Wednesday, July 18, 2012

Angeun Katuk Dage


Description:
Masih masa anyar-anyar menyapih, ipar saya tentu butuh daun katuk buat memperlancar ASInya.
Nah, baru kali ini juga saya bisa nyicip daunnya sekalian yg dibikin masakan sama Mamah. Rasanya mirip sayur asem, mirip oseng kangkung juga, daunnya mungkin agak apa ya namanya... pahit? Tapi engga juga sih... enak deh :9

Kemaren ada sisa pepes dage aka oncom yg belum dimakan, ditambahin ke masakan, jadi rasa pedasnya cukup dari situ~

Dimakan sama nasi oke, digado juga enak :9

Ingredients:
Oncom (potong kecil)
Daun katuk
Irisan bawang merah
tomat
garam
gula merah
serai

Directions:
Stepnya kayak masak sayur asem, tinggal didih aer terus brak-bruk masukin bahan. Tunggu kira-kira daun udah hipu (apa ya bahasa indonesianya? Layu gitu deh...), kira-kira 10 menitan... baru masukin oncomnya.
Kelaaaar~

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 8:29 AM
Kategori:

24 comments:

  1. *roaming* hahahhahaha
    kayaknya enaaaaaaaaaaaaaaak

    -- apa sih yang gak enak? -- XD

    ReplyDelete
  2. mbak vera makan juga :D

    apa itu hipu? layu?

    ReplyDelete
  3. udah kuedit... mana yg roaming???
    enak kok, kuahnya seger~

    ReplyDelete
  4. iyaaa ituuu...
    aku makan mbak... bapakku juga makan XD

    ReplyDelete
  5. pinter apaan... pinter makan mah iya... mwahahha~

    ReplyDelete
  6. daun katuk dapatnya dimana ya?
    bentuknya aja aku gak tau hehe

    ReplyDelete
  7. bisa ditemui dimana ya? di pasar dijual? hehe

    ReplyDelete
  8. Kalau ga lagi menyapih boleh mam ini juga ga? Ada efek sampingnya ga?

    ReplyDelete
  9. hmmm di pasar kurang tahu juga mbak...
    biasanya para orangtua tuh *nglirik Mamah* palingan minta ke sodara yg punya tanemannya XD

    ReplyDelete
  10. boleeeh...
    bagus buat kulit sama rambut... kalo buat laki-laki tu buat vitalitas~
    tapi ada juga efek sampingnya:

    "Pada umumnya daun katuk (Sauropus androgynus) digunakan sebagai sayuran. Di Indonesia daun katuk digunakan untuk melancarkan air susu ibu, obat borok, bisul, demam, dan darah kotor. Daun katuk diproduksi sebagai sediaan fitofarmaka yang berkhasiat untuk melancarkan ASI (air susu ibu). Sepuluh sediaan fitofarmaka daun katuk sebagai pelancar ASI telah beredar di Indonesia pada tahun 2000.

    Ada laporan kerusakan paru dalam 7 bulan setelah konsumsi daun katuk mentah dengan dosis 150 g/hari dan setelah 22 bulan terjadi kerusakan paru yang parah serta permanen."

    lengkapnya dari sini dan situ

    ReplyDelete
  11. Ada temenku yg anti makan sayur katuk gitu. Katanya bikin bau badan. Mungkin iya mungkin enggak, yg penting katuk rasanya enak :))

    ReplyDelete
  12. iyakah?
    ehee... sayur kol aja aku makan kok... doyan bawang putih juga...
    alhamdulillah gakpapa,
    Intensitasnya kan bisa diatur... gak tiap hari makan to :D

    ReplyDelete
  13. dibotok juga enak kok ve..ibu pernah bikin

    ReplyDelete
  14. pami di abdi mah oncom sareng dage teh benten..ai dage mah tina galendo anu difermentasikeun...janten rada bau...:D tapi enyaaak bau ge hehehe

    ReplyDelete
  15. hahhahaha.....*ngakak tapi gak mau jawab...:D*

    ReplyDelete
  16. dibotok tu... biasanya daun singkong ya?

    ReplyDelete
  17. ooo kitu nya teh...
    he he... ieu dagena puguh tina pelas, janten teu bau :))

    ReplyDelete
  18. dage kui oncom... cuma teh ayu bilang dage itu beda sama oncom~
    'janten' itu 'jadi'~

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.