Saturday, July 21, 2012

Tumis Cuciwis


Description:
"Teh, Mamah beli cuciwis nih, mau masak? Mamah mah belum pernah masak pake bahan ini~"

Boleh deeeh...
Dengan gugling digimanain enaknya, ternyata tumis biasapun udah enak katanya. Ada bahan lain yg gak saya pakai, tapiii.... ya enak aja sih :9

Eh, ada bakso.... jadi saya tambahin bakso juga. TAPI, kata adek saya sebaiknya ga pake... soalnya nyampur sama terasi jadi ga cocok aja... :D

Ingredients:
- Irisan bawang merah dan putih
- 2 cabe merah/sesuai selera, iris
- seplastik kilo cuciwis, cuci bersih
- Tahu
- Irisan bakso
- Terasi
- Garam

Directions:
- Tumis bawang merah dan putih
- Masukkan sedikit terasi, irisan cabe, bakso, dan cuciwis
- Masukkan tahu
- Tabur garam

Sajikan~

Pendapat Mamah: kurang lama masaknya, jadi si cuciwis masih setengah matang XD

Friday, July 20, 2012

Pepes Tahu Ayam Suwir


Description:
Ga pakai takaran berarti, soalnya ini porsi buat banyak. Terutama buat yg suka pedas, mungkin cabenya bakalan banyak lagi :D

Coba si daging diganti jamur yak... *ngeces

Ingredients:
Parutan kelapa
Ayam potong mentah, potong-potong memanjang
Tahu putih (hancurkan)
Cabe merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula (giling/tumbuk halus)
Daun pisang, bersihkan
Serai (potong-potong dan keprek)
Daun salam

Directions:
Campurkan potongan ayam, parutan kelapa, tumbukan bumbu cabe, dan tahu yang telah dicampurkan
Masukkan adonan sekaligus dengan serai dan daun salam, bungkus oleh daun pisang
Masukkan ke dalam langseng (dandang) yg telah diisi air untuk mengukus
Tunggu hingga daun pisang layu (ngira-ngira mateng gitu)
Siap disajikan.

Thursday, July 19, 2012

Jejak Petualang Pantai


Welcome to Baron Beach~

Alhamdulillaaaahhh~
Hahahasek~
Doa saya dikabulkan.... pingiiin banget jalan ke pantai~
Mb Rien seakan jadi sebuah jawaban "Ya" yg tegas untuk saya *halah~

Nuwun, mbaaaakkk cantiiiikkkk~
loph you so muach lah...

Jadi kemarin Rabu 11 Juli 2012 saya ikutan kopdar bareng
1. Mb Rien (katerinas)
2. Mas Adit (adit9)
3. Mbak Indri (ummuyusuf)
4. Ka Desi (malambulanbiru)
5. Rama (ramarizana)

Sayang hape saya juga sangat mengenal yg namanya keterbatasan, jadilah hanya segini yg berhasil saya capture, selebihnya liat-liat di sini aja yah~

http://malambulanbiru.multiply.com/photos/album/127/-at-Pantai-Baron-Pantai-Drini-Pantai-Indrayanti-Gunung-Kidul?replies_read=35

http://katerinas.multiply.com/journal/item/608/Jogjakarta-Tiga-cerita-kopdar-dalam-tiga-hari?replies_read=78

http://katerinas.multiply.com/photos/album/218/Pantai-Baron-Gunung-Kidul-Jogjakarta?replies_read=75

http://katerinas.multiply.com/photos/album/220

http://katerinas.multiply.com/photos/album/221

Wednesday, July 18, 2012

Sebelum pulang, ke Art | Jog 12 duluuu~




Beruntung saya bisa liat pembukaannyaaa~
Meriah...
Giliran saya dan ka Desi mau pulang, om cyuga (setelah siangnya kopdar) tilpun mau makan lagi... eh, mau ikut liat juga ke Taman Budaya... :))
Sekarang dateng sama om yudi, jadilah kami ngobrol dulu~
Daaaan... saya lupa kenapa kagak poto-poto dulu, jadilah ini kopdar hoax yg sebenarnya terjadi~ (beneran kok!)
Kopdarnya mereka ada juga di sini http://dadibagongsik.multiply.com/photos/album/124/Jogja-nite-Nonton-wayang

Angeun Katuk Dage


Description:
Masih masa anyar-anyar menyapih, ipar saya tentu butuh daun katuk buat memperlancar ASInya.
Nah, baru kali ini juga saya bisa nyicip daunnya sekalian yg dibikin masakan sama Mamah. Rasanya mirip sayur asem, mirip oseng kangkung juga, daunnya mungkin agak apa ya namanya... pahit? Tapi engga juga sih... enak deh :9

Kemaren ada sisa pepes dage aka oncom yg belum dimakan, ditambahin ke masakan, jadi rasa pedasnya cukup dari situ~

Dimakan sama nasi oke, digado juga enak :9

Ingredients:
Oncom (potong kecil)
Daun katuk
Irisan bawang merah
tomat
garam
gula merah
serai

Directions:
Stepnya kayak masak sayur asem, tinggal didih aer terus brak-bruk masukin bahan. Tunggu kira-kira daun udah hipu (apa ya bahasa indonesianya? Layu gitu deh...), kira-kira 10 menitan... baru masukin oncomnya.
Kelaaaar~

Monday, July 16, 2012

Kalongers di Siang Hari...




Sehabis kopdar bareng mbak Rien, saya diajak kopdar sama Mas Cyuga. Rencananya mau Sabtu malam, lah... dilalah setelah saya pisah sama bibi, saya ditilpun katanya mau kopdar siang di Rumah Pohon.
Baru jam 1-an, teman saya mungkin tiba di Jogja sekitar jam 3-an... jadi yaa bolehlah saya ikut ke sana.
Yg hadir:
1. Aini (nur aini firmandari) belum punya ID Multiply
2. Moes (musayka reviros) moestoain
3. Anotherorion (priyo harjiyono)
4. Meryna yuliati (meryna yuliati. Nana karina) fromfirsttothelast
5. Mei shofia romas (mei shofia romas). shopi
6. Ekohm abiyasa (ekohm.multiply.com) ekohm
7. Alfin gustav wijaya (ngeces.multiply.com)
8. M. Zaid Ats Tsaabit (M Z Ats Tsaabit) belum punya ID multiply
9. Suga adiswara (saturindu.multiply.com)

Om Eko juga posting di marih http://ekohm.multiply.com/photos/album/467/Kopdar-TKF-2-8-foto?replies_read=21

Saturday, July 7, 2012

Alo* Pertamaaaa~

Menunggumu...

... adalah sesabar ibumu merasakan sakit di setiap kontraksi ...


Purnama 3 Juli bagus banget ya? ===sekedar pembuka===

Subuh 4 Juli, saya baru tiba di rumah. Tidur bentar, terus terbangun gegara si Aa grasak grusuk (bukan mbak wewet loh) pulang ke rumah, mengambil beberapa keperluan persalinan. Saya memang sudah dapat kabar sewaktu perjalanan, Mamah sedang nungguin ipar saya di bidan deket rumah. Cuma karena kondisi fisik ga se-prima waktu muda, Mamah akhirnya juga pulang ke rumah dan masih bisa disalamin saya. 

"Neng mau ikut gak?"
"Mau deh, bentar..." 
Angop, gigisik, terus gosok gigi... ambil jaket, capcuslah ke bidan. 

Saya jadi tahu gimana yg namanya nungguin orang mau lairan. Dan beberapa poin juga jadi bahan pelajaran:
- Tahan sebisa mungkin dengan napas dalam-dalam saat rasa sakit itu datang, usahakan ga sampe ngejan hingga pembukaan akhir
- Yg nungguin terutama suami, ga usah banyak ngeluh... perkara capeknya nungguin doang ga sebanding sama rasa sakit yg diderita perempuan yg mau lahiran. Jadi jangan bikin kata-kata yg malah bikin mood jadi tambah senewen~
- Banyak-banyakin doa, sukur-sukur ngajiin juga
- Bawa hihid aka kaneron (kalo niat). Beneran deh, cuaca Kuningan segini menggigilnya teteh ipar saya tetep minta dikipasin melulu. Akhirnya saya pake baki minjem dari bidannya buat kipas-kipas, soalnya kertas doang katanya ga kerasa  :|

Gak bisa nahan, teteh ipar saya kebanyakan ngejan... ketubannya banyak yg rembes (eh, bener gak sih itu ketuban?). 
Karena ditunggu dari semaleman sampe jam 11 siang gada perubahan berarti *stuck di pembukaan 7*, akhirnya si bidan nyuruh ke RS. 
Ditunggu sampe se-jam-an susternya bilang kuatir ketubannya kering. Akhirnya pasrah, neng alo ga turun juga, akhirnya ditawarin caesar, sebenernya masih bisa normal.

Gada yg boleh nunggu di dalem pas operasi. Saya, Mamah dan Aa nunggu di luar deh~
Dan saat seorang suster memanggil keluarga ipar... 

Alhamdulillahirabbil 'alamin, telah lahir seorang bayi perempuan berlesung pipit manis pada tanggal 4 Juli 2012 sekitar pukul 1 siang secara caesar di RS Wijaya Kusuma Kuningan, dengan berat 3,5 kg panjang 50 cm~


Rencananya mau dikasih nama Calvratean Maltapheera, diambil dari nama bangsa Lemurian (gugling aje yaaa). Calvratean artinya pandai mengambil sikap dan Maltapheera artinya bereaksi cepat. Panggilannya 'Tean'...
Jangan tanyain lebih detil lagi soal nama ya (saya juga susah bacanya ), yg penting dalam namanya tetaplah tercurah banyak doa dan harapan kedua orangtuanya. 
Semoga menjadi puteri sulung yg shalihat dan bermanfaat bagi ummat, yah Neng Cakeeeeppp~





_______________
Alhamdulillah hari ini udah boleh pulang.
*tepar*
*besok lanjut lagi ngusilin si neng yg kelewat anteng ampe kagak nangis-nangis  ---- eoooow 



*Alo = anak kakak

Friday, July 6, 2012

Kalau penyuka jamur ke Jejamuran ...

Tepatnya hari Sabtu kemarin (30/6), tunailah Cakep ngelunasi utang nraktir sohib-sohibnya di Jejamuran. Bukan janjian yg bertele-tele, karena memang kali ini dia ambil keputusan sendiri untuk memutuskan tempat dan waktunya. Alhamdulillah, 5 orang terkumpul dengan mudah. 




Singkat cerita, bakda dzuhur Cakep sudah meluncur bareng salah satu sohibnya itu. Perjalanan makan waktu sampai sekitar setengah jam.



Dikira siang hari bakal masih sepi, ternyata tetap aja ramai pengunjung. Agak ceroboh juga, mengingat minggu kemarin sebenarnya sudah masuk musim liburan. Otomatis dong banyak keluarga yg bakal nyari tempat makan, tak terkecuali di sini. 

Jadilah Cakep dkk harus tunggu beberapa menit dulu sebelum akhirnya dapat meja. 


Menu yg dipilih beraneka ragam. Mulai dari makanan, minuman hingga camilan tak lupa dipesan. Tadaaa beginilah adanya pesanan mereka, 1 meja jadi penuh~



Untuk beberapa waktu, mereka sempat pesimis juga si makanan bakal mubazir kebuang. Cakep ampe udah siap-siap manggil pramusaji buat ngebungkus. Tapi toh pas ngobrol-ngobrol teteup aja pada nyemil. Intinya, bicara itu mudah tapi lidah ga bisa bohong *eaaa

Nggak lupa juga dokumentasi buat kenang-kenangan pernah makan di marih~

 

O ya, di sana juga ada tempat budidaya jamurnya. Pengunjung bisa lihat langsung tanpa harus izin dulu, toh sudah terdisplay gratis gini ~   

 

Ini lembaran menunya... *nyolong dari tempatnya Pie


 Dari menu sebanyak itu, Cakep ga perlu sampe ngeluarin uang banyak-banyak. Ngga nyampe 200 rebu juga~


Konsepnya agak berubah pas taun lalu. Biasanya si nasi pakai bakul, tapi sekarang ternyata dijatah gitu. Dulu juga ada live musicnya meski siang... kali ini Cakep dkk kurang beruntung karena gada performa itu di sana dari mereka datang sampe pulang~


Tempatnya kurang cozy buat nongkrong anak muda, IMHO. Lebih resto banget ini. Tempat - makan - bangetlah. Lebih asik buat keluarga atau pasangan, tapi ga menampik kemungkinan buat ajak-ajak orang baik kok, misalnya saya... ~~~~ eeooowww 


Sekedar tips kecil dari saya... 
Beberapa menu ada buat ukuran jumbo alias bisa berbagi sama yg lain. Misalnya kayak dadar jamur yg seporsi ada 4 potong dengan ukuran cukup tebal. Atau sop jamur yg bisa dibagi berdua, atau juga tongsengnya (favorit saya nih). 
Bumbu-bumbunya meresap... dan aseli, si jamur jadi kayak daging beneran. Mantaflah 

Kalo kalian ke Jogja ato mau ke Magelang, gada salahnya nyempetin kuliner ke marih~ 



Alamat Jejamuran:
Niron, Pandowoharjo, Sleman.
Buat yg mau rame-rame (terutama keluarga), ada baiknya juga reservasi dulu ke 0274-868170

 
Powered by Blogger.