Saturday, July 10, 2010

Buka Hati, Maka Mereka Ada

Alhamdulillah setelah beberapa tahun lamanya sepupu saya Teh Ana, akhirnya menikah juga. Tepat di hari saya menjari tombol hape, tepat di hari pertama beliau dinobatkan sebagai seorang isteri.

Sayangnya saya ketinggalan event ijab qabul, tapi sempat menyaksikan pasangan baru ini shalat dhuha bersama di dalam mesjid. Selain itu, pembacaan Quran juga banyak menghiasi suasana sakral pernikahan mereka. Subhanallah, mudah-mudahan keluarga mereka dipenuhi keberkahan dan kemuliaan nur Islam. Amin.

Saya sempat terkantuk-kantuk karena semalaman harus berbagi tempat dengan dua adik saya yang hobi menguasai kasur. Tapi toh tak mengurangi kebahagiaan saya bertemu dengan pecahan keluarga Apak yang berpencar di mana-mana.

Saya bertemu dengan Windi alias Wida, teman sepermainan saya ketika umur saya belum genap 6 tahun. Wida mengalami keterbelakangan mental sejak lahir. Tambah lagi, ia sering ditinggal orangtuanya bekerja. Maka jadilah ia anak yang penuh amarah. Hampir semua anak yang mendekatinya jadi korban amuknya, baik pukulan atau gigitan geligi. Mungkin salah satu faktor ini yang membuat namanya berganti menjadi Wida.

Hari ini wajahnya cerah, walaupun tatapannya tetap melamun seperti biasa.Wida menowel-nowel lengan Mamah dan mengulurkan tangannya. Rupanya ia ingin menyalam Mamah. Senang sekali melihatnya bisa berbahasa walaupun tak terlontar kata-kata. Saya sapa dia, reaksinya telah jauh berbeda dengan Windi 18 tahun yang lalu. Jika dulu ia salurkan bakat tinju pada orang yang menyapanya, kini ia melukis sebuah lengkungan indah di bibirnya. Subhanallah, Wida tak cacat sedikitpun, tak ada yang sia-sia atas ciptaanNya.

Nuansa di perhelatan nikah Teh Ana seperti lebaran. Keluarga kami semuamuanya berkumpul dalam rasa syukur. Tak terkecuali Uwak saya. Begitu rombongan beliau tiba, mereka menyalami kami dengan wajah berseri-seri.
Namun selepasnya mereka masuk ke ruang pengantin, mata Uwak berkaca-kaca. Ada lelehan airmata di sela bulu matanya.
"Ana sudah ada yang mendampingi sekarang. Jadi teringat pernikahan Dik Titin dahulu, miriiip seperti Ana sekarang. Pas tadi lihat foto almarhumah Titin, Uwak tambah ga kuat..." Terisak. Tak terasa airmata sayapun ikut menggenang, turut mengenang kepulangan ibu kandung Teh Ana, Bi Titin, adik Apak, beberapa tahun yang lalu. Almarhumah tak sempat melihat anaknya menikah, tapi insyaallah tak akan pernah ada penyesalan melahirkan anak-anak salih/ah seperti Teh Ana. Alhamdulillah..

Lalu, apa benar semua yang hadir hanya menampakkan kegembiraan? Sepertinya tidak, setidaknya saya yang merasa.

Teh Ana menyewa seorang perias khusus muslimah untuk pernikahannya. Teh Lia namanya, kebetulan beliau tetangga sebelah rumah Apak. Mamah menyapanya begitu beliau melintas. Setelah bercakap-cakap sebentar, beliau melanjutkan rencananya menyantap hidangan. Beliau menyudut di antara para undangan, menyuapkan makanan yang ia ambil.

Perhatian saya terusik, terus mempedulikan gerak-geriknya. Sambil kembali menerawang mengingat-ngingat mozaik kenangan dalam memori. Suaminya telah mendahuluinya menemui Sang Khalik, meninggalkan seorang anak laki-laki yang masih amat belia. Dulu almarhum sering mengajaknya jalan sore, entahlah keadaan putera semata wayangnya yang kini berdua saja dengan Teh Lia. Tiba-tiba saya jadi sentimen sendiri, merasa ikut kesepian bila berada di posisi Teh Lia.
Dalam hingar bingar kegembiraan orang-orang, apakah ia teringat kenangan pernikahannya dahulu bersama almarhum? Kesepiankah dirinya bepergian tanpa pendamping?

Ah, sepertinya saya cerewet sekali menduga-duga yang belum tepat benar. Tak apa-apa ya? Sekedar curhatan hati susah-senang untuk selembar hari ini kok. Cukup sudah penglihatanku menuju sana situ, setidaknya penglihatan hatiku belum pernah mengabur untuk berbagi dengan kalian.

Teh Ana, barakallahu atas pernikahannya. Baik-baiklah dengan suamimu. Ia mungkin akan masih asing, tapi kuyakin kau bisa membuatnya merasa lengkap dengan adanya kau dalam perahu layarnya.

Ciawi, 10 Juli 2010

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 2:47 PM
Kategori:

47 comments:

  1. Bacanya campur haru biru....^_^
    Hatur nuhun sudah berbagi....selamat Barakallah buat Teh Anna...semoga keluarga Samara dpt terwujudkan.

    ReplyDelete
  2. aamiin

    Ve cepet nyusul yah
    he^^

    ReplyDelete
  3. makasih tetehku yang cantiiikkk...
    amin ya rabbal alamiiiinnn

    ReplyDelete
  4. amin amin amiiinnn...
    doanya ajah ya mbak vy sayangg... hihi...

    ReplyDelete
  5. barakallahu untk pernikahan Teh Ana ya neng..
    wah ntar klu sy nikah pasti rame nech.
    secara bpk ank sulung. adiknya ada sekitar 6/ 7 dan sudah berkeluarga semua...:D

    ReplyDelete
  6. makasih mbakku yang cantik...

    ehh kapan? kapann??
    jadi pengen liatt ^^ amiinnn muga2 mbak ivon cepet dapet juga, hihiyy...

    ReplyDelete
  7. barokalloh..^^
    Deuuh..mupeeeng..*ngebayangin*

    ReplyDelete
  8. sana mas, tinggal lamar yang diincar... (emangnya mas muha masih single po?)

    *gampang banget nyaranin orang... hihi

    ReplyDelete
  9. wkwkwk..lha emang sayah masiy single Jeng..
    Tp..ngelamar sapa yak..*manyun*

    ReplyDelete
  10. single... *masa sih.. XD
    nglamar putri keraton aja gimanaaa...??

    ReplyDelete
  11. sok atuh liyat KTP sayah..*sodorin KTP*
    Wkwkwkwk..keraton kahyangan yak..*ngayal.com*

    ReplyDelete
  12. yayayaa... percoyo, percoyo...
    ealahh... putri mana ajalah, banyak kok ^^ moga cepet dapet deh
    biar ga sirik sama yg udah duluan :P

    ReplyDelete
  13. wkwkwk..aaamiin..*komatkamit nengadahin tangan*
    Xixixi..ndak sirik kok cuman mupeng...hahay

    ReplyDelete
  14. wkwkwk..aaamiin..*komatkamit nengadahin tangan*
    Xixixi..ndak sirik kok cuman mupeng...hahay

    ReplyDelete
  15. wkwkwk..aaamiin..*komatkamit nengadahin tangan*
    Xixixi..ndak sirik kok cuman mupeng...hahay

    ReplyDelete
  16. wkwkwk..aaamiin..*komatkamit nengadahin tangan*
    Xixixi..ndak sirik kok cuman mupeng...hahay

    ReplyDelete
  17. mas lebay juga mbalesi sampe 4 kali...

    besok kutunggu instruksi donlot2nya ya... met tiduur *ambil selimut matiin lampu

    ReplyDelete
  18. wadoww..hapenyah nge-lag *ngeles.com*
    Hokeh..baibai met tidur..*tetepmelekndakmautidur*

    ReplyDelete
  19. waduh, telat dateng neh. makanannya dah abis yah?

    ReplyDelete
  20. telat mas, kapan2 ajah kalo ada hajatan lagi... ^^

    ReplyDelete
  21. jadi inget nostalgia pernikahan mamang tahun 2002...
    karena digunakan ijab qobul ala arab, makanya laki2 dan perempuan harus terpisah termasuk si pengantin pria dan wanita..

    berhubung penasaran, saya nekad nyamar jadi cowo dan duduk tepat berhadap-hadapan dengan mamang. Ssedikit usil saya godain sampe akhirnya ijab qobul harus diulang sekali hehehe ***minta dijitak**

    Gak ada yang curiga saya wanita, kecuali satu orang Adeknya Uwa.. Abah Na'im hahahaha

    ReplyDelete
  22. Wiww hebat bner pnyamarannya.. Mb tris dlu tomboynya kbangetan kalii..?

    Awalny mmg pisah,tp lama klamaan kok yg laki2 nggabung ke tmpat yg wanita *lieur.com
    haha, secara ragam makanannya lbh banyak di tmpat yg wanita sih.. XD

    ReplyDelete
  23. kekekeke sebenrnya bukan karena aku yang hebat nyamarnya..
    berhubung mamang2ku yang dari keluarga mama itu tampang cowok kemayu semua, makanya gak sulit kalo nyelip satu diantara mereka...

    dikiranya aku cowok.. ajah sama macem sepupuku dari keluarga nyokap.. cowoknya gtu juga..

    tubuhnya tinggi rata2 175-182cm..kurus, kemayu, jarinya lentik2 hahahaha...

    parah

    ReplyDelete
  24. haha, kaya cwo2 di komik aja.. pada lentik2 gtu yak ^^
    untung teh tris cwe, jdny wajar punya jari lentik2 mah..
    wah, teteh tris jg tingginy skitar sgitu? Jangkung amat ..

    ReplyDelete
  25. gak aku petite... tinggi 155cm berat sekarang 47kg.. lagi endhut nih terapy hormon untuk tumor payudara..
    tadinya makan gila beratku gak pernah lebih dari 45kg hehehe

    ReplyDelete
  26. anyways aku kalo pake blangkon+ beskap jawa.. mas2 keraton SOLO pastinya kalahhhh GUANTENG sama aku.. DIJAMIN DEH

    ReplyDelete
  27. rada masalah buatku neng vera...
    kakiku pasti jadi bengkak di bagian engkel T___________T
    ada sedikit kelainan anatomi kaki.. kalo gak diperhatiin bener2 sih gak kelihatan...

    aku ajah baru sadar setelah usia 24tahun..
    Jadi bagian telapak kakiku terlalu tipis dan mungil dibanding orang lain.
    Sementara betisku termasuk golongan talas, bukan buting padi.
    Harusnya untuk anatomi normal telapak kaki mungil dan tipis macem aku itu memiliki struktur betis buting padi, bukan talas.

    Akan terasa sekali cepat pegal kalau berdiri terlalu lama, Tidak bisa ajeg berdiri di metromini atau bus umum. Padahal udah pegangan kuat2 kekeke..

    Dan akan bengkak saat kelebihan berat badan. Oleh karena bobot tubuh yang harusnya ditopang pada bagian telapak kaki, tetapi malah dialihkan ke bagian engkel.. makanya bengkak deh kaki...
    hehehehe

    ReplyDelete
  28. Wah kakinya brmasalah jg ya? Dulu anak didik pas KKN juga brmasalah hmpir sama, dia ga bisa tahan brdiri lama scr ajeg. Kelamaan bgt malah nyaris pingsan gt..
    Jaga makanan terus atuh kalo gitumah.. *capeknyaa musti nahan2 napsu makan pas ada mkanan favorit ddepan mata..

    Memangnya ga diperiksakn k dokter? Sapa tahu ada solusi lain selain dr makanan..

    ReplyDelete
  29. justeru aku taunya dari dokter neng vera...
    emang bener kalo orang tambah usia penyakitnya aya2 wae...
    sejauh ini kalo mau operasi pengecilan otot betis (shapping betis) via laser di korea...
    jadi masuknya ke bedah aesthetic.. seperti yang biasa dilakukan artis2 korea buat ngerampingin betis.

    tapi aku takut nanti ada resiko lain, dan berpengaruh terhadap kerapatan tulang (nti niatnya ramping malah osteoporosisnya gedhe hiks)

    yaw dah terpaksa tahan makan ajah deh dulu hehehe.. kalo minum obat pun resiko kena radang ginjal.. T_T

    ReplyDelete
  30. biasanya ada terapi2 kesehatan lho teh...
    Kakakku juga ikut organisasi penerapi gt, trkadang mrk ngadain pengobatan massal (gratis dg diterapi).
    Kl trtarik lbh lanjut, teteh PM dirikyu aja yaa.. :)

    ReplyDelete
  31. kekeke dah sama neh sama teteh2 OL shop..
    kalo tertarik PM dirikyuuu yah??

    ReplyDelete
  32. haha, aku ga ngjual, cm mnginformasi aja. Selebihnya pihak sana yg ambil alih, aku bner2 ga trlibat dsana.. :)

    sip sip kpn2 ak liat2 OL shopnya teteh deh.. :)

    ReplyDelete
  33. elaahhh..jam seginih masih melek....pasti kena syndrom "kelaparantengahmalempascabukapuasa" yah... :D

    ReplyDelete
  34. bukaaannn, ealahh 4L..

    Emg blm ngantuk eui, ni msh nton dvd bareng mbak kos..

    ReplyDelete
  35. hweheheheh..enyaknyah nobar..ikooot aaahhh....*duduk mojok ngerangkul panci isi popcorn*

    ReplyDelete
  36. jiaahhh..ngilang bentar ahhh..biar 4Lnyah ganti jadi LKW....

    ReplyDelete
  37. bhuekekekeke..pan Jul ndak tau...makanyah sayah sebutin...

    ReplyDelete
  38. he gakada GBnya

    sy corat coret disini aja deh :D

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.