Friday, September 30, 2011

Apa bedanya patah tulang, retak tulang, sama geser sendi? *yg terakhir itu ada gak?* Gimana cara mengobatinya? (Si kaki jadi bengkak dan sakit)

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 6:06 PM
Kategori:

26 comments:

  1. ada alternatif nih, semua tergantung sama dananya
    1. bawa ke ahli fisioterapy ===> kalo ada dana (contoh mathias Ibo)
    2. bawa ke sangkal putung ==> kalo ada sedikit dana (contoh di semarang ada ibu Sri )
    3. baka ke tukang pijet ==> kalo dananya mepet (biasanya mahasiswa


    Hehehe...

    ReplyDelete
  2. mb sefa:
    udah, ngga kunjung membaik juga..

    Mas badai:
    udah periksa berkali", pake ramuan tradisional juga dicoba. Belum sembuh.
    Yg mengalami bukan saya, tapi ibu saya.. :)

    ReplyDelete
  3. tuh uda di kasih solusi, tinggal dipilih-dipilih :))

    semoga cepat sembuh, kalau belum sempat ke ahlinya tuk sementara waktu (malam ini)mungkin bisa di kasih parem kocok atau sebangsanya, besok cepat2 diobati..

    ReplyDelete
  4. patah ya PATAH. terbagi (minimal) menjadi 2 bagian BESAR


    ----------------


    retak...muncuL renggang_jedapada suatu benda soLid.
    umum ny berbentuk Garis
    kaLo retak ny banyak dan membentuk "pulau_puLau" kecil tp benda tersebut msh 'utuh'.... berarti REMUK.

    contoh gampang ny sihj KACA.

    kaLo RETAK biasanya ada garisgaris 'belah'.
    tp klo sambungmenyambung menjadi satu maka dikatakan REMUK.
    mskpn bLm AmbroL bin pecah berantakan.
    hehe


    -----------

    geser Sendi............. pernah denger.
    jadi teori ny sih ada x yah.
    hehehe

    :D

    berdasarkan "gosip" juga...yg dimaXud demikian adalah....
    tidak presisi ny Sendi.
    ya..semacam 'copot' gitu lah.
    tidak berada pada tempat nya.

    bingung jelasin dgn contoh benda (berSendi) laen nya.
    hehe

    ReplyDelete
  5. bu khoriya:
    udah 3 bulan bu, kesian sama Mamah. Mana aku juga belum bisa full bantu di rumah :(

    irvan:
    oo geser sendi beneran ada ya..
    Nah, menurut dokter itu katanya bukan tulang yg kena, tapi sendinya.. *hasil rontgen-nya gak dipoto sih..

    ReplyDelete
  6. aamiin makasih bu khoriya,
    Mamah juga udah pake parem itu tiap hari, hanya berharap muga cepat membaik :)

    ReplyDelete
  7. kalau gitu coba fisioterapy ke RS, kalau bengkak berarti ada masalah, semoga cepat sembuh ya, salam buat mamanya

    ReplyDelete
  8. bawa aja ke sangkalputung mbak.. dulu saya juga.. 3 bulan sakitnya, trus diperiksain ke sangkalputung sampe dimarahin segala kok ga langsung diobatin...
    kalo lama2 ntar terjadi pengapuran lho...

    ReplyDelete
  9. ada mbak geser sendi.
    Kaya tulang geser aja (pernah denger?). cara satu2nya yg terbaik, dokter fisioterapi. Kadang kalo diurut, bukan nyembuhin tapi malah memperparah.

    Tapi emang sih mbak butuh dana juga.

    ReplyDelete
  10. waduh berat banget bahasannya..
    sayang seklai saya ga ahli soal tulang bisa2 tambah parah:D

    ReplyDelete
  11. ke dokter vera, coba di rontgen..
    dulu temanku geser sendi juga trus di RS ada alatnya untuk menarik sendinya dan menggesernya ke tempat yg benar

    ReplyDelete
  12. Geser sendi kalo bahasa kerennya dislokasi.
    Contohnya tempurung lutut geser..


    Patah tulang/remuk biasanya karena ruda paksa (benturan/hantaman)

    Retak???hmm...bisa ruda paksa ato karena osteoporosis

    Jadi masuk kategori yang mana?
    Mana aja larinya ke dokter tulang.
    :)

    ReplyDelete
  13. makasih banyak teman",
    naaa yg dibilang mb neysa tu pas banget. Di rontgen-nya itu memang si tempurung lututnya geser gitu.
    Berarti, ke fisioterapi yah?
    Insyaallah nanti saya diskusikan sama beliau.

    Jazakumullah yaaah :D

    ReplyDelete
  14. ohhh..ini yah?
    semoga cepat sembuh...

    ReplyDelete
  15. Jadi spertinya dislokasi ya...

    klo benar memang harus dikembalikan ke lokasinya yang benar, bisa cerita awal kejadiannya seperti apa?

    ReplyDelete
  16. mb rana:
    bukan kaka, ini mah kasus ibuku.. :)

    pak wid:
    iya pak..
    Jadi gini dok, *wih konsul beneran :))
    ibuku mngalami kecelakaan mobil sekitar 3 bln yg lalu. Persisnya kurang tahu, yg pasti olengnya kena ke tempat duduk ibu. Nah (kalo gak salah) kaki kanan beliau itu kena.
    Aku lihat di rontgen. Kaki yg kiri mah normal, sementara yg kanan itu tempurung (dengkul)nya ada yg brgeser. Itu bukan tulang?
    Jadi 3 bulan ini belum ada perkembangan berarti dan masih bengkak. Kalau diobati selain fisioterapis itu bisa sembuh, dok? Misalnya diurut, pake parcok, dll.

    ReplyDelete
  17. Iya,adek...
    maksudnya,ibunya.
    Semoga lekas sembuh..:)

    ReplyDelete
  18. ada beberapa kemungkinan, apalagi yang disebabkan trauma kecelakaan, kemungkinan besar tidak hanya tulang lutut (iya benar itu juga tulang)-nya saja yang kena, biasanya juga melibatkan jaringan penyokong tulang sekitar seperti otot, ligamen, dsb. Istilahnya macem-macem sampai ke yang parah ada bagian penyokong yang sobek dan putus. Klo hanya foto Rontgen biasa struktur penyokong tulang ini ga kelihatan, mesti "dilihat" dengan cara lain misal USG sendi atau Artroskopi (isi sendinya dilihat pake kamera mini).

    Kenapa saya menduga begitu, karena pada dasarnya memang kedudukan tulang lutut ini labil, artinya dia benar-benar tergantung dari penyokongnya itu tadi. Klo mau meyakinkan coba saja di Rontgen ulang, apa sudah kembali ke posisi? biasanya engga, karena itu tadi menurut saya ada cedera bagian lainnya.

    Sampai di sini bisa saya saya kasih saran. Jadi sebaiknya kembali ke dokter, mungkin Rontgen ulang, klo perlu minta USG sendi (bisa ke dokter penyakit dalam sub spesialis persendian), klo positif ada cedera jaringan penyokong, mau ga mau, harus operasi...

    ReplyDelete
  19. rasa nyeri bisa diredam sementara dengan kompres dingin/es pada sendi terkait, dan beri anti nyeri yg lebih kuat misal: Ketorolac atau Ketoprofen, minta resep ke dokternya.

    ReplyDelete
  20. mb rana:
    njeh kaka, suwun sanget.
    Aamiin doanya :D

    pa wid:
    hmm.. bisa macam" ya.
    Bengkak dan sakitnya masih ada, walau ndak separah awal. Tekuk lutut juga udah bisa, tapi gak lama.
    Kemarin" alhamdulillah udah hilir mudik ke sana-sini walau beberapa menit kemudian duduk lagi.
    Makasih pisan penjelasan sama sarannya pak :D

    ReplyDelete
  21. kalo g langsung "dibenerin" nanti malah susah balik ke normal dan dan tubuh akan menyesuaikan dg posisi tsb..

    go get some help.. :)

    ReplyDelete
  22. permisi mba, lutut saya sakit,, pertama2 kaya kepelintir gituu, nah sekarang udah agak enakan pas abis di urut ama ahli tulang,, tapi setelah satu bulan, kalo saya duduk lalu mengangkat kaki dengan cara menyerongkannya trus ditekuk trus di lurusin gitu lagi kok tulang paha dengan tulang keringnya kaya kepisah gitu yaahh kira kira kenapa?

    ReplyDelete
  23. wah saya kurang tahu, mas...
    coba tanya ke pak dokter (subhanallahu)... mungkin beliau lebih paham...
    terimakasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  24. Hai, aku mau konsul nih, 10 hari yg lalu aku kecelakaan, trus kaki sebalah kanan ku menurut dokternya engsel nya geser, jd skrg di gip, nah tp kok skrg bukan nya sembuh malah bengkak ya seperti habil melahirkan, tp kalo digerakin cuma nyeri2 aja, itu karna tulang nya kaku karna digip 10 harian apa karna yg lain? Saran dong plis��

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.