Thursday, October 25, 2012

Puncak-nya Kuningan, Jawa Barat

"Ayo ikut ke Puncak!"
Nyaris bersorak saya dan teteh ipar saya mendengarnya. Bayangan pertama yg tergambar adalah pemandangan kebun teh dan hawanya yg menyegarkan.
"Ngapain kesana?"
"Liat sapi ..."
...
Deskripsi saya berputar sejenak, sedikit mencelos. Tak mungkin liat sapi sampai ke Puncak Bogor segala *ketawa dalam hati*, maka saya menebak Puncak yg dimaksud itu pastilah Cisantana, salah satu kecamatan di Kuningan yg terkenal sebagai penghasil susu sapi segar. Letaknya juga sekitaran Palutungan, dataran tingginya kota kecil kami, tentu.

Agak meleset, ternyata 'Puncak' itu terdapat di daerah Cileuleuy, daerah Cigugur.
Ipar saya yg bawa Ditdut jadi hoream (kuatir) keluar, mengingat cuaca terik di luar. Akhirnya kami tinggal di mobil, padahal sama-sama panas juga.
Belakangan saya bersyukur mereka tak ikut mantau sapi untuk sembelihan. Jalan yg kami lalui itu benar-benar membukit dan berkelok. Memang masih pemukiman, tapi medannya cocok untuk hiking :D

Sambil mendengar penjelasan 'juragan'nya,diam-diam 2 orang wirausahawan ini tergoda membeli bibit ternak. Apa tertarik ‘nanam modal’ untuk sapi jaguar sementara Aa tertarik pada bibit kambing.

Si penjual kemudian menjelaskan, katakanlah membeli bibit sapi 10 juta. Kemudian nanti ketika telah layak dijual, kita bisa menjualnya seharga 20 juta. 10 juta balik modal, sisanya adalah laba kotor. 
Untuk pemeliharaannya sendiri, kita bisa mempekerjakan orang merawat si ternak tersebut. Dan uang hasil keuntungannya dapat dibagi sekian persennya untuk peternak tersebut. Barulah sisa penjualan tadi bisa jadi laba bersihnya. Bibitnyapun tak selalu ambil dari luar daerah. Cukup petani lokal, malah bagus karena secara tak langsung itu berarti membantu usaha mereka juga. 

Berhubung pas turun dari mobil tadi kelupaan bawa kamera, jadilah cuma ini yg berhasil ditangkap kamera Nokia X2 saya :D

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 11:11 AM
Kategori:

8 comments:

  1. mau donk liat Ditdut ve :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. alhamdulillah ...
      ini pake template yg ringan bikinan orang mbak, bikin sendiri pake template bawaan BS malah berat~

      Delete
  3. Replies
    1. yaa kan 'katakanlah', cuma contoh aja itu *kemahalan to? :D

      Delete
  4. Replies
    1. ehee ... kan pas mantau kamera (hape)nya ga dibawa :D

      Delete

 
Powered by Blogger.