Tuesday, September 6, 2011

Dulu Kamu...

.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
"Kamu dulu sering dijahili."

Mama terkekeh, mungkin kejadian lampau teramat lucu baginya.
Sekalipun aku, puterinya sendiri, yang jadi korban.


"Ingat tidak..."

Tidak, Ma.
Tentu saja... dia belum selesai bicara, bodoh.

"... dulu kamu yang paling sering memungut jambu. Sendiri."

Oh ya, aku ingat.
Kakak dan kawan-kawannya suka memanjat pohon jambu milik tetangga. Dulu sekali.
Aku menunggu di bawah. Menunggu hujan jambu.
Kami tidak nakal. Meminta jambu pun izin dahulu. Hanya saja terus-menerus.

Aku menunggu tawa Mama.
Ah hening. Cuma sesungging lengkung di bibirnya saja.


"Dulu kamu gemuk menggemaskan. Pipimu merah dan suaramu lucu sekali."

Haha benarkah Ma?
Kau sering bercerita soal aku. Membawaku ke tempat kerjamu bukan ide bagus.
Rekan-rekanmu akan mengerubungiku seperti lalat. Mencubitiku.
Merah-merahlah pipiku. Katanya.


"Dulu... maksud Mama - saat kamu masih TK, ada anak lelaki mengecup pipimu."

...
Oh ya, kasus itu.
Aku masih bertanya-tanya siapa yang melakukannya. Sayang aku tak pernah tahu.

Apa karena tak mencari tahu, atau karena tak
mau tahu?
Ah... aku mati penasaran, Ma!


"Sekarang Mama tak cemas kamu sendiri, kamu punya banyak cinta."

Masa laluku tak selalu putih. Tapi mereka berlalu seperti abu diserpih sepoi.
Mereka hilang sedikit demi sedikit. Walau wujudnya tak pernah mau menguap.

Tetapi tumpukan itu... telah lama lenyap, Mama.

Orang-orang berbisik riuh. Mereka semua hitam dan gelap. Samar bisa kulihat geng kampusku bahkan di sana.
Aku terkejut. Aku bisa merasakan mereka. Hei, doa-doa.
.
.
.
.
.
R.I.P. Partita Ali.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Di atas bendera adikuasa.
Setengah sepuluh malam.
Waktu perkiraan neng yang lupa tanggal dan rusaknya jam dinding.

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 6:38 AM
Kategori:

71 comments:

  1. Innalillahi.. turut berduka :'(

    ReplyDelete
  2. Ini curhat?
    ini sebuah potongan cerita dari cerita seseorang?
    ini semacam sedang ngobrol tak jelas?
    ini?


    sekarang aku yang gantian bingung tak berkesudahan, kakak.



    aku harus bagaimana...tuk memilikimu... #eh #apakah

    ReplyDelete
  3. kaka kedua:
    ini... ini...
    Ah... #apaansih

    ini piksi, kaka.

    Mas cis:
    hadeh..

    ReplyDelete
  4. kalo ini piksi,ini buagus loh,kakaaaaaaaaaak
    buagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss




    tapi yambok ditag-in tulisan 'piksi' begitu.ben ora podo salah paham kabeh kui pengunjunge.. :))

    ReplyDelete
  5. dan kerudungmu juga merah *halah*

    ewww...yang diatas itu apa yah =.=?

    ReplyDelete
  6. kaka kedua:
    ahahahahak...! *keselek salak
    lupa... *sungkem lagi

    mang muha:
    itu mah era kurus..
    Di atas? Titik2 itu?

    ReplyDelete
  7. itukah foto kecil mu yang divatar ?

    ReplyDelete
  8. ahihihih..kamsudnya mah sama dgn pertanyaane Jeng Nana...iki piksi opo curcol seeeeh :))

    ReplyDelete
  9. dwi:
    iyah, memang kurang detil..

    Mb sefa:
    yah, 'dulu rambutmu biru mengombak'.. #eaa diterusin

    mang muha:
    oh.. ini piksi..



    ***
    Huwaaah nyuwun pangampuraaa..
    Ini tulisan cuma suka suka doang, jadi pada bingung..
    Maap maap..
    *sebelum dimakan idup idup

    ReplyDelete
  10. dwi:
    iyah, memang kurang detil..

    Mb sefa:
    yah, 'dulu rambutmu biru mengombak'.. #eaa diterusin

    mang muha:
    oh.. ini piksi..



    ***
    Huwaaah nyuwun pangampuraaa..
    Ini tulisan cuma suka suka doang, jadi pada bingung..
    Maap maap..
    *sebelum dimakan idup idup

    ReplyDelete
  11. GR deeeh..sapa juga yang mau makan idup-idup...sumanto aja pake sambel kecap...*brb ke dapur*

    ReplyDelete
  12. ahaha iya iya, percantenlah warga empeh mah waras keneh.. :D

    ReplyDelete
  13. percanten? keneh?? *need translate, halah*

    ReplyDelete
  14. percanten - percoyo
    kénéh - (hmm apa ya) intinya 'masih', frase 'masih keneh' juga bisa.
    Jadi maknanya gimana ya.. -__-

    ReplyDelete
  15. ohohohohohoho..nyambung deh..sepertinya frase "waras keneh" adalah DM yah... :D

    ReplyDelete
  16. Kecuali pengecup misterius itu keknya fiksi semua deh XD

    ReplyDelete
  17. mang muha:
    yaa itu bisa..
    'masih aya keneh' juga bisa dipake.

    Mas cis:
    -__-
    kok bisa..

    ReplyDelete
  18. nahloo...lha terus keneh sendiri artinya apa donk...*gegaruk*

    ReplyDelete
  19. ahaha ya itu makanya bingung njelasinnyah.
    Fungsinya kayak pelengkap. Tapi di beberapa kalimat, kata itu jadi penting dan ga bisa dihilangkan :D

    ReplyDelete
  20. hoooohhh....semacam partikel yang kalo gak ada maka artinya jadi lain gitu yah...
    @.@

    ReplyDelete
  21. nggggak juga..
    Kalo gak ada itu gak rame.. *eh

    bukan, maksudnya kalo gada itu ntar kalimatnya nanggung.

    ReplyDelete
  22. Soalnya cerita bagian itunya terasa natural, mengalir, deskripsinya seakan nyata *eh

    ReplyDelete
  23. ahaha ada yg ngikutin kajian sunda toh..
    Ho o mas, makane aku yo bingung njelaske priwe.
    Ahahaha, aku kan naturalism..

    ReplyDelete
  24. priwed?? *pura2 salah baca*

    aihh aiiihh..naturalism...vegetarian pulak...*ngebayangin ijo-ijo diatas piring saben hari*

    ReplyDelete
  25. ahahahaaish... *jitak
    musti laaah, kalo perlu nanem jugak.. XD

    ReplyDelete
  26. weeehhh brarti ntar nanemnya kudu "tasaylampot" :))

    ReplyDelete
  27. yah, boleeh..
    *ini mah farmer wannabe ateuh

    ReplyDelete
  28. nahh..pan biar kesegaran sayurnya terjaga...bahasa kerennya "Sayuran Organik"....

    ReplyDelete
  29. wakakaka..
    Aamiin aamiin..
    Kalo sukses ntar buka kape organic *niat bener :D

    ReplyDelete
  30. kape Pegetarian cap muhammad thok :D

    ReplyDelete
  31. hapaaah, jadi aye pegawe doang? *jitak
    Namanya ga menjual banget.. XD

    ReplyDelete
  32. wakakakkaka...*tangkis pake panci*
    eww..atau pake nama "VEgetaRiAn" saja..simpel...dan...langsung bisa dibaca :D

    ReplyDelete
  33. huehuehehe...
    Ya ya memang nama begitu biasanya ay-keching.. XD

    ReplyDelete
  34. ohnoooo....nama kape tadi membangkitkan sifat narsis yang udah terpendam lama...*halah*

    ReplyDelete
  35. alhamdulillah yaah..saya yang nulis kok...emang nama VERA cocok di selipin di VEGETARIAN :))

    ReplyDelete
  36. ehhh...tapii..sayah masih normal kok...*kedip2 ganjen*

    ReplyDelete
  37. ya ya.. yg disebut kan syahrini.. *sodor kaset sama posternya XD

    ReplyDelete
  38. wah... wah...
    membaca komentarnya jadi membuat bingung tak berkesudahan
    :))

    ReplyDelete
  39. aku.. aku.. aku kan tuan rumahnyaaah... :((

    ReplyDelete
  40. *bawa kabur ke toko kaset*...lumayaan..bisa di jual... :))

    ReplyDelete
  41. tapi kan aku yang tuan tanahnya!
    ndak bisa gitu dong!gimana sih!
    *gebrak meja* *mejanya berubah jadi cowok cakep*
    *APAKAH?*

    ReplyDelete
  42. tuan tanah gimana??
    Ini udah jadi hak milik leluhurku selama tujuh ratus abad!

    *gusar
    *poto bareng cowok cakep


    aaaargg.. apaapaan iniii..


    Heh yg jualan, jangan bilang sama sahrininya yah..
    *tambah gusar

    ...
    *hening*

    ReplyDelete
  43. *gantian hening*
    *hening semakin tak berkesudahan*
    Apakah Vera sedang tertukar?
    entahlah!
    tunggu jawabannya setelah sahrini berubah jadi sahrono atau sahrene.
    .......

    ......

    .....

    ....

    ...

    ..

    .


    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah ya, jadi makin ngaco begini....*plaks

    ReplyDelete
  45. kalau kasetnya nggak laku sayah bakalan komplen sama sahrini...

    "Alhamdulillah ya jeng kasetnya ndak laku"......*megangin perut nahan tawa*

    ReplyDelete
  46. mantaaaapp...anda sudah resmi menjadi pengikut paham sahrinism :))

    ReplyDelete
  47. ha...


    Kok..


    Tambah banyak...




    *mematung*

    aliran apaan lagi itu...
    ...

    ga laku??
    Segera, bakar kaset dan posternya...!
    *ribut2 tawuran dhewe


    *matung lagi*

    ...

    ReplyDelete
  48. ealaahh..alhamdulillah yah..yang punya lapak malah sibuk maen patung-patungan..
    *bakarin kaset & poster*

    ReplyDelete
  49. *ikutan diem, ngabisin jatah apel di kulkas*

    ReplyDelete
  50. *nonton pasangan lagi diem2an, sambil makan popcorn*

    ReplyDelete
  51. apel udah abis kok yah pengen popcorn yah...*ngelirik*

    ReplyDelete
  52. kalian gajebo..

    *lama2 mesti nyewa bodigar ="=

    ReplyDelete
  53. ohohoo..siyaaapp...sayah sertipayed bodigar loh...*pamer otot*

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.