Tuesday, August 17, 2010

[FF] Melepasku



Aku mengikatkan tali sepatu kets usangku. Jantungku berdebar tak keruan, membayangkan sepatu ini masuk dan menjejak tangga sebuah burung besi yang megah.

Sejenak kemudian kutatap lawang kamar yang terbentang di sudut mataku; seprai biru, sang jubah ranjang berderit-ku beserta guling-guling kempis di sana, cermin mungil yang tergantung di dinding bulukku. Lama kupandangi, ternyata baru kusadari betapa sebuah nilai artistik tak selalu dari tangan seorang seniman.

*

Derak langkahku cukup membuat sosok renta itu berpaling. Kaos oblong kusam masih melekat di badannya, sesekali berkeliwir terhilir angin. Sarung kotak favoritnya juga tetap mejeng, warna biru tua seperti biasanya. Raut mukanya tak suram, cuma padanan bangga yang bisa kubaca dalam gesturnya.

Ia bergerak lambat, menatapku dengan mata presbiopnya. Kurasa ia mencoba meruahkan segenap telaga ketegarannya untukku. Menimang sisa-sisa waktu yang ada antara seorang bapak dengan lelaki tunggalnya. Menebas rasa ego antara dua pria dalam perbedaan zaman. Mengusik rasa haru yang seringnya menghampiri umat Hawa. Tak ada kata, tak juga suara. Hanyalah tepukan jantan di pundakku, seakan memberiku metafisik sakti untuk menjagaku di negeri baru.

Aku menggeret koper jadul pemberiannya yang berharga menuju travel Spartan di depan pohon jambu kami. Kuhempaskan diri di tepi jok mobil dan kubuka jendelanya agar bisa kulihat lagi raut khas itu. Derum mesin dinyalakan.

Masih kupandangi beliau seakan-akan hanya dialah pemandangan terindah di hadapanku. Masih dengan sesungging senyum di bibirnya,ia mengangkat tangan. Ia melambaikan tangan. Tiba-tiba mataku pedas, padahal aku berpikir lecut-lecut aristokrat bapak takkan pernah meluruhkan dongeng cengeng dalam biografiku. Pada nyatanya, aku belum mampu mengalahkannya…




_____________________________________________________________________________
Tema: Anak dan Ayah
Diikutsertakan dalam lomba Hadiah Lebaran dari berkah membuat FF oleh Mbak Intan

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 8:44 PM
Kategori:

40 comments:

  1. makasih udah baca, Mbak...

    *yg penting mah bisa dimengerti deh :)

    ReplyDelete
  2. adaapa dg 'ckck' ini? :D
    Mb haya: alhamdulillah bs dinikmati, makasih mbak..

    Mb nafis: iya, cerita keluarga macam bgni bikin inget orang rumah ya? Makasih udah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Deskriptif... detail suasananya dapat...
    keren...

    ReplyDelete
  4. iyakah? Makasih pak..
    *syukurlah bisa dimengerti :)

    ReplyDelete
  5. Eh, tapi saya bukan juri, lho...
    Sesama peserta... :)

    ReplyDelete
  6. pak farid: ya ndak papa.. Oh, peserta jugakah? Wah mau jalan2 ksana dulu deh.. :D

    Mas muha: iya e, limit bgt jadinya dipadat2in. Bikin pusing gak?

    ReplyDelete
  7. makasih mbak,
    bsk ikut kopdar jugakah? :)

    ReplyDelete
  8. whew..gak jg..cuman emang bner2 puadat..

    ReplyDelete
  9. bacanya cepet..soalnyah pake hape..hehe
    Ngertinya agak lama, krn harus gabungin kata2 yg jarang muncul dan kadang ada kata serapan dari bahasa daerah jg..heuheu

    ReplyDelete
  10. haha, biarin aja deh..
    Aku emang suka seenaknya kalo ngarang.. :D *tahu2 bikin orang bingung dahh

    ReplyDelete
  11. gyahaha..yg penting gayanya unik..susah dijiplak..

    ReplyDelete
  12. makasih mbak yanaaa

    kemana aja mbak? Gmn kabar?

    ReplyDelete
  13. gak kemana-mana veraa..di rumah ga bisa internetan nih :D

    ReplyDelete
  14. sama aja mb, aku juga ngnet lewat hp :)
    trs ini net dmn?

    ReplyDelete
  15. hehehehehe....ngempi sambil kerja tepatnya :D

    ReplyDelete
  16. Nice vera. Banyak ungkapannya.
    Salam [supertiel]

    ReplyDelete
  17. lhaa... bapak = supertiel??
    makasih kunjungannya pak ^^

    ReplyDelete
  18. Iya. Ada 2 id yang lain. Supertiel khusus buat belajar bikin cerita.

    ReplyDelete
  19. pilihan diksi yang apik ^^

    Terima kasih atas partisipasinya dalm lomba FF

    ReplyDelete
  20. gimana kopdar?? aku tak bisa ikud :p

    ReplyDelete
  21. mb danti: alhamdulillah trkumpul 16 orang, ada yg dari pontianak jg (dwi aka langkah88).. *yg pasti byk makanan, hihi

    ReplyDelete
  22. mb desta: makasih juga sudah brkunjung.. ;)

    ReplyDelete
  23. Kapan2 smg ada lagi, katakanlah syawalan MP'ers :)

    ReplyDelete
  24. locked.... tidak bisa diedit lagi

    ReplyDelete
  25. mb danti: okeeei

    mb intan: sip sip, makasih kunjungannya :D

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.