Tuesday, August 17, 2010

[FF] Iqro untuk Hana



Mata gadis cilik berkerudung biru itu terbelalak melihat banyak buku di sekelilingnya. Rak-rak toko dipenuhi buku dan alat tulis. Bagian etalasenya juga ditata rapi, sesuai ukuran buku.
Oh, ada Qur’an besar seperti milik Bunda! Tetapi belum saatnya ia membaca huruf-huruf keriting serumit Qur’an. Yang ia butuhkan hanya Iqro lima dan enam, persis yang disarankan guru mengajinya.

“Kakak mau pilih yang mana?” Notasi lembut yang sudah ia hapal menegurnya. Si gadis menolehkan wajahnya dan meminta maaf telah mengalihkan perhatiannya sejenak. Terdapat tiga buah Iqro di depan hidungnya. Dua buah diantaranya berwarna menarik, sementara yang satunya berwarna hitam dan agak tebal.

“Yang hitam ini kumpulan Iqro dari jilid pertama sampai ke enam, Kak. Lalu, dua Iqro ini sudah sesuai saran ibu guru,” Bunda menjelaskan.
Sejenak si gadis bingung, anjuran gurunya tentu sudah tepat. Tapi ia sendiri belum pernah membaca Iqro satu sampai empat.

Si gadispun menimbang-nimbang. Selain dirinya, si gadis teringat teman sebayanya yang sering duduk berhimpit dengan anak lain agar bisa ikut membaca Iqro. Belajar mengaji di bulan suci ini serasa tambah sulit saja.

“Setiap ngaji, Kakak suka nyempil ke teman-teman biar bisa ikut baca Iqro punya mereka lho, Bunda.”
“Iyakah? Maaf ya, kemarin Bunda belum belikan Iqro buat Kakak. Tapi sekarang, Kakak bisa langsung memilih Iqronya.”
“Bolehkah Kakak pilih yang hitam itu, Bunda?”
“Tentu saja, Kak. Ada lagi tidak?”
“Bolehkah Kakak minta dibelikan dua buah, Bunda?”
“Untuk apa, Kak?
“Hana juga ikut nyempil lho, Bunda. Kasihan sekali kalau nanti dia hanya nyempil sendirian. Bolehkah kita membelikannya sebuah Iqro, Bunda?”






*Terinspirasi dari kisah nyata

_____________________________________________________________________________
Tema: Ramadhan
Diikutsertakan dalam lomba Hadiah Lebaran dari berkah membuat FF oleh Mbak Intan

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 8:52 PM
Kategori:

25 comments:

  1. ....
    aq juga punya 1 buku iqro baru di mobil. sapa tau ada temen ngaji yg perlu.

    ReplyDelete
  2. iya teh, dulu itu ve nyaksenan dari sudut pandang penjual bukuna :)
    meni endaaaaahhh katingalna eta sakulawargi teh......

    ReplyDelete
  3. font? Aslinya trebuchet, tp sepertinya berubah pas di paste dari notepad.. *ndak tahu jg font apa :D

    ReplyDelete
  4. cakep deh, tapi temanya salah tulis kali tuh?!

    ReplyDelete
  5. temanya aku dan ayah..bukan aku dan bunda?

    ReplyDelete
  6. mb haya: heuheu iya euy, temanya sebenere ramadhan. Boleh direvisi gak ya? :(

    mas muha: bukan dua2ny je, yg ini mustinya 'ramadhan'..

    ReplyDelete
  7. *nungguin hasil penjurian sambil ngemil*

    ReplyDelete
  8. siapapun yang pas di hati pembaca ^^

    *aku sendiri bingung kalo ngasih nama... :D

    ReplyDelete
  9. Terima kasih, Vera...telah ikut memeriahkan lomba FF
    :)

    ReplyDelete
  10. makasih juga kunjungannya, mas suga.. :)

    ReplyDelete
  11. sama2
    :)
    senang dapat hiburan di sini
    :)

    ReplyDelete
  12. ceritanya mengajarkan tentang berbagi ya Ve

    hi rame sgt ternyata FF

    ReplyDelete
  13. iya mbak... *ga nyambung ya??

    hu um, FF marak banget dehh *habisnya pendek :)

    ReplyDelete
  14. oohh..ikutan jg, blm baca :-)

    Anakku lg Iqro 4 *gak nanya* :-))

    ReplyDelete
  15. iya, tapi ga dapet... *tapi masuk peserta (ya iyalaaahh, hihi)

    Udah iqro 4? Umurnya berapa tahun mbak?

    ReplyDelete
  16. 5 thn. Disamping TPA (taman pengajian al Qur'an) tiapsabtu, aku gembleng lg di rmh tiap malamnya, after school home work.

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.