Friday, December 6, 2013

Dimsum Udang

Udang sekilo sudah beberapa hari yang lalu baru digarap sebagian. Janjinya sih suami pulang dari kerja saya suguhkan siomay udang. Tapi ujungnya malah nyuguhin pempek gagal tapi enak kok.
Loh loh judulnya dimsum tapi kok saya ngobrolin siomay... :D

Yah aselinya siomay, tapi berhubung penampakannya bikin kayak dimsum, jadilah itu judulnya. Saya praktikkin bikin siomay ini seperti membuat pempek. Pakai campuran biang segala, tapi maksud pakai biang ini memang untuk mencampurkan semua bumbu, biar kecampur semua gituuu ...
Bahan-bahannya gak pakai macem-macem, alhamdulillah suami komen enak katanya :)
Langsung aja nih ke resepnya ... maaf takatannya saya kira-kira saja yaa..

Bahan:
500-400 gr udang yang telah dihaluskan
10-15 sdm tepung kanji
Roll pastry
Air dingin

Ini dia 'kulit pangsit' yg asal nyomot di supermarket...
ternyata kulitnya tipis, jadilah setelah matang mirip dimsum :D

Bahan biang:
1 sdm terigu
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdm ketumbar halus
2 sdm merica halus
gula-garam secukupnya / penyedap rasa
1 sdm minyak

Cara membuat:
Adonan biang:
- Campur semua bahan biang dalam 1 wadah, campur dengan sedikit air lalu aduk sampai tercampur rata tak ada tepung yang bergerindil.
- Panaskan di atas api sedang, aduk-aduk hingga menggumpal seperti bubur
- Dinginkan selama beberapa menit
Adonan dimsum:
- Masukkan udang, adonan biang dan sedikit air ke dalam satu wadah, aduk rata
- Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sampai setengah kalis (kalau masih lengket-lengket juga tak masalah asal adonan tidak encer)
Membuat dimsum:
- Siapkan dendengan berisi air untuk mengukus
- Masukkan adonan dimsum secukupnya ke dalam roll pastry, bungkus dan taruh dalam dendengan
- Kukus selama 10-15 menit
- Sajikan selagi panas dengan sambal kacang

Aslinya pakai minyak wijen, ayam giling dan beberapa komponen lain, tapi saya tidak pakai karena gak ada stok :))

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 12:49 PM
Kategori:

8 comments:

  1. pami digoreng janten batagor udah heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya ya teh?
      iraha2 nyobian nu digoreng ahh... :D

      Delete
  2. kalo di goreng menu andalan saya utk open house di hari Raya Idul Fitri, tapi saya pake ikan tenggiri agar lebih lembut dan empuk, kalo udang cenderung agak alot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo gitu ya bu, nanti coba-coba aja deh :D
      kebetulan kemarin yg buat bikin pempek memang digoreng dan bahan dasarnya tenggiri ...

      Delete
    2. coba deh, dgn ikan tenggiri pasti lebih ketagihan suaminya, sama dgn suami & anak saya termasuk tamu2 saya yg selalu rqst siomay goreng ini sehingga nggak boleh nggak ada didlm daftar menu Lebaran

      Delete
    3. iya... tenggirinya kan udah digoreng pakai resep pempek bu ..
      kapan2 lagi kalau niat bikin :))

      Delete
  3. Menghaluskan bahan2 itu pakai blender ya Ve?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...
      atau kalo kepaksanya gak ada, dicacah juga boleh :)

      Delete

 
Powered by Blogger.