranthea... haduh banyak, nggak inget. Yah, masuk akalnya aja... ada berapa galaksi di angkasa sana sih? Nah itu ajah hapalin atu-atu.

Ketiga, bicara soal teknologinya, yg dideskripsikan di situ bahkan udah sangat melebihi teknologi yg berada di zaman kita. Diulas juga mengenai sistem tubuh, terutama kinerja mitokondria dan pengetahuan umum lain... *lagi-lagi lupa apaan

Keempat, ada sedikit serapan dari bahasa Sunda, di sana disebut sebagai bahasa Zhunnda. Terus salam yg dipakai juga “Sampraazan” yang berasal dari sampurasun-nya urang Sunda.
*eh, ini sebenernya gak termasuk ketiga alesan di atas, sih... #dikeplak oleo jeyuk#


Ada juga hal menarik lainnya semisal penamaan istilah –istilah yg dipakai. Mengingatkan saya pada beberapa hal.

Membacanya seperti menonton film Dragon Ball, terutama setelah Arkhytirema ternyata bisa ‘berubah wujud’ dengan meningkatnya kekuatan dalam tubuhnya. Diceritakan rambutnya berubah menjadi panjang keemasan (kalau gak salah), dan kekuatannya naik hingga beberapa persen. Nah, persis kayak perubahannya Goku saat berubah jadi Super Seiya 1 dan 2... *katanya ada juga perubahan ‘vegeta’ yah?

Lain lagi ketika saya membaca di awal perkenalan. Istilah probe di sini juga mengingatkan saya akan ras Protoss dalam game StarCraft. Dalam game itu kita bisa memainkan 3 ‘ras’: Terran (manusia), Protoss (makhluk seperti manusia dg teknologi dan peradaban tinggi), dan Zerg (makhluk-makhluk asal larva yg teknologinya dari jaringan sel gitu deh.... kalo di bukunya mah semacem bangsa Bropa kali ya).

Nah, posisi Lemurian ini seperti pada Protoss. Istilah probe juga ada dalam game ini, itu sebutan bagi 'villagers'/pekerja bagi yg pernah maen Age of Empires pasti ngerti. Beda fungsi sih... tapi yg pasti istilah-istilahnya banyak yg rasanya deja vu pas baca

Masing-masing penampakan (bayangan sayah doang sih) akan Lemurian itu: kaya akan kristal, lalu unit rumah induknya (istilah di game-nya mah Nexus) juga berbentuk piramida. Pokoknya mirip sama yg dibahas di situs Arkhytirema lah.

Seperti yg pernah saya bahas sebelumnya, kita juga bisa kenalan sama huruf Lemurian yg ada di novel ini.



Awalnya mungkin agak membosankan, mengingat perkenalan novel ini dimaksudkan sebagai pengantar istilah-istilah yg langsung dipakai. Aselinya ada glosarium tersendiri, cuman saya nggak pinjem. Dipake buat baca buku kedua kayaknya mah.

Yang saya sayangkan, kaidah penulisannya itu sedikit 'lain' dari novel biasa yg kita temui. Istilah-istilah yg dipakai itu tak seperti tata penulisan Harry Potter. Bukan maksud saya membandingkan, tapi karena saya masukkan novel ini dalam genre sci-fan, ya paling tidak biasanya istilah tertentu cukup dikasih italic. Cmiiw, yaa...

Editornya sendiri mungkin membiarkan tata cara penulisannya seperti itu. Tapi menurut saya pribadi, terus terang agak kelelahan membaca huruf seperti itu, walau saya yakin penulisannya gak bermaksud melelahkan pikiran para pembaca.

Fyuuuh~
Selesai juga ngebahas (bukan repiu ini mah) novel ini. Beratnya mungkin karena banyak istilah yg saya belum terbiasa dan ya itu tadi... penulisannya.
Banyak hal tersurat yg ditulis di sini, terutama mengenai keberadaan Illahi, rasa syukur, menangani perasaan negatif (takut, ragu, dll) dan sebagainya... *religius juga kan yah?




Kekuatan yg besar, memunculkan tanggungjawab yg besar pula.
(sampul novel Arkhytirema)



*ngomong-ngomong, baru kali ini saya baca novel dari berbagai genre begini ^__^b

Thursday, February 23, 2012

Promonya udah kayak iklan di tipi... ^__^

Aksara Sunda

Heu... semoga yg komen lantas ga terus latah memfungsikan sunda-nya. Kesian yg gak bisa sunda malah puyeng bacanya 

Ini karena saya baru selesai baca buku Arkhytirema, yang menurut saya... Sunda pisan.
Memang bahasanya bukan sunda, tapi inspirasi istilah-istilah yg dipakai itu berasal dari Sunda. Insyaallah ntar mau bikin reviewnya.

Saya tertarik sama aksaranya juga karena buku tersebut juga punya huruf khusus. Heu, jadi keinget rajah-rajah kayak di mitologi gitu.

Setelah gugling, walah... ternyata suku Sunda juga punya aksara sendiri ...
Aksara/Huruf Sunda Kaganga Atau huruf Sunda Buhun berjumlah 32 huruf, terdiri dari, 7 aksara swara 'vokal mandiri' dan 25 aksara ngalagena (konsonan).

1. 7 aksara swara 'vokal mandiri'





2. 25 aksara ngalagena (konsonan)





Nyomot dari sini.

Sayang banget ini huruf udah hampir punah, untungnya udah ada yg inisiatif 'melanjutkan'nya dengan bikin font-nya, jadi bisa dipakai secara digital

Agak mengherankan juga sebenernya, kenapa aksara karuhun sendiri gak dipelajari waktu sekolah? Padahal Hanacaraka saja dipelajari temen-temen di Jogja.

Sayang aja, punya bahasa sendiri tapi gak dipake, punya budaya sendiri tapi pake budaya lain...


Wednesday, February 22, 2012

[Nick] Eeeeennnneeenggg~


Lagi pengen ngobrol-ngobrol aja, soalnya di kos sepi... mana hujannya menggemparkan pula.. *banyak geledek

Belakangan ini agak ngikut pembicaraan sama seorang dosen. Dulu memang saya pernah ikut rewang dengan beliau soal artikel poligami media luar dan turut menyebarkannya juga.
Dosen saya ini udah domisili di Aussie, kebetulan saya juga tak pernah tatap muka maupun dikuliahin beliau sebelumnya. Toh dulu cuma iseng nge-add karena beliau ini puteri dosen senior di jurusan.

Kemarin-kemarin saya terlibat 'bentrok' dengannya soal niat seseorang. Intinya segala sesuatunya itu tergantung niat. Hanya saja mungkin agak tidak terima argumen soal 'wall' Yahudi, kami jadi terkesan debat. Ya sudahlah ngalah saja, toh mungkin cara saya menyampaikan juga keliru.


Ealah...
Biasanya beliau komen status saya yg biasa berupa link maupun hadits, kemarin kok sempet juga ngomen di status yg geje
Satu lagi, saya dipanggil Neng sama beliau.
Hahaha, agak 'deg' gimanaa gitu, mengingat panggilan ini biasanya cuma dipakai sama orang-orang yang sudah akrab. Mungkin karena Piet juga manggilnya itu, kebawa juga akhirnya


Ngomong-ngomong soal panggilan, kalau dirunut-runut tuh awalnya temen-temen manggil nama biasa. "Veraaa" atau "Peeee..." itu udah familiar banget di telinga. Sohib saya sejak SMP juga manggilnya "Pe" doang.


Tapi semua berubah sejak negara api menyerang... *halah
Maksudnya begitu masuk SMA, nama saya seolah-olah pupus.

Ceritanya saya ikut organisasi yg sama kayak kakak saya. Nah, si Aa pan memang udah biasa dari kecil manggil saya dengan panggilan 'Neng', padahal di organisasi itu punya 'adat' manggil sesama anggota dengan sebutan Akang (laki-laki) dan Teteh (perempuan).

Lhaa ada senior saya yg kebetulan denger dan jadi lanjutlah panggilan 'Neng' itu nempel sama saya. Celakanya dia termasuk senior yg punya pengaruh kuat di situ, jadilah senior lainnya juga ikut-ikutan manggil Neng... *sedang kurang beruntung*

Agak celos juga rasanya pas ketahuan dipanggil itu sama Aa.
Mungkin karena itu bawaan dari kecil, jadinya saya berasa 'kecil' juga kalau dipanggil itu.

Sempat heran juga, begitu pindah ke Jogja, panggilan 'Neng' di kos juga cepat sekali nyebarnya.
Pernah saya protes juga kenapa manggilnya itu. Biasanya kan populer pake 'Teteh', ya nggak?
Se (panggilan temenku) bilang dia juga punya temen anak Sunda yg dipanggil 'Teteh', jadinya gak asik kalo samaan. Alesan klise.
Apalagi mbak Yuni, nek manggil sayah mesti keras-keras sambil berlagu "Eee--neeeeeengggg~"
Laen lagi mbak Nopek, kalo manggil suka ditambah-tambah "Ennn--neeengg-nong-neng-glung"
Teu aleucreug...

Lebih parahnya, masa' adek tingkat yg sekarang sekos juga manggil neng? Gak sopyaaannn


Laen lagi begitu kenal sama kaka-kaka cantik pendekar nulis yg inih dan ituh.
Awal mah wajar... wajaaaarrr bangeeeettt tindih-gulat-tumplek-bluk begitu aja geletakan di lantai...
Dulu masih manggil dengan sebutan mbak-mbak gitu, mereka juga masih manggil nama.
Lah begitu Mbak Ii dateng, saya otomatis 'ngurutin' kaka kesatu, kedua, dan ketiga.. mwahahaha...
pengaruh White Snake Legend waktu kecil betul-betul tokcer...

Awal-awal kisruh keroso aneh, cuma ka Desi sama ka Nana lanjut ampe sekarang manggil sayah dengan panggilan 'Dek Pera'. Nyahahaha.... *gudbay 'neng'

Beda lagi sama Raya, masa sayah dipanggil peong? Hahaha... gak beda jauh sama meong ato peang nih... *jelas sayah bukan kucing... dan sayah gak kurus, lho

Laen lagi sama Abah, manggil sayah pake sebutan Nyai. Hihi awalnya aneh, soalnya ngingetin tokoh-tokoh legenda gitu. Tapi lama-lama menikmati juga, habisnya itu panggilan yg ga lumrah di tempat saya.
Laen lagi sama kenalan yg kebetulan terjeblos di lapak saya. Biasanya mah otomatis puri... bahkan ada juga pake 'gelar' Mas Puri... luarbiasa sekali teman-teman saya ini.


Ya sudah biarlah, di luar sana masih banyak yg dipanggil Neng... *berusaha mengabaikan*
Walau sebenernya kalau nalar-nalar dikit, sayang juga punya nama tapi gak dipake. Orangtua udah capek-capek bikin nama... bukannya ada doa di dalamnya?

Ehe.
Sementara ini saya anggap panggilan semacam itu sebagai panggilan sayang sajalah.
Panggilan istimewa seperti Jogja dimana saya numpang tinggal... *eaa
Toh lama-lama juga pasti jadi Bu Vera kaaan...


Hanya saja yg tidak mengenakkan, si bungsu rada jealous gegara tetehnya ini punya panggilan beda sendiri di rumah. Sampe Mamah ngejelasin segala bahwa panggilan itu kebiasaan almarhumah Mbu (nenek) kami manggilin cucu-cucunya memang begitu. Lah sebelum adek saya yg paling gede itu lahir juga kami udah pindah ke lain lingkungan... mau gimana lagi?





Heu, maaf ya Mi...
Though I have a special nick, you're also the most special for us

________________________


Ini nama-nama panggilan saya, bagaimana denganmu?





Neng Hade Hate  *eaaa


Saturday, February 18, 2012

Siapa Tanya Siapa Nih?

Postingan 10 menitan yg lalu (begitu dipublikasi).

Masih ngoprek theme saya yg masih kurang apaa gitu, liat-liat di TTM.
Eh, ada yg nelpun. Kirain dari mamah, tahunya nomer ga dikenal.

"Assalamualaikum, halo?" jawab saya.
"Waalaikumsalam..."

Barang beberapa saat terdiam.

"Siapa ya?" kami bertanya hampir barengan.
Lhe? Ni orang sengaja telepon tapi nggak tahu siapa yg ditelepon...

"Ini siapa?" tanya saya.
"Ini siapa?"
 Lha, ditanya malah balik nanya.

"Sapa ya?" kembali saya tanya baik-baik.
"Anak Jawa, ini sapa?"

He.. lucu.
Saat itu cuma ada beberapa kemungkinan mengenai si penelepon.
Pertama, dia anak jurusan Bahasa Jawa.
Kedua, dia berkesukuan Jawa.
Ketiga, dia tinggal di pulau Jawa.. *lah pan saya juga iya*

Sayangnya saya tak punya teman dari jurusan itu. Misalkan punya pun, itu cuma sebatas tahu dan tak pernah ada kontak.

Akhirnya saya tanya, "Mau nelepon siapa?"
"Yang punya hape. Ini siapa?"
*diam beberapa jeda sebelum akhirnya saya akhiri:
"OH... salah sambung."

Klik. Selesai.

Saya sebel orang nelepon gada maksud begitu. Buat apa?
Ngajak kenalan aja pasti punya kata-kata.
Hidup rasanya ga tenang kalo ada orang asing ujug-ujug tahu nomer hape.
Dapet dari mana? Mau apa?
Lah... ini yg nelepon aja diem. Terus ngapain juga nanggepin hal yg ga jelas.

Semoga gak pernah usil lagi.
Lain kali mestinya cuekin nomer ga dikenal aja kali ya, sebelumnya ada yg semacem ini tapi dengan jelas saya minta dia hapus nomer saya karena ya itu... gak kenal dan geje.



___________________________
*sambil mikir hari ini mau masak apaan ya...

Monday, February 13, 2012

bekgron




cat baruuu...

JERUK:

/* site title */
h1#page_owner_title {
color: #EE8701;
font-family: Auptimagh AH;
font-size: 80px;
text-align: left;
}

td#maincontent {
color: green;
}

.replybox {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/1:trickmp/photos/16/1200x120/125/FFCC00-40.png?et=evQCSsKTIaZSlO96NeS2tg&nmid=257977411) ! important;
font-family: Berlin Sans FB;
font-size: 14px;
color: #874316;
}

.itembox, .itemboxalbum {
background: transparent url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/1:trickmp/photos/16/1200x120/125/FFCC00-40.png?et=evQCSsKTIaZSlO96NeS2tg&nmid=257977411) repeat top scroll;
border: 1px solid none;
color: #874316;
font-family: Berlin Sans FB;
font-size: 14px;
}

.itembox a {
color: green;
}

/* left rail links */
ul.sidelist a, ul.sidelist a:visited, ul.sidelist a:link {
color: green;
}
.railbody a.raillink, .railbody a:link.raillink, .railbody a:visited.raillink {
color: green;
}

#bodywrap {
background-image: url(http://multiply.com/mu/puritama/image/JFaePSOBau5kCgSw1RsxYg/photos/1M/300x300/1467/fresh-orange-button-p145522711204176633z745k-400.png?et=zEtcUThCpRJL%2B1ffyWsC1g&nmid=0), url(http://www.psdgraphics.com/file/yellow-lights-background.jpg);
background-repeat: no-repeat, no-repeat;
background-position: bottom right, center right;
background-attachment: fixed, fixed;
}

/* item title area */
/* item box titles */
.itemboxsub {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/1:trickmp/photos/16/1200x120/170/Gold-55.png?et=qfJ6v0ug%2CqQluAcfp0P%2Cqg&nmid=257977411);
border-color: transparent;
font-family: Auptimagh AH;
font-size: 11px;
color: #EE8701;
}

div.relatedlinks {
color: #EE8701;
}

div.stats div.infobox {
background-color: transparent;
}

div.stats {
background: none;
background-color: transparent;
border-color: transparent;
color: #EE8701;
}

a.reply_link, a.reply_link:link, a.reply_link:visited {
color: #EE8701;
}
.actionlinks a:hover {
color: green;
}

/*gambar kotak komentar*/
textarea#body {
background: url(http://multiply.com/mu/puritama/image/q7WxBOWL+PrnBRkPEcJbug/photos/1M/300x300/1469/jeruk.gif?et=Wacobda7cN2cct7kzbYF6A&nmid=0) no-repeat bottom right, url(http://multiply.com/mu/puritama/image/TBaYqt8abRO8nN9M1irWSg/photos/1M/81x86/1468/orange.gif?et=LpVvUuZzfUlx2zq4x6aAqA&nmid=0), #FEFEE0 repeat top right;
color: brown;
font-family: Berlin Sans FB;
font-size: 14px;
}

div.railbody {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/1:trickmp/photos/16/1200x120/125/FFCC00-40.png?et=evQCSsKTIaZSlO96NeS2tg&nmid=257977411);
font-family: Berlin Sans FB;
font-size: 16px;
text-align:center;
}

div#rail {
color: #874316;
}
div#rail p.address {
color: #874316;
}
div#rail h4 {
color: #874316;
}
table.user_id_signout, table.user_id_signout a, table.user_id_signout a:link, table.user_id_signout a:visited {
color: #FFBC00 !important;
}

a.gnlinkselected-TzydEQooCGUAAASGNzI1, td.searchselected {
background-color: #ECA779 !important;
}

#gngo:hover, td.search-TzydEQooCGUAAASGNzI1:hover #gngo {
background-color: #EE8701 !important;
}
a.gnlink-T0BdQooCGUAAC9IlQI1:hover {
text-decoration: none;
background-color: transparent;
}
a.gnlinkselected-T0BdQooCGUAAC9IlQI1 {
background-color: #EE8701;
cursor: auto !important;
}

li.gnopt, li.gnoptsel {
background-color : transparent ! important;
}

div#subnav li.gnoptsel a {
background-color: transparent;
color: #874316;
font-family: Auptimagh AH ! important;
text-align: right;
}

div#subnav li.gnoptsel a:hover, div#subnav li.gnopt a:hover {
background-color: #95C756;
color: #ffffff;
}

div#subnav li.gnopt a {
font-family: Berlin Sans FB ! important;
color:green;
text-align: right;
}

div.replybody img#selectedarrow {
display:none;
}

/*GUESTBOOK*/
#home_guestbook {
overflow: auto;
height: 450px;
}

div#rail links {
color: green;
}

____________________________________________________
_____________________________________________________


/* site title */
h1#page_owner_title {
color: red;
font-family: Kristen ITC;
font-size: 20px;
text-align: right;
}

/*gambar kotak komentar*/
textarea#body {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/2:trickmp/photos/16/1200x120/36/Black-opacity5.png?et=m205fvOoPh%2CxMiKdlCI87Q&nmid=257977411) center;
color: grey;
font-family: Kristen ITC;
font-size: 12px;
}

#bodywrap {
background-image: url(http://jootix.com/upload/DesktopWallpapers/cache/beetle-on-a-flower-beetle-on-a-flower-dark-black-2560x1600.jpg);
background-repeat: no-repeat;
background-position: bottom left;
background-attachment: fixed;
background-size: 100%;
}

.itembox, .itemboxalbum {
background: transparent;
border: none;
color: grey;
font-family: Verdana;
font-size: 12px;
}

/*GUESTBOOK*/
#home_guestbook {
overflow: auto;
height: 450px;
}

div.railbody {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/2:trickmp/photos/16/1200x120/36/Black-opacity5.png?et=m205fvOoPh%2CxMiKdlCI87Q&nmid=257977411);
font-family: Verdana;
font-size: 12px;
text-align:center;
}

/* item title area */
/* item box titles */
.itemboxsub {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/2:trickmp/photos/16/1200x120/36/Black-opacity5.png?et=m205fvOoPh%2CxMiKdlCI87Q&nmid=257977411);
border-color: none;
font-family: Kristen ITC;
font-size: 12px;
color: white;
}

a.reply_link, a.reply_link:link, a.reply_link:visited {
color: #EE8701;
}
.actionlinks a:hover {
color: grey;
}

/* left rail links */
ul.sidelist a, ul.sidelist a:visited, ul.sidelist a:link {
background: transparent;
color: #AA65F9;
}
.railbody a.raillink, .railbody a:link.raillink, .railbody a:visited.raillink {
color: white;
}

div.relatedlinks {
color: white;
}

div#subnavc {
width: 75px;
background: transparent !;
border: none;
padding: 100px;
position: fixed;
top: 150px;
}

li.gnopt, li.gnoptsel {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/2:trickmp/photos/16/1200x120/36/Black-opacity5.png?et=m205fvOoPh%2CxMiKdlCI87Q&nmid=257977411) ! important;
}

div#subnav li.gnoptsel a {
background-color: transparent;
color: white;
font-family: Kristen ITC ! important;
text-align: right;
}

div#subnav li.gnoptsel a:hover, div#subnav li.gnopt a:hover {
background-color: grey;
color: #ffffff;
}

div#subnav li.gnopt a {
font-family: Verdana ! important;
color: grey;
text-align: center;
}

.replybox {
background: transparent ! important;
font-family: Verdana;
font-size: 12px;
color: grey;
}

.itembox a {
color: #AA65F9;
}

.tablediv1 tr {
background-color: transparent;
}

.tablediv1 th {
background: url(http://multiply.com/mu/speedstars/image/2:trickmp/photos/16/1200x120/36/Black-opacity5.png?et=m205fvOoPh%2CxMiKdlCI87Q&nmid=257977411);
font-family: Kristen ITC;
font-size: 12px;
color: grey;
}

.tablediv1 a {
color: #AA65F9;
}

div#rail {
color: grey;
}

div#rail p.address {
color: grey;
}

div#rail h4 {
color: white;
}


div.replybody img#selectedarrow {
display:none;
}

Friday, February 10, 2012

Arsene Lupin (2011): Pencuri Terhebat dalam Sejarah (?)

Rating:★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Edgar Jepson & Maurice LeBlanc
Cerita ini bukan mengenai Lupin-Lipin loh

Huehue... dapet juga buku Lupin dari Pesta Buku kemarin.
Pertama kali saya kenal nama itu dari komik Conan, tepatnya saat episode kemunculan 1412 aka Kid Si Pencuri muncul. Sosoknya benar-benar klop dengan cover buku ini:



Setelah 10 tahun Duke Charmerace menghilang tanpa kabar, ia tiba-tiba datang kembali dan melanjutkan rencana pernikahannya dengan Mademoiselle Germaine Gournay-Martin.
Di tengah kesibukan jelang pernikahan, Lupin memberitahu niatnya mencuri lukisan Monsieur Gournay-Martin, ayahanda Germaine yg merupakan seorang jutawan di Prancis. Done! Dia berhasil melewati para penjaga harta sang jutawan dalam satu malam. Padahal baru saja sang jutawan juga kehilangan mobilnya yg bertenaga seratus kuda.

Niat mencurinya tak berhenti sampai di situ. Kali ini sasarannya adalah sebuah mahkota bernilai tinggi milik sang jutawan *gila ya kekayaannya ga abis-abis

Ceritanya bukan cuma soal sepak terjangnya dalam hal curi-mencuri, ada juga sisi romantik di sini. Karena ternyata dalam buku ini, ia dikisahkan jatuh cinta pada seorang gadis cantik bernama Sonia Kritchnoff...

Akankah usahanya meraih cita dan cintanya berhasil? Saksikanlah dalam novel ini! *halah kok ngiklan ngene :))


________________

Di Indonesia juga banyak lho, pencuri terhebat beberapa tahun belakangan ini... *ngelirik para korup
Apalagi kalo mikir Edy Tansil? Begh... dia itu pencuri kelas dinosaurus kali ya.. bahkan kabarnya aja gak ada yg tahu
Cuma bedanya, mereka nyuri itu gak ngabar-ngabari... #OOT

Eaaa stop.
Mari bahas bukunya.

Awal saya membaca, rasanya senang mengetahui bahwa sang penerjemah benar-benar mencermati beberapa istilah kebangsawanan, dan tentunya punya cukup pengetahuan beberapa hal lainnya.
Sayangnya saya agak terganggu dengan gaya terjemah di beberapa bagian, terutama soal deskripsi setting maupun aksi yg dilakukan para tokoh fiksi di sini. Rasa-rasanya mbulet alias muter-muter sehingga saya tak bisa berfantasi bagaimana dekorasi ruangan, rumah, dst.

Terus terang jadi pelajaran tersendiri bagi saya. Dulu pas kuliah Traslation, menerjemahkan sebuah kalimat itu sebisa mungkin mendekati makna yg dimaksud. Payahnya, saya seringkali memakai kalimat bertingkat agar maksudnya tak berubah. Benar-benar keliru bahwa pakai kalimat bertingkat itu mendekati makna. Justru karena berbelit-belit, maknanya bisa jadi tak ditangkap para pembaca.
Sederhana yg mudah dimengerti itu jauh lebih baik

Soal arti harfiah, kamus masih pegangan wajib saya... sekalipun tak lagi kuliah soal itu. Jadinya kalo adek saya sms, kadang saya juga masih buka kamus buat memastikan. Yah, gimana-gimana juga ingatan saya ini gak tahan lama *ngasihtau aib dhewe
Okelah kasus saya mah masih tahap belajar demi dapetin nilai dari dosen.
Lha kalau sudah tahap cetak buku? Ini udah tanggungjawab editornya juga kan...

Wah maaf jadi melebar gini... *sungkem
Ngomong-ngomong soal pencuri hebat, pasti gak terlepas dari detektif.
Dari buku ini, saya mengenal sosok Guerchard.
Mulanya agak berbau Holmes.
Ternyata memang beda, caranya berekspresi tak secakep Holmes. Sekali lagi, mungkin juga saya terlalu terpengaruh sama terjemahnya atau--- mungkin lebih tepat jika saya bilang editingnya masih kurang.

Selain itu, ceritanya 'jujur' sekali.
Baik diterjemahkan 'baik', perbandingan juga dijelaskan secara langsung... misalnya si A itu baik dan si B itu lembut, si X itu sombong dan si Z itu pemaaf.
Well, sejauh ini saya pikir gaya bahasanya sedikit masuk jenis anak-anak.
Padahal saya kira, buat novel petualangan begini sebaiknya melibatkan deskripsi.
Bukan tak berarti novel ini tanpa deskripsi lho ya. Bila perlu, gambarnya sekalian.

Mungkin segitu aja yg saya banyak roamingnya, yg lainnya cukup oke. Mungkin juga karena saya keburu bosan baca terus maksa namatin bukunya kali ya? Ntar coba dibaca lagi deh kalau udah mood.


Silakan mencoba baca kalau penasaran.
Versi aslinya mungkin lebih baik... *pake boso Prancis kali ya?


Thursday, February 9, 2012

[Penting ga penting] Bahasa Anak Muda

Sekalian cek email, buka fb...
Tarrraaaaa ada salah satu dosen bahasa Indonesia saya yang menyenangkan.
Statusnya kali ini cukup menarik perhatian...







...
*mijit kepala*


Wednesday, February 1, 2012

(Reminder) Ben!

Lebih mudah meneruskan apa
adanya, walau pun tidak mudah hidup dalam kesulitan.

Maka jangan ganggu dia yang
sulit berubah, walau pun itu untuk kebaikannya sendiri.

Biarkanlah dia mengutamakan yang mudah sekarang, karena dia tidak keberatan dengan kesulitannya.

Speedy Scandal (2008)

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Comedy


Nontonnya mah pas Agustus 2011 kemarin ^__^.
Sebenernya agak bingung juga mau dimasukin genre apa. Soalnya lebih buat keluarga... ada unsur romantisnya juga tapi gak begitu menonjol. Saya pilih komedinya saja karena memang mengundang gelak tawa :)

Ada dialog yang cukup menggugah di klimaksnya:


"Aku menginginkan cinta. Setiap orang memiliki seorang ayah. Mengapa aku harus mengatakan bahwa aku tak punya ayah ketika aku memiliki satu?
Apa Ayah pikir aku lahir karena aku ingin dilahirkan? Apa aku yg melakukan kesalahan?
Mataku, hidungku.. ini semua hasil perbuatanmu.
(Memangnya) Kenapa kalau aku di sini?" tanya si anak.

"Aku tak pernah mengharapkan kehadiranmu," kata sang ayah.




Jadi ceritanya Nam Hyeon-soo (Cha Tae-hyun) ini kedatangan seorang perempuan muda bernama Jae-In yang ternyata adalah anak kandungnya. Yang lebih mengejutkan, Jae-In sendiri ternyata punya anak lelaki. Otomatis, di umur semuda itu, Hyeon-soo telah menjadi seorang kakek.



Film ini mengingatkan saya pada film The Game Plan (2007), walau memang tak sampai punya cucu sih :D
Cuma intinya ya sama, mereka sudah tak punya ibu... kemudian mencari ayahnya yang kayak bang toyib gak tau rimbanya.

Dari sini bisa dilihat juga degradasi budaya timur yg ternyata tak cuma melanda Indonesia. Freesex seakan sudah bukan cerita yang tabu untuk disimak... alurnya dibuat sedemikian rupa sehingga kesalahan semacam itu bisa dimaafkan dan dimaklumi.

Endingnya mudah ditebak, tapi cukup menghibur buat sekedar ketawa-ketiwi :)

 
Powered by Blogger.