Monday, June 18, 2012

Beruntung itu...

Targetan meleset selama sebulan :|

Si Cakep kepingin ujian skripsi bulan Mei, sebisanya dia kerjakan garapan skripsteaknya sebelum tanggal 17 Mei lalu. Sayang ternyata dosennya molor waktu hingga seminggu lamanya kalau revisian, jadilah dia gagal lagi meluluskan targetan di pertengahan Mei. Walau begitu, pikirannya tetap positif. Mei akhir sepertinya bisa, begitu tekadnya.

Halaman-halaman depan (abstrak, ratifikasi, dll) ternyata masih harus revisi juga. Meski hanya sekali, tapi butuh waktu seminggu karena ngendon sama dosennya. Alhamdulillah, seminggu berlalu dan Cakep sudah punya 1 tanda tangan dari dosbing keduanya.
Tinggal dosbing pertama. Review dulu sebelum tandatangan dan mengurus ujian. Haiyahh... kena revisi lagi~
Berhubung udah males, Cakep break sampe seminggu. Terus ngadep lagi... alhamdulillah ditandatangani.
Ngurus ujian gak begitu sulit, toh sebelumnya juga udah dipersiapkan. 
Dipersiapkan sejak sebulanan sebelum ujian, termasuk juga slide powerpoint :|

Paling ketar-ketir ngadep kajur. Beliaunya sudah sepuh, jadi yah emosinya juga naik-turun begitu. Alhamdulillah datang di hari yg tepat: Kamis. Jam 11an datang, kantor ternyata penuh para dosen. Tumben, padahal sedang minggu tenang. 

Cakep semangat: kajur ada, dosbing 1 dan 2 juga ada. Nah, sapa tahu calon dosen pengujinya juga ada?
Masuklah ia ke ruangan kajur. Menyerahkan berkas, minta penguji.

Dreeeeddd 10 menitan selesai, dapet penguji yg seruangan juga sama kajur. Sip, si Cakep rela nunggu beliau dulu, mumpung pada ngumpul gitu.
Jeng jeeeng~ dosen penguji datang tak lama kemudian. Langsung todong tanya jadwal bisanya kapan.
"Sebenarnya ini minggu free, saya bisa pagi kok. Coba catet aja... saya bisa hari Senin jam 7 sampe jam 1. Selasa juga jam 7 sampe jam 1, rabu juga... kamis sama jumat juga bisa..."
"Selasa-Rabu ada SNMPTN, Pak."
"Ooo ya berarti bisanya ya Senin, Kamis sama Jumat aja..."

Cusss... tanya kajur bisa nguji kapan.
"Pengujinya bisa kapan?"
"Senin, Pak!" 
"Hah, kurang dari seminggu, pengujinya mau?"
"Bisa sih Pak, tapi Kamis aja ding~" 
"Jam berapa?"
"Setengah 8."
"Wah pagi sekali... tapi gakpapa saya usahakan."
"Makasih Pak."

Cuuusss... tanya dosbing 1 yg (juga) seruangan sama kajur.
"Permisi Bu, bisa nguji hari Kamis pagi?"
"Bisa..."
"(SIP) Makasih Bu."

Waktu menunjukkan pukul 12 lebih... Kajur dan penguji utama saya keluar bareng, mau pergi~ *pas pisan timingnya kan? Alhamdulillah, Cakep sedang dimudahkan. Whatta fortune.

Tinggal dosbing 2. Tadi pagi mah ada, tapi sekarang hilang. Ada yg bilang sedang rapat, tapi Cakep kuatir juga dosennya udah pulang. Maka di-sms-lah 1 dosen itu. 
Jam 3an sms dosbing 2 baru sampai. Beliau rapat di LPPMP di bagian barat.
Eaaa si Cakep cusss lagi ke sana. Ini artinya, surat ujian baru bisa diproses hari Jumat, karena Subag tutup jam 3. Ya sudah, selagi ada Jumat... semoga Cakep masih beruntung lagi.

Alhamdulillah, sesorean jam setengah 5 rapatnya usai, Cakep langsung menemui beliau.
Beliau udah yg senyum-senyum capek... *alhamdulillah senyum, biasanya dia jutek <--- kata si Cakep
"Lhooo kamu bilang udah hari Kamis..."
"Iya, kan mau memastikan Bapak bisa atau engga."
"Jam setengah 8 ya? Wah... saya harus nganter anak saya dulu jam segitu... kan suami yg baik itu harus juga memperhatikan anak (ea, bapaaak~). Mungkin bisanya baru jam 8."
"Oke Pak, makasih~"
Hari Jumat menyerahkan berkas-berkas ke Subag, pulangnya beli gudeg, terus manteng di depan lepi... onlen lagi (si Cakep loh, bukan saya ).

***

Hari Minggu tanggal 10 Juni, si Cakep kedatangan soulmate (temen sejiwa sependeritaan) sama adek-nya. Mereka nginep di kamar si Cakep sampe SNMPTN kelar dan baru Kamis pagi mereka pulang. Antara iya-iya tidak-tidak... tapi ya Cakep juga kangen ngobrol sama temen ngetehnya ini sewaktu mereka di kosan lama. Lagian dia belum kenal sama adeknya.

Selama 3 malam, Cakep harus bisa maklum bahwa ternyata adeknya soulmatenya ini radio-aktif. 
Dia semacam punya energi lebih ketika menjelang ujian-ujian semacam ini. Misalnya... baru juga nyampe kos dan rehat beberapa jam, dia udah mulai buka buku latihan soal, terus baca soalnya sangat jarang bisa pelan-pelan, kalau sedang parah (apalagi dekat hari H) baca soal akuntansi bisa nyampur sama lagu Wali. 
Itu tak cuma berlangsung dari magrib hingga agak malam, tapi keresak-keresak tanpa henti itu juga ada saat fajar setelah ia tahajud. Ia sendiri cerita pernah belajar sampe mimisan karena terlalu memaksakan diri untuk belajar. Mungkin ini yg namanya ambisius? :|
Dengan kondisi sinus dan batuk yg terus-terusan, Cakep salut bisa teguh dalam usahanya mendapat apa yg dia mau. 

Makanya pas ditanya dia mau ambil jurusan apa, dia jawab, "Bahasa Inggris mbak, aku udah bosen sama IPA. Aku capek belajar keras biar nilai IPAku gak turun."
Padahal Cakep tahu prestasi kerennya di sekolahnya dulu. Menjabat ketua OSIS walau perempuan, dapat kesempatan pertukaran pelajar ke Malaysia (payahnya pas gak bawa charger kamera jadi gak banyak poto-poto XD), muslimah yg jago nyanyi juga... wah, aktivis sejati-lah. 

"Aku bisa bertahan karena usahaku juga mati-matian, Mbak. Makanya aku benci kalo ada yg 'menyayangkan' kenapa aku gak ke kedokteran atau bidang sains. Mereka gak tahu usahaku bisa meraih itu butuh kerja keras. Kalaupun aku bisa masuk jurusan sains itu, usahaku bisa bakal lebih-lebih lagi tho mbak? 
Apalagi kalau ada yg rada mandang aneh pas kubilang pilihan pertamaku itu bahasa Inggris. Memangnya kenapa dengan bahasa? Kan sama-sama ilmu juga yah, mbak? Sebel kalo ada yg kayak mandang sebelah mata sama jurusan yg aku pilih. Sekarang aku cuma pingin masuk jurusan yg aku sukai. Titik." 

Semacam ledakan emosi yg lama dipendam ya?
Tapi sepicles~  *peluk adek si soulmate, ah~*
*ih, kok temen-temennya Cakep pada keren yak... 

Nah sekarang, ga usah malu buat menjawab yg tegas dan bangga ketika orang bertanya "Kamu ambil jurusan apa?" 
*tapi ya gak usah sambil tereak-tereak juga saking semangatnya~
Masing-masing bidang pelajaran pasti insyaallah berguna untuk masyarakat. Semua ilmu punya fungsi dan peranan masing-masing.

***

Rabu berlalu, kos cukup sepi karena SNMPTN telah berakhir...
Tinggallah Cakep sibuk ngeprint dan jadi tukang servis dadakan karena printernya sesekali mogok hingga kudu restart laptop beberapa kali demi selaras dengan printernya. Acara masak-memasak dengan soulmate sudah diabaikan, pikirannya sudah blank soal ujian esok harinya. 

Harusnya ia latihan oral buat presentasi sesering mungkin, tapi cuma 1-2 kali saja ia mampu latihan seluruh bahan skripsteaknya. Pikirannya benar-benar blank. Dia tak gugup, tapi seperti bingung total. Bahkan sepatu saja dia beli dadakan, lupa tak punya sepatu pantofel hitam. Beli dadakan deh~ *pantopel-pantopelan soalnya ga keliatan hak-nya 

 
Skip lah soal si Cakep yg banyak bengongnya... *gak menarik*

Singkat cerita, hari Kamis pagi tiba juga. Dingin.
Tamu-tamu Cakep juga sekalian pulang, ikut keluar juga pagi harinya.
Sudah jam setengah 8, ketar-ketir Pie belum menjemput padahal jadwal ujian jam 8 pagi.

Soulmate usil moto Cakep sama adeknya


Cakep dan soulmatenya berpamitan, seraya saling bertutur sukses buat ujian. 

On time. Whatta fortune~
Jam 8 teng Cakep masih bisa latihan presentasi di kampus. Tak apalah ditonton Pie seorang saja. Mau memberitahupun pulsanya habis, sedang gangguan katanya.
Tapi tiba-tiba ada pulsa 10 rebu masuk. Ternyata Pie minta orang buat ngisi pulsanya Cakep. Baik amat siiihhhh~
Whatta fortune ya?
Nge-mesej dosen-dosen lagi, juga nge-mesej teman-teman... minta doa.

Jam setengah 9 para dosen baru berkumpul. 
Rekaman sudah disiapkan, begitu pula Pie dengan hapenya. 
Cakep presentasi... tak seperti tadi latihan, tapi cukup baik memberi sebuah pengantar... *menurut saya sih~

Pertanyaan demi pertanyaan... berangkat dari sebuah titik pengantar ketua penguji, suasana dingin tak pernah menjadi panas untuknya.
Semuanya penuh senyum, penuh canda. Ada seorang adik tingkat yg nyelonong nonton dari awal. Dia tertawa lepas. Keras juga. Oh sial... tapi indah.
Whatta fortune, eh? 

"Could you say 'paradigma' in English?" Penguji utamanya nanya.
"Paradijem." *pada ketawa*
"Check your dictionary first."
...
"Oh... paeredaim..." 
*dhuaaarrrr! Muka Cakep berasa panas, tapi ikutan ketawa~
Menertawakan kecerobohannya tak ngecek kamus terlebih dahulu dari awal latihan presentasinya.

Beberapa vocab salah tulis, tapi oke-oke saja. Revisian masih menanti sebelum akhirnya mendapat nilai akhir. Ujian berakhir, Cakep keluar sambil tertawa-tawa.

Lega rasanya ketika ketua penguji sekaligus ketua prodi itu memberi kata-kata LULUS buat Cakep. Para dosen memberi ucapan selamat. Melegakan rasanya. 

Ruangan sepi, Cakep barulah memberi kabar pada Mamahnya di rumah.

"Assalamualaikum, Mah?"
"Waalaikumsalam... iya Teh, kenapa?"
"Aku lulus ujian."
"Hah... apa? Nggak jelas..."
"Aku sudah lulus, Mah."
"Lulus? Alhamdulillah..."

Adalah kelegaan yg luarbiasa mendengar Mamah berucap hamdalah begitu. Ada rasa haru, sekaligus lemas saking leganya (?).
Cuma ibu-anak yg ngerti kali yah... *benerin kacamata*

***

Keluar dari ruangan menuju ruang tunggu di dekat kantor prodi...
Teman-teman rasanya mulai banyak bertemu lagi. Yang lama pause skripsi juga datang. Bukan berniat melihat Cakep usai ujian, tapi banyak dari mereka mau mengurus perpanjangan waktu kuliah jelang registrasi nanti Juli.

"Hah, kamu wis ujian, Kep? Kapaaan?"
"Barusan."
"Waaa... congrats yaaa~"
"Heeehhh kok aku lagi ngertiiii~"
Blahblahblah..... nggguuuuuueeenggg~



Lho kok...


Ada Tuan Eks.
Whatta... gift! 




Ehm...
Udah ah~

*Cakepnya sibuk repisian, lepinya mau dipake dia dulu*
#alesan#


Agaknya sesuai dengan motto dalam lembar skripsteaknya Cakep:
Fa innamaal usri yusron, inna maal usri yusron~ 
Alhamdulillah.

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 10:39 PM
Kategori:

57 comments:

  1. barakallah di permudah

    cakep=vera ya :D

    ReplyDelete
  2. hahaha... kok nyangka gitu, mbak?? :))
    alhamdulillah yg penting ada yg lulus ujian bulan ini :D

    ReplyDelete
  3. Barakallaah
    Akhirnyaaa luluuss
    Eh Tuan Eks? Ehemm batuk2 mendadak XD

    ReplyDelete
  4. huehue... iyah makasih nty~
    *sodor komik

    ReplyDelete
  5. cakep ya cakep...
    puritama ya puritama... :))

    ReplyDelete
  6. tidaaaaaakkkkk~
    jangan tulis kata itu lagiiiii~

    *ngejoprak moco nopel titipan anak kos*

    ReplyDelete
  7. deuh, cakepnya tulisan ini...

    serasa muter2 alun2 jogja

    ReplyDelete
  8. aku naksir sepatune aja deh
    mumet mikir skripsi wong ga pernah kuliah xixixixi

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah~
    mas cyuga kalo kangen alun-alun jogja tinggal mbaca ini aja yaa~

    ReplyDelete
  10. Waaaa... Ikut bahagia membacanya mba.. Semoga aku pun bisa seberuntung itu.. Aamiin ya Allah.. #amatsangatberharap..

    ReplyDelete
  11. aamiin, aamiin, aamiin~
    cemangat, imaaa :D

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah, barakallah mba peeeeee, cuitcuiitt

    ReplyDelete
  13. iyaa ntar ta sampein ke si cakep...
    makasih yaa~ :))

    ReplyDelete
  14. nggak. nggak percaya banget. aku nggak bisa percaya. masa-dek-pera-ca...kep?eng... :I
    *lari*
    *nyolek kakak Desi*






    "Neng..."
    :))

    ReplyDelete
  15. veraaaaa
    barakallahu
    abis lulus masi di jogjakah?

    eh itu mr eks ngasi selamat gaaaa?
    qiqiqi

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah, nuwun mbak i~
    bingung mbak, kayaknya engga... iparku juga mau lairan... mungkin butuh banyak bantuan *naluri pembokat muncul :))

    ehee nggak mbak, dia kan ga kenal si cakep :))

    ReplyDelete
  17. jadi.. kangennya cuma sebatas upil doang?
    gitu sekarang?

    oke! fine! kita break!

    *minggat*

    ReplyDelete
  18. hai juga katanya...
    pria melambai.. :))

    ===dikeplak===

    ReplyDelete
  19. *ngakak*...itu si Cakep temenan sama Pie yah..*abis baca*

    ReplyDelete
  20. hah baru dibaca toh...
    Iya, temennya Pie juga~

    ReplyDelete
  21. baru baca tadi sebelom komeng pertama... :P

    ada nama pie sebiji terselip disitu.... :)

    ReplyDelete
  22. ada beberapa biji kok...
    Kok berasa janggal ya di komenmu ada ini ---> :)

    ReplyDelete
  23. oohh ada banyak yah....

    soal ---> :)
    karena diawal sebutannya kan bukan "pie" melainkan "soulmate"....jadi berasa ada yang lupa ngganti sebutan itu :)

    ReplyDelete
  24. *bingung*
    ngerti kah 'soulmate' itu siapa?

    ReplyDelete
  25. dunno....*angkat bahu*..

    jadiiii..siapakah solmet itu??

    ReplyDelete
  26. tadi ngiranya 'soulmate'ku itu Pipit ya?
    ehee.... ini soulmate dari jaman awal di kos lama~
    'soulmate' ini kusebut juga 'tamu' soalnya kan dia nginep :))



    ....


    *sepet liat om ustad~
    =___=

    ReplyDelete
  27. oohh bukan pie ternyata....*manthuk2*

    hihihihihihihihi emang sih...bikin sepet...senyumnya pak ustadz gak secakep senyumku...*pede*

    ReplyDelete
  28. weh, mamang kok malah merhatiin senyumannya? *ihirr~ hahaha

    bukan itu... mesejnya gak nyampe ke hati kalo tausiyah...
    *jarang dengerin soalnya


    *krik*

    ReplyDelete
  29. ohnoooo ketauan kalo saya saingan sama pak Ustadz....

    hihihihihi ternyata.....gak nyampe ke ati...
    ditambah berita nikahannya di inpotengmen...tambah klop deh...langsung males ngeliat :))

    ReplyDelete
  30. beruntung dah, gada tipi :|
    wah, mamang apdet gosip juga...

    ReplyDelete
  31. gimana gak apdet, lha wong selama 8 jam sehari x 5 hari 1 minggu selalu diliatin-paksa tayangan inpotengmen di tipi... *ngakak*..keracunan deh...

    ReplyDelete
  32. emak-emak cucok booooo'....*melambai*

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.