Wednesday, October 30, 2013

Sop Sayur Bening

Sebagian mungkin heran kenapa saya bikin tulisan resep sop sayur. Sop gitu loh, kan gampang ... kenapa juga pake ditulis resep segala? Huehue, buat seorang pemula, ini jenis masakan yang paling wajib dipelajari. Karena ya itu tadi, bikinnya aja gampang ... segampang bikin mi instan :D

Sejak saya ikut suami, otomatis intensitas bertemu dengan mertua jadi sering. Apalagi pas harus menginap di rumah beliau, tentu saya mengikutkan diri dalam aktifitas sehari-harinya terutama memasak. 
Nyiapin masakan sendiri bisa dibilang mampu dan enak di lidah, tapi untuk masakin orang serumah? Saya belum pernah, terutama karena minder soal selera di lidah sendiri dengan orang lain pastilah berbeda. 
Meski begitu, sudah nikah gini masa iya mindernya dipelihara? Gak masak-masak buat suami dong :D
Dulu masakan pertama saya di rumah mertua adalah bayam merah. Dasar tumpul, karena sebelumnya jarang masak-masak, jadilah itu bayam laku hanya separuh dan sisanya saya gado (x__x')

Berangkat dari rasa ingin dipantaskan sebagai koki rumah, saya titeni segala kebiasaan memasak para anggota rumah mertua. Semuanya pada jago masak, termasuk mertua dan suami lho. Tapi karena naluri masak suami jarang keluar, lebih baik saya titeni adik ipar ataupun ibu mertua saja. 
Dan begini khasnya keluarga suami, masakan sini biasanya simpel, tapi kaya akan rempah. Dulu mana saya paham rempah A ketemu sop sama dengan enak, atau rempah C ketemu oseng sama dengan huek

Yuk langsung aja simak resepnya :D
*sop di sini ga selengkap bahan sop seperti pada umumnya, karena saya memanfaatkan bahan yang ada saja

Bahan:
1 buah wortel ukuran sedang, potong-potong
1 buah kentang, potong-potong
8-10 buah buncis (yg agak besar)
*selebihnya bisa tambahin sendiri*
4 siung bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
1/2 tomat kecil
Daun bawang secukupnya, iris tipis

Bumbu:
Merica *sesuai selera pedas masing2
1/2 pala, iris-iris (bisa dikurangi biar ga terlalu kentara baunya)
3/4 ruas kelingking jahe, geprek (optional)
Gula dan garam secukupnya

Cara:
- Didihkan air dalam panci
- Masukkan pala, jahe, tomat, kentang, wortel ke air mendidih
- Sementara itu, goreng bawang merah dan putih hingga harum, sisihkan
- Setelah wortel-kentang cukup matang, masukkan buncis, gula, garam dan merica
- Masukkan daun bawang, matikan api, masukkan goreng bawang, tutup panci
Sajikan selagi panas bersama sambel dan ikan asin *kriuuuk

Porsi semangkuk biasa, bisa untuk 2-3 orang tergantung porsi perut :))

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 4:13 PM
Kategori:

2 comments:

  1. lagi menebak rasanya kayak gimana, beda ya bumbunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pil, dulu aku banyak ngeluarin kata "Hah?" saking herannya :))
      itu palanya bikin seger, jahe tu selain bikin bau khas juga nambah 'anget' rasa merica..
      yang pasti 2 rempah itu bisa bikin bau langu (semisal bau sayuran) hilang :)

      makanya aku geleng2 kepala juga liat bumbu dapur mertua, dari kencur sampe basil tu ada :))

      Delete

 
Powered by Blogger.