Tuesday, November 29, 2011

Apa Dosa Komik? (3)

Terus saya ingat sesuatu... yang bikin kesal, soal pertanyaan 10 tahun lalu.
Kalau tidak SMP, mungkin SMA.

Seorang teman bertanya dengan cukup seriusnya, "Kamu suka baca ya Ve?"
Waktu itu saya cuma memberi pandangan kamu-kok-tumben-tanya-gitu.

"Bukan apa-apa, pengen tau aja."
Saya jawab dengan anggukan kepala. Skeptis.

"... tapi komik ya?"

Mendengarnya saja membuat saya melempar pandangan kamu-mau-nanya-apa-sih (tandatanya raksasa). Kata "tapi" itu lho.

Saya langsung tanya balik "Baca komik itu salah?"
"Enggaklah, aku cuma pengen tau aja."

Gegara pertanyaan itu saya ingat pernah mengalahkan prestasi akademiknya.
Apa karena itu? *maaf prasangka saya jelek

Kalau mau pengakuan saya, tak setiap lembar buku pelajaran itu menarik.
Jadi saking menariknya komik, saya lebih betah menghabiskan waktu membaca itu ketimbang buku paket sekolah.

Semoga kamu-yang-bertanya-soal-komik bisa memahami, orang juga punya pilihan sendiri atas buku yang mau dia baca. Bahasa kerennya: selera.

Tolong. Jangan deskriminasikan mereka yang suka komik dengan nada bicara dan tatapan itu. Benar-benar tidak enak lho, seakan-akan kamu bilang "Ga usah temenan sama gue kalo bacaan lu gitu doang".

Tapi lebih baik membaca daripada tidak sama sekali, kan?





Hujan 29 November 2011

dari seorang anak yang bersyukur tak kehilangan waktu untuk membaca buku anak-anak

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 8:25 PM
Kategori:

44 comments:

  1. Baca komik tu menyenangkan...
    Dari yg 1jilid tamat, sampai yang 61jilid masih bersambung...asyik bgt.
    Kita kan juga perlu refreshing, dg baca komik.

    ReplyDelete
  2. iya, mungkin temen saya itu ga pernah baca jadinya ga pernah tahu asiknya..

    ReplyDelete
  3. Kamu udah pernah baca 'genre' Sakura Comic, dik Pe? Haha. Piss..

    ReplyDelete
  4. apa itu?
    Udah lama lepas dari perkomikan :/

    ReplyDelete
  5. eeu...

    Sepertinya aku mudeng, kaka... :))

    *nyari ah
    *eh*

    ReplyDelete
  6. Aduh. Hahaha. Nitip.

    Padahal itu ga sengaja nyambung"in komen sama judulnya. :P

    ReplyDelete
  7. fu fu fu..
    Mau berapa seri? :p

    Sambungannya lumayan kok, kan ada 'komik' dan 'dosa'-nya..

    ReplyDelete
  8. dicekokin komik dia gak mau juga kah?
    hehehe...huaaaaa q kena omelan ortu lho gara2 komik...

    tapi teteap aja gak ngaruh, abis asyik sih baca komik...
    dari naruto-one piece ampe yg godteru huft... jadi pengen beli

    ReplyDelete
  9. abis mungkin mnrt orang2... "Apa sih manfaat komik? Bagusan juga buku pelajaran"
    huehue mending q kabur aja deh...kalu harus baca buku pelajaran terus...
    bisa stress kan...perlu dikipasi komik :D

    btw...ibuku skarang juga suka baca komik, gara2 abis marah2 ke si bungsu trus dikasih komik ma si bungsu dengan kalimat "monggo buk, baca dulu, baru ngomel" gubragzzzz

    ReplyDelete
  10. mb hanifa:
    setahuku dia malah hobi 'ngkliping' yg ada Westlf3-nya. Penggemar berat dia..
    Kayaknya memang kurang minat. Kan ngga semua orang bisa dan mau belajar baca alur komik :D
    ada lho temenku yg sampai sekarang masih bingung cara baca komik, huehue..

    Waa kayaknya koleksi komik mb hanifa lumayan nih..
    Minjem dooonggg... *ngarep*

    ReplyDelete
  11. q gak ngoleksi komik mba, q ngoleksinya novel 'historical romance'
    hehehehe...abis mbandingin harganya jadi sayang buat beli komik...
    q baca komik rutin minjem persewaan, pas di salatiga tu WoW bgt, di sana surganya persewaan komik dan novel...
    kalu di pekalongan, ada adek kelas SMA (temene si bungsu) yg ngoleksi komik, makanya q bisa minjem :D

    iyya sih, balik ke diri ndiri juga...selera orang beda2...

    westlife???aaaaaaaaaaaaaaa **maluuuu** q juga demen

    ReplyDelete
  12. gw malah dianjurkan baca bbrp komik, kt dosen biar banyak referensi nge-drawing.
    di dunia desain grafis, baca komik itu wajib. xDD

    ReplyDelete
  13. hehehehe...asyikk yaaaa....
    pekerjaan yg sangat mempesona tu...

    ReplyDelete
  14. mb hani:
    oh...
    Ya udah, numpang baca aja kalo gitu.. *hayahh :))
    ahaha westlife legend di kalangan perempuan yah, temen2ku juga banyak yg ngefans. Dulu aku kuper musik jadinya ga ikut2 klipingan begitu :D
    sekarang malah gandrung musik, ampe udah burning2 dvd segala XD
    historical romance kayak apa mbak?

    Eka:
    begh, asyek tuh..
    Ini yg dinamakan 'belajar dari berbagai sumber' :D

    ReplyDelete
  15. Coba buku pelajaran seasik komik ya...Pasti banyak orang pinter tuh XD

    ReplyDelete
  16. mas cis:
    di Jepang sih berlaku..
    Lah Indonesia... no komen ah :p

    kan Go Green mas, kalo semuamua pakai komik bukannya butuh banyak pasokan kertas yak..

    ReplyDelete
  17. Aku dulu pas SD punya komik Doraemon tapi seri Matematika (bukan bikinan Fujiko Fujio, tapi Kanjiro Kobayashi), lebih nyantol lho...Padahal levelnya Matematika SMP..

    Hmmm menurutku bikin buku pelajaran yang boring dengan bikin buku pelajaran yang ngomik banget sama aja menghabiskan kertas, tapi kan lebih efektif yang ngomik...Jadi ya ada excuse yang pas untuk tidak go green dulu hehe :D

    ReplyDelete
  18. hahaha...
    Kalo buat latian.. okelah, toh English Grammar-nya Cambridge juga ada ilustrasi komiknya. Tapi kalo buat buku teori kayaknya.. mesti cari alternatif selain komik deh :))

    ReplyDelete
  19. maksudnya? aku ga ngerti kak hhe

    komik ya?
    hm. aku juga baca komik sampai sekarang :p

    ReplyDelete
  20. maksudnya mungkin gara2 pertanyaan itu, aku jadi inget pernah 'nyalip' prestasi akademik di sekolah gitu. Jadi aku suudzon jangan2 dia ngerasa ga terima karena kekalahannya itu. Makanya ampe nanya hal yg (menurutku) ga ngenakin gitu nadanya..

    ReplyDelete
  21. masih suka komik?
    Keliatan kok HSnya..
    *nutup HS sendiri*

    ReplyDelete
  22. hehe..oh maksudnya kali aja krena kk pernah nyalip prestasi jadi dia nanyaa.. :D
    aku rada kurang familiar ama kata gegara, maaf ya ka

    iya masi. kan ampe sekarang ;p

    ReplyDelete
  23. aiiih kok minta maaaap, yg salah tu kan aku gak pake kata2 bakuu..
    'Gegara' itu kata2 yg ngetrend ajah, biar singkat gitu maksudnya :))

    ReplyDelete
  24. komik juga mengajarkan sejarah dunia dengan bahasa yang ringan, juga dalam perspektif berbeda, misal Legenda Naga yang bercerita tentang Legenda Tiga Kerajaan (SamKok) atau Samurai X dan Twin Samurai yang bercerita tentang restorasi Meiji...ada juga Shanou Yoshitsune yang bercerita tentang perang saudara genji dan heike...

    ReplyDelete
  25. mas hairil:
    betul...
    Tiap jenis buku punya gaya penyajian sendiri", dg tetap pada tujuan dan topik yg sama :)

    ReplyDelete
  26. Dulu aja aku punya komik tentang biografi Thomas Alfa Edison sama Albert Einstein...Komik itu multifungsi.

    ReplyDelete
  27. ah...ngomongin komik emang "bitter-sweet"
    padahal Amerika punya Comic-Con Festival yang mendunia, padahal Manga Jepang masuk dalam budaya negara tersebut dan bahkan relief di Borobudur adalah komik terbesar di dunia :D

    Well, jika komik adalah sebuah kesalahan, dia adalah my favorite mistake :)

    ReplyDelete
  28. mas cis:
    mungkin dia gak baca, jadinya tak pernah tahu bahwa komik juga punya genre.

    Mb idan:
    'jika komik adalah sebuah kesalahan, dia adalah my favorite mistake'
    -ahh, love your words..
    *meluk kata-katanya
    *disambit :))

    ReplyDelete
  29. Sayang nggak banyak komik yang tipenya kayak komik Master Keaton.. :(
    Di situ dibahas cara mempraktekkan teori...

    ReplyDelete
  30. Iya, teori fisika, matematik, beladiri hingga survival. Jadinya komik yang mendidik untuk mempraktekkan ilmu. Sayang nggak banyak yang begitu...

    ReplyDelete
  31. keren atuh kang?
    Lengkap euy, bagus buat bacaan anak2 itu..
    Setebel apa bukunya?

    ReplyDelete
  32. bayar kok mba...numpang baca cuman bisa 3jam duank :) **pas jaga**hohoho
    q empet ngopy kaset-nya :D trus ngikutin lagu2 mereka mpe sekarang...btw sekarang bubar lho mereka TT___TT
    historical romance tu novel2 'romantis' yang settingnya jaman th 1700an sampai 1800an dg tokoh2nya kaum bangsawan inggris dkk :D
    tebel, romantis, jenaka, dan mempesona **promosi** coba deh baca mba, ntar ketagihan lho

    ReplyDelete
  33. 'btw sekarang bubar lho mereka'
    >> boysband udah gak gitu laku .di amerika-eropa mungkin..

    'historical romance tu novel2 'romantis' yang settingnya jaman th 1700an sampai 1800an dg tokoh2nya kaum bangsawan inggris dkk'
    >> aku baca juga kok. Yg inget tu 'Yokohama', Flash of Winds, Samurai X... :D
    Legenda Pelangi itu termasuk gak ya? He he, ada bangsawan-bangsawanan juga sih..
    Komik tebel mgharukan yg pernah kubaca itu For the Rose.. co cwiiet.. *halah

    'coba deh baca mba, ntar ketagihan lho'
    >> cukup dulu ah, ntar makin tongpes..
    Tanpa baca komik romantis pun, aku udah romantis..
    *jlgeeer!*

    ReplyDelete
  34. =___= itu yg komik smua, q juga baca...
    huehuehue kalu yg q beli novel2 harlequin mba, bukan komik...q ga tega belanjain duit buat komik :((

    **digetok ibunda

    ReplyDelete
  35. oh iya ding, yg lagi diobrolin tu novel yah.. *disambit mb han

    huehue, itu novel"nya temenku bangeud. Aku cari penulisnya dulu ato sinopsis yg kira" asik.
    Kalo tema romantisme abege, tema cinta, atau novel pop luar udah ga gitu tertarik. Sekarang malah lebih ke novel dalam negeri.. :(
    tapi tetap suka cerita klasik anak, baik dalam maupun luar negeri :D

    *sebenere aku juga bingung sukanya genre apaan, kalo sekali baca udah tertarik ya udah dilanjutin.. :D

    ReplyDelete
  36. kalau dalam negeri q cocok yg model2 kek tetralogi laskar pelangi mba...ngakaknya itu lho gak kuat... **jahitanku jd sobek -_-
    kalu penulis luar q suka eloisa james, julia quinn dkk :D
    kalu cerita anak2...q bingung...soalnya masih doyan bobo :((

    ReplyDelete
  37. 'jahitanku jd sobek'
    >> jahitan apa? Luka?

    'masih doyan bobo'
    >> majalah anak kan ya?
    Samaaa, dulu sampe dibaca berulang ulang... X)

    novel luar tu enaknya model Conan Doyle, Rowling, Blyton... *ahaha anak anak lagih
    yg penting terjemahannya asyik dibaca sih.
    Novel dalam negeri mah udah rada njelajah yg berat. Karya karya Dee, Umar Kayam, Leila Chudori...
    *walo itu juga seringnya pilih pilih
    tetralogi laskar pelangi juga suka, terutama Edensor sama bagian perjalanan bertemu bajak lautnya di Maryamah Karpov..

    ReplyDelete
  38. setuju...master keaton komik yang asyik...dan yang paling saya ingat dari master keaton itu hidungnya...ha...ha...ha...

    ReplyDelete
  39. duluuuu aku ga suka komik... habis kebanyakan gambar..hihihii.. terus sekarang suka.. tapi cuma detective conan serial tv...#eh kok curcol

    ReplyDelete
  40. huehue...
    dulu aku suka... sekarang juga masih.. walau lebih selektif lagi :))

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.