Friday, August 12, 2011

Ditaruh di Dompet?


Saya punya dompet.
Dompet dadakan beli waktu sebelum masuk perkuliahan. Beli di Kuningan sama sepupu juga. Warna hitam-biru. Ah gak penting deskripsinya, yang pasti meski punya dompet, toh uang sisa biasanya tercecer dimana-mana. Bisa di saku rok, di tas, di Elmo, atau mungkin di kolong rak karena terjatuh... *lha jadi bongkar rahasia tempat ‘harta karun’ gini



si Elmo


Awal-awal susah sekali buat saya menyimpan benda di dompet. Karena saya langgan travel untuk perjalanan Kuningan-Jogja, otomatis banyak kartu agen mereka yang saya kumpulkan. Aman di dompet.
Hanya saja, lambat laun setelah nomor-nomor kontak travel telah lengkap tercatat di ponsel, kartu-kartu agenpun entah dari kapan tak lagi menempati dompet. Masih saya simpan, tapi di rak.

Suatu hari saya kehilangan ATM. Jelas pada waktu itu saya tak menaruh kartu mungil itu di dalam tas. Perasaan saya juga tidak huru-hara. Yakin sekali masih ada di sekitar saya. Cuma saya aja yang suka seenaknya naruh-naruh barang kecil tapi penting begitu.
Dicari-cari nihil. Saya putuskanlah balik ke Kuningan untuk mengurusnya. Jumat pagi sampai, tanpa rehat langsung capcus ke polres dan ke bank. Alhamdulillah bisa selesai sebelum jam 12 siang. Saya pesan travel, malamnya langsung balik ke Jogja.

Akhirnya saya mulai membiasakan diri menyimpan kartu-kartu di dompet pertama dan satu-satunya itu. Tapi pengalaman tinggallah pengalaman. Belum juga sebulan, saya tak tahan nyimpen uang di saku. Tinggal selip, langsung dapet.

Singkat cerita, saya mengambil uang di ATM kopma. ATM saya cabut dari dompet *deuh gaya*, masuk ke mesin, ambil uang dan kartunya. Saya lupa naruh dompet dimana. Pokoknya waktu kemarin itu saya gak kepikiran soal dompet. Melihat antrian di luar juga kasian, masa mesti nunggu lama gara-gara dompet doang? *alesan cakep, neng*
Masuklah 2 benda itu ke tas ransel.

Besoknya, teman kos saya ngajak beli keperluan berhubung kami mau pindahan kos. Ditungguin orang, saya malah keasyikan packing barang ke kerdus. Otomatis tumplek-tumplek gak keruan. Kami siap pergi setelah agak sorean.
Saya teringat harus ambil uang lagi karena rencananya mau beli karpet buat di kos baru. Saya carilah itu ATM karena uang yang kemarin saya ambil tidak mencukupi. Tuinks.

Pembaca bisa langsung nebak kemana arah dongeng ini.
ATM saya ilang lagi untuk yang kedua kalinya, kawan-kawan. Padahal uangnya utuh lho.

Satu-dua hari ke depan saya belum memberi tahu Mamah soal ini. Ndilalah sorenya beliau tilpun. Jadilah saya kasih tahu sekalian perihal kehilangan itu.
“Hilang lagi?”
“Hu um”
“Ck! Ari si teteh nyimpen ATM di dompet henteu? >> kamu tu nyimpen uang di dompet gak?
“Henteu.” >> nggak
“Ieu mah... ari barang penting kitu teh matak naha diati-ati...” >> kamu tuh, nyimpen barang penting gitu apa salahnya berhati-hati...
Suara gusar. Saya diem dengan cengiran di balik layar.
“Nya ntos, uih bae. Da hese ari ngablokir mah kudu ku sorangan. Teu tiasa diwakilkeun.” >> ya udah, pulang aja. Soalnya susah kalo ngeblokir mah musti sama yg punya. Gak bisa diwakilkan.

Yang tahu kejadian ini cuma mpers yang baca QN dan Mamah yang saya curhatin. Entah-kenapa si aa ujug-ujug komen di fb: hadoh hadoh hadoh... ical deui?? >> ilang lagi?
Nah lho berita kecil begini ternyata tersebar dengan amat cepat. Gosip merajalela, mungkinkah saya dikuntit jurnalis gelap? *GR

Akhirnya seperti kehilangan yang sebelumnya, saya harus pulang lagi sesuai anjuran orangtua. Sudah terbayang di pelupuk mata... jalanan yang rusak parah di daerah Losari dan Brebes. Bismillah sajalah.

Pulang-pulang masih bisa nemplok bentar di kamar adek. Jam 8-an sudah siap pergi ke polres dan bank. Saya kunjungi dulu warung klontong nenek yang bersebelahan dengan toko Apa. Yang saya dapati ternyata adik Mamah, kami ngobrol sebentar dan tanya kenapa saya cuma sehari di sana.
“Ooh mau ngurus ATM? Selesai sehari ya?”
“Iya...”
“Terus yang kemarin itu juga cuma sehari aja di Kuningan. Ngapain dulu itu?”
“... ngurus ATM...”
“Ilang?”
Saya mengangguk.
“Sekarang ngurus lagi karena ilang?”
Saya mengangguk lagi.
“Hih.... eta mah.. lebay ngaranna...”
Dia terkekeh dalam pandangan kok-bisa-seh-?
“Makanya, taruh di dompet”
“Iyaa...”

Alhamdulillah uwak saya bersedia nganter ke polres. Jaraknya lumayan. Pilihan naik angkot udah males duluan, berhubung angkot 07 sukanya ngetem. Bisa-bisa malah bablas gegara mata gak kuat nahan kantuk. Di jalan, uwak saya juga menanyakan hal yang sama.
“Ngapain sih ke polres?”
“Minta surat kehilangan.”
“Hilang apa?”
“ATM.”
“Dulu ditaruhnya di dompet?”
Saya menunduk.

Setibanya saya di bank, saya di-sms teman. Dia bertanya posisi saya sekarang, seperti ingin mengajak pergi pagi ini. Saya balas bahwa saya sedang di kampung kelahiran saya dan seperti ekspresi tulisan yang lain-lainnya, dia juga terkejut ternyata ATM saya hilang.
“Neng, ilang beneran ato nyelip?” katanya dalam sms. Saya iya-kan dan bilang itu yang kedua kalinya dalam sebulan ini.
“Weleh... rekor kalo itu... pasti jarang ditaruh dompet ya? Ditaruh dompet aja neng...
=____=”

Singkatnya, saya selesai mengurus ATM dan  dalam perjalanan kembali menuju Jogja malam harinya. Jalanan rusak itu kembali meringsekkan badan-badan penumpang mobil. Uh.

Di acara kumpul-kumpul sorenya, kami kembali membicarakan soal si ATM.
“Neng tu mestinya nyimpen duit ato kartu-kartu tuh di dompet...” nasihat Mbak kos.
“Aku ngga suka.”
“Lho bukannya suka-nggak suka.. cuma lebih aman aja kalau nyimpen. Jadi nggak keselip-selip gitu.”
“Iya...”
“Kamu tuh ngecilin peranan dompet deh. Penting lho...”
“Iya...”
“Terus sekarang ATMnya mana?”
“Ada. Di dompet.”
“Naaah gitu, jadi kan simpel.”
=___=”



Iya iya baiklah, saya coba berteman dengan dompet mulai sekarang... =3=


Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 11:21 AM
Kategori:

33 comments:

  1. Makanya nanti ditaruh d dompet ya.. ^^

    Sering kejadian kek gini, tp stnk yang sering keselip dimana2.. :p

    ReplyDelete
  2. heuheu kl aku biasanya acak2an diawut2 sama kirei jadi ajah ga jels dompetnya..

    ReplyDelete
  3. teh ayu:
    hihi, kirei minta dibeliin juga kali..

    ReplyDelete
  4. Aku selalu menyimpan SIM di dompet dan cuma dikeluarin kalo ada razia, eh ini kemarin ilang juga... Masak tuyul doyan SIM? ?__?

    ReplyDelete
  5. wakaka...
    Pas atm ilang yg kedua kalinya ini sempet suudzon sama tuyul.. XD
    ampe dibilang temenku 'tuyul tu doyannya duit mba, bukan atm..'

    ahahaha...

    ReplyDelete
  6. Tuyul jaman sekarang dah canggih lho, bisa ga dapet setoran kalo ga mengikuti perkembangan jaman XD

    ReplyDelete
  7. hwahaha...
    Ini mah judule Perkembangan Tuyul Masakini.. :))

    ReplyDelete
  8. hhhmmmm.... sama kebiasannya sama suamiq. palign ga suka kalau bilang 'Perasaan saya juga tidak huru-hara. Yakin sekali masih ada di sekitar saya'
    perssssssssiiiiiiiiiiissssssss
    tapi kenyataan si atm tidak menampilkan batang hidungnya [emg atm punya hidung] sampai sekian lama

    ReplyDelete
  9. wkwk, sekarang aku malah lagi males naro duit di dompet, takut ilang *lho

    ReplyDelete
  10. haha..
    mba, orang kuningan ya? *tetanggaan dong kita.. :)

    ReplyDelete
  11. mb indri:
    iya kok, aku yakin sebenernya ada. Cuma keselip aja..

    ReplyDelete
  12. pili:
    nah itu yg jadi alasanku kenapa dulu gak suka naro apa2 di dompet. Prinsipnya, kalo ilang dompet, ilanglah semua kartu penting..

    ReplyDelete
  13. hadeeeerrrr...

    daann kesimpulannya adalaah...*mlirik*

    ReplyDelete
  14. yayayaya..kalo buat yang pake rok sepertinya begitu, tapi buat yang pake celana sedengkul dompet itu membantu banget :)

    ReplyDelete
  15. sami wae.
    Lebih membantu saku di baju ketimbang dompet..
    Dompetmu ga melulu dipegang tangan kan?
    Sepertinya ransel lebih oke :))
    *walo duit nyelap-nyelip*

    ReplyDelete
  16. ga ada yang megang sih..kan tuh dompet nempel dengan ketat di saku belakang...kadang di saku depan...trus sakunya juga dibikin dalem...jadi aman deh.. :D

    ReplyDelete
  17. maksudnya, kalo lagi butuh apa2 cepet kan tinggal rogoh saku. Praktis deh.

    ReplyDelete
  18. iyasih tapi kalo sakunya isi banyak (recehan, kunci motor, duit ngelipet, nota pembelian, tiket KA dll) dan jari ini gak punya mata buat pilihin maka apa yang terjadi yah *garuk-garuk*

    ReplyDelete
  19. =___=
    iya iya...
    Kan lagi belajar berdompet..
    *walo kempes

    ReplyDelete
  20. *tuangin minyak goreng ke rem*

    ReplyDelete
  21. efek dehidrasi siang bolong ternyata menyebabkan halusinasi tingkat tinggi :))

    ReplyDelete
  22. veraaa...ceroboh ...digantungin ajaa di leher...

    ReplyDelete
  23. kalo punya dompet kn enak,, bisa nyumpelin poto someone.
    xD

    ReplyDelete
  24. ho oh fin, gimana dong?
    Digantung di leher mah... jangan ditanyalah.. kalung aja gak pernah awet nangkring.. XD

    eka:
    iya sih..
    Tapi gak punya poto narsis euy..

    ReplyDelete
  25. tuh kan...tuh kan...bekunang-kunang....

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.