Monday, August 15, 2011

[Unthinkable around Us] Konfirmasi Sebelum Berkendaraan Motor ("Sudah?")

 

Seringkali saya ditanyai, “Sudah?” saat hendak bepergian (nebeng) dengan kendaraan motor. Entah kapan teman karib saya memulai itu, yang pasti sekarang ini sudah menjadi kebiasaan yang tak pernah saya pikir dalam-dalam sebelumnya bahwa kata itu sudah semacam safety berarti buat penebeng seperti saya.

Kalau orang pikir mengapa “Sudah?” itu menjadi sebegitu pentingnya dalam keselamatan boncengan, ada beberapa pengalaman yang bisa menjawabnya.

Ceritanya ketika itu waktu pulang kuliah. Biasalah kebanyakan anak kuliahan pasti bawa kendaraan sendiri, yang jadi trend tentu saja motor. Bagi mahasiswa yang nebeng kayak saya ini, kami biasanya nunggu di depan sambil menunggu teman yang rela mengantar sampai kos.

Seorang teman saya – sebut  saja Uki – dibonceng temannya duluan. Saat itu kami tengah bercakap-cakap sebentar soal tugas kuliah. Begitu percakapan selesai, Uki melambaikan tangan sebagai tanda pamit pulang duluan. Nggueeengg... motor melaju tanpa Uki punya persiapan. Akibatnya ia terjangkang ke belakang, untungnya tak sampai jatuh. Refleks, Uki memukul pelan bahu si pengendara yang terkekeh-kekeh.
Saat itu kami cuma tertawa melihat adegan konyol itu.

Lain lagi dengan cerita teman saya. Dia dibonceng ayahnya saat hendak pergi ke sebuah tempat. Di tengah lampu merah, entah ia meleng dan tak memperhatikan lampu merah... motor melaju tanpa ia punya persiapan. Fatal.
Dia benar-benar jatuh terjengkang dari motor. Untungnya kendaraan di belakang tak langsung melaju.

Coba seandainya yang mengalami itu anak kecil? Sepertinya ndak cuma konfirmasi, tapi juga
safety ekstra ya...


gambar diambil dari sini

Diikutsertakan dalam lombanya mbak Idan

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 10:21 AM
Kategori:

116 comments:

  1. Mba Vera, ditunggu kiriman emailnya yaaah :)

    Terima kasih udah ikutan lombanya *cipokz*

    ReplyDelete
  2. hahaha iya ya...
    gak sadar sering nanya "uwes" pada yang mau bonceng saya :)

    ReplyDelete
  3. emg demikian qo 'prosedur' ny

    aye juga meLakukan pertanyaan + konfirmasi gituan
    :)
    tp hanya untuk AWAL.

    kLo yg kasus Lampumerah ato dalam perjalanan-berhenti-jalan...kyny ga diuLang lg tuh konfirmasi nya.

    ReplyDelete
  4. iya, kadang dibecandain...
    dibilang "udah"
    dijawab "ya udah, turun sana"
    ="=

    ReplyDelete
  5. iya aku juga bingung judulnya kurang pas...
    edit dulu deh, mumpung belum dikirim ^^

    makasih masukannya.

    ReplyDelete
  6. iya, yah? aku reflek sih biasanya. hehe...

    Tapi biasanya sih aku suka bilang gini. "Sudah?"
    "Sudah."
    "Ya sudah turun sana."

    ReplyDelete
  7. jadi ingat kemarin pas ngebonceng abah. dikira udah duduk taunya duduknya belum pas. untung motornya ga digas kuat2 :)

    ReplyDelete
  8. iya kesian... mana pasti diliatin (dan ditungguin) orang2 di belakangnya... :/

    ReplyDelete
  9. dulu biasanya aku yg bilang "Yuk", terus temenku baru jalan...

    yahh... "Turun sana" udah jadi tren sekarang deh...
    gak rela ditebengin... *terpuruk sedih*

    ReplyDelete
  10. jadi ingat seorang teman yang terjatuh dari motor gara-gara begitu nebeng dan yang bawa motor langsungn tancap gas tanpa memperhatikan yang dibonceng. akibatnya ya jatuh bergulingan

    ReplyDelete
  11. kLo ogut pengaLaman jd yg MEMbonceng...
    :)
    tanpa konfirmasi lgsg Lanjoot aje.
    karena merasa ud ada yg 'naik' (ada yg 'megang' bin motor goyang-goyang)

    pas di Lampu merah nyoba ngobroL bin tanyatanya...ga ada sahutan...
    nengok beLakang....BLANX
    ga ada penumpang

    @_@

    watir jatoh entah dimana...menyusuri jalan balik.

    ternyata





    BELUM NAEK !!!!
    alias ditinggaL.

    :))


    huakakakakakakakakaka

    ReplyDelete
  12. waks... tegyaaaaa.....
    balik lagi dong? apa lanjut terus? XD

    ReplyDelete
  13. boleeehhh... yuuuuukkkk....
    *mengikatkan diri sama mb indri pake sabuk

    ReplyDelete
  14. benerrr bgt kaa sudah seakan menjadi verifikasi ya kalo yg dibonceng sdh aman ato blmmm...

    ReplyDelete
  15. Hahaha... jadi inget waktu jatuh dari motor, di tikungan, pake acara salto ato mutar di udara pula.....

    ReplyDelete
  16. Lupa bilang "sudah" sama adekku yang mo kuboncengin, eh dianya juga diem aja. Pas aku nyampe tempat tujuan, liat ke belakang eh adekku gak ada diboncengan, rupanya dia ketinggalan :D

    ReplyDelete
  17. betul mbak...
    tuh pengalaman kang irvan sama teh vitha malah ampe ketinggalan orang... XD

    ReplyDelete
  18. saaaalllltttooooo???
    masyaallooooohhhh....

    ReplyDelete
  19. wakakakak....
    setipe kang irvan itu mah... XD

    ReplyDelete
  20. hahaha, mending pake selendang gendongnya yusuf sekalian deh
    *kenceng

    ReplyDelete
  21. besok-besok dikonfirmasi dulu mas... :D

    ReplyDelete
  22. sykurlah, selama ini aku selalu nanya dulu setiap kali mau jalanin motor sama orang yang kubonceng.

    ReplyDelete
  23. kalu lagi d gonceng bokap, biasanya bokap bilang "peluk papa"
    daaaaannn,,
    ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeenggggg,,hahahahhahaa

    ReplyDelete
  24. sefa kok ketawaaa... *bekep pake krupuk
    *eh, puasa ya?

    Raya:
    roger papa... hihi..

    Haturnuhun teh ayu :D

    ReplyDelete
  25. pengalaman tantenya nin nih... penganten baru udah gak sabaran pulang ke rumah, istri diboncengan malah ketinggalan.. haha.. katanya sih jatoh pas ngebut di polisi tidur, istrinya lagi benerin helem.. jatoh deh... untung cuma lecet2 :D

    ReplyDelete
  26. astagyaaa...
    Tegyaaaa, padahal dah melepas lajang..

    ReplyDelete
  27. hhahahaa... om ku gak tau istrinya jatoh waktu itu... terus saja melaju... kangen ranjang kale :))

    ReplyDelete
  28. weks...
    Tapi tapi... kok banyak juga ya pengalaman ketinggalan penumpang gitu.. :))

    ReplyDelete
  29. namanya juga numpang mbak ver... pasrah ama yg ngasi tumpangan :))

    ReplyDelete
  30. ya tapi plis deeeh, masa istrinya sendiri iso laliii...
    Kacauuu, ahaha...

    ReplyDelete
  31. hehehe.. gak kerasa kale.. istrinya ringan.. wakakakakk... ato minta di pecat ama istrinya? embuh lah :p

    ReplyDelete
  32. -_-
    motore butuh spion berarti..
    Hwakakaka...

    Muga jangan pernah lupa istri lagi.. XD

    ReplyDelete
  33. Kalo aku sih cukup merasakan gerakan di motor aja. Biasanya kan kalo ada yang bonceng motor jadi turun sedikit, baru deh jalan. Lagian aku biasanya juga baru jalan setelah diaba2in..."Ayo.." "Ayo ke mana?" Hahahahahihii XD

    ReplyDelete
  34. plg g suka kalo yg mbonceng asyik smsan/main hp, sementara yang di depan riweuh dgn padatnya jalan

    *ga nyambung

    ReplyDelete
  35. wah, lomba toh iki ver? :O
    safety first itu penting dimanapun dan kapanpun..

    ReplyDelete
  36. ayo ke jalan yg benar, mang..
    Wakaka..

    Iya dulu aku (cast: as penebeng) yg biasanya nyatain kesiapan.
    Tapi entah dari kapan sekarang seringnya keduluan ditanya 'Udah belum, neng?' :D

    ReplyDelete
  37. Hehehehe hyukmari. Paling dongkol kalo pas lagi macet dan konsen ke jalan ditanyain macem2 dan terus2an sama yang bonceng di belakang, apalagi orangnye sambil maen hape...Huaaaargh X3

    ReplyDelete
  38. mb ii:
    aku juga iya, tapi sesekali perlu juga ikut merhatiin jalan.
    Temenku pernah dibonceng sama pengendara yg tidur..
    *untung jalannya lurus :))

    ReplyDelete
  39. kang isa:
    iyah kang, hayuk ikutan jugak..

    ReplyDelete
  40. mas cis:
    untung aku mah anteng2 ajah.. ngobrol seperlunya kalo di jalan..
    *nglirik mb ii

    ReplyDelete
  41. jiaaah, mas cis iki pengendara yg lebih berbahaya ktimbang pembalap.. XD
    temenku itu nyadarnya pas ngerasa lajunya mulai mleok-leok. Parah je..

    ReplyDelete
  42. Nyahaha, U bet I am...Kalo pas bangun sering tersesat, kalo ketiduran ya gtu deh...Pernah ampe masuk pekarangan rumah orang *untung ga ada yg bonceng ahihihihi XP

    *malahbangga

    ReplyDelete
  43. berarti penting tuh masang GPS biar gak nyasar.. XD
    SIMnya mesti dicabut tuh..

    ReplyDelete
  44. baguuus deh, betul ituuu
    aku: sudah?
    dia: sudah
    aku: ya udah, turun deh
    dia : ngeek

    ReplyDelete
  45. nah inih..
    Tipikal gak rela ditebengin...
    *ngringkuk dipojokan*

    ReplyDelete
  46. loh ini kan motorku.. kamu yg turun..

    ReplyDelete
  47. kang isa:
    tapi ini lapakku.. :p

    mas muha:
    turun.. :))

    ReplyDelete
  48. gak mau...*pasang sabuk pengaman*

    ReplyDelete
  49. Betul mbak, safety harus diutamakan....

    ReplyDelete
  50. mas muha:
    jiaah sabuk pengaman... naek mobil mang?

    Mb winny:
    apalagi kalo cenglu ato bonceng banyak orang..

    ReplyDelete
  51. ewww..mobil??? *ngintip jendela sebelah*
    banyak benda putih melayang-layang...ehh kok yang diluar jendela jadi keliatan tambah kecil yah *bego*

    ReplyDelete
  52. keinginan tersembunyi nge-trip sama pilot?

    ReplyDelete
  53. bukan nge-trip sama pilot tapi......ngetrip pake private jet...*khayalan tingkat tinggi*

    ReplyDelete
  54. wee sekarang ngayalnya canggih eui.. :D

    ReplyDelete
  55. jiaaahhh perasaan udah canggih dari dulu kok....cuman gamau tinggi-tinggi wae :))

    ReplyDelete
  56. katanya pengen ke bandung..
    kan udah nyampe sono..

    ReplyDelete
  57. pengen kesana dan menikmati bandung dengan cara sayah..bukan dengan cara EEk dan MYBk.... :(

    ReplyDelete
  58. lagian niru studi banding ala DPR. Waktunya jangan pas kerjalah... ="=

    ReplyDelete
  59. nahkan? yang niru kan MYBk dan EEk..sayah cuman korban disposisi (perintah) saja...sampe-sampe UAS-pun kudu di skip...*melas*

    ReplyDelete
  60. :(
    keinget semboyan yang kurang lebih seperti ini :"prajurit tidak pernah salah, komandannya yang memberi perintah"

    berasa kyk robot tanpa hati..

    ReplyDelete
  61. curhat, mang? :))
    udah dipilih, ya terima resikonya... *maap kejem

    ReplyDelete
  62. iyasih :P
    toh tetep bisa ngimprop kok :))

    ReplyDelete
  63. ya udah bertahan aja terus ampe jadi atasan... :))

    ReplyDelete
  64. ewww...ahahahah ntar deh nunggu dapet wangsit...jadi atasan atau wiraswastawan :))

    ReplyDelete
  65. wedeww... nerusin jejak babeh nih kayaknya... :)
    masih website designer wannabe?

    ReplyDelete
  66. olweiiiss....sekarang sih masih web designing enthusiast :)
    dan masih banyak lagi....*banyakmaunya*

    ReplyDelete
  67. ya ya ya... satu-satu mang...
    satu udah jalan, baru coba nyambi interest lain... ^^b

    ReplyDelete
  68. hmmm satu satu yah.. nikah dulu deh..*lho?*

    ReplyDelete
  69. curhat lanang...
    gak jauh dari urusan satu itu...

    itu lagi, itu lagi... ="=
    ditanya udah nyampe mana, belum ada yg diseriusin... *jitak si mamang

    ReplyDelete
  70. belom dapet wangsit....masak sayah kudu langsung declare aja ke salah satu dari kalian hey wanita....*gubraks*

    ReplyDelete
  71. meweeeekkk... bataaaallll... :))

    go go... mang muha go....

    ReplyDelete
  72. weee..cuman mecucu doank :P
    iyeess..go ka jogja..go ka bandung... :))

    ReplyDelete
  73. *gubraks*..Iis.com mah mahluk surabayanese...
    sayah ke bandung mau nginep di Kosnya El...pengen liburan sebenar-benarnya.... :))

    ReplyDelete
  74. ahaha, malah deket kan..
    Jiaaah disana kalo belum minimal seminggu mah ga puas *otakkuliner :))

    ReplyDelete
  75. iyasih deket....cuman..ndak ada kemistri...kudu kulakan dulu di toko kimia...:))

    wakz..1 minggu...kudu cuti dulu tuh...cuti nikah...*halah, nyamber lagi*

    ReplyDelete
  76. ta bantu lurusin nih..
    Kulakan sambil nyamper rumahnya, jadi juragan cucicetak poto deh.. :))
    lamar, ijab.. selesaaai.
    *skenario kilat XD

    ReplyDelete
  77. jiakakakak..henggak ah..ndakada kemistri....
    lagian...*ndak berani nerusin*

    ReplyDelete
  78. woo gaya pake kemistri kemistrian.. XD
    lagian apa? Lebih tua ya jangan2.. ato dianya udah ada yg ngelamar.. XD

    ReplyDelete
  79. lagiann...yaituuuuh ndakada kemistri...ndak berasa serrrrr.....
    dan lagii....*ngintip dompet*...

    ReplyDelete
  80. basana siga si mamah wae.. 'serr' :))
    Allah memudahkan orang berusaha, mang.. *ngelongok dompetnya

    ReplyDelete
  81. wakz..*sembunyiin dompet*
    hmmm gituh yah....maju gak yah...*gak niat bidik iis*

    ReplyDelete
  82. wakaka mayanlah, ga separah elmo kok.. *berintuisi*

    majuuu, go maju go...
    *tiup trompet bakar petasan ben tambah semangat

    ReplyDelete
  83. *ngelirik elmo*....*noleh ke pembakar petasan*...

    ReplyDelete
  84. iye iye receh dowang...
    *nutup muka pake kero

    ReplyDelete
  85. *bawa kabur*...mayan buat jatah parkir sebulan...

    ReplyDelete
  86. dibawa kabur kemanapun, elmo mesti balik sendiri ke pemiliknya..
    wakaka...
    Hare gene di kantor musti bayar parkir?

    ReplyDelete
  87. dikantor mah gratiiiis...diluar tuh yang kudu bayar... :D
    sayah pan sering dinas liar...jadi kudu nyetok recehan :))

    ReplyDelete
  88. ahaayy...pertanyaan menjebak... :))

    ReplyDelete
  89. ehh sayah kan belom ngejawab :P

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.