Monday, November 22, 2010

Binahong

Beberapa hari ini tenggorokan saya rasanya tidak enak, sakit untuk menelan seolah-olah di dalamnya membengkak. Seperti biasa juga Mamah kasih saran agar saya minum obat antibiotic yang bisa diperoleh di apotik. Tak lupa disarankan juga meminum sederet ‘suplemen’ lain demi tenggorokan saya.

Salah satu suplemen tambahan yang disarankan ialah dengan mengonsumsi tanaman herbal binahong. Tanaman binahong ini merupakan tanaman rambat yang hidup di lingkungan dingin dan lembab. Sekilas tanaman ini seperti tanaman rambat biasa, sehingga seringkali dipangkas karena dikira tanaman liar.

Biasanya Mamah merebus 7 lembar daun binahong untuk dijadikan semacam minuman herbal setelah sebelumnya disaring terlebih dahulu. sebenarnya ini hanya masalah selera saja: baik disaring maupun tidak, tak menimbulkan efek berbahaya karena merupakan ‘obat’ herbal. Rasanya seperti cincau, hanya saja dalam zat cair

Di Indonesia biasa disebut gendola (Basella rubra Linn), dengan nama latin Anredema Cordifolia (Tenore) Steenis. Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal.
Mamah sering mengonsumsi binahong karena merasakan khasiatnya dalam tubuh (menjadi segar). Belakangan saya tahu tanaman ini ternyata punya ragam manfaat yang belum banyak diketahui orang. Setelah search di Nona Gugel, saya mendapatkan banyak keterangan mengenai tanaman ini.

Selain khasiat yang dirasakan Mamah, binahong juga dapat menyembuhkan luka dalam dan luar seperti setelah operasi, typus, maag, radang usus dan ambeien. Dapat pula mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke. Pada intinya, khasiat tanaman ini dapat digunakan untuk pengobatan dalam maupun luar tubuh. Untuk lebih jelasnya, teman2 bisa lihat khasiat selengkapnya di sini atau sana.


selamat mencobaaa ....

salam sehat ala herbal... *pak hembing bangettt


Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 6:40 AM
Kategori:

51 comments:

  1. sepertinya akibat kebanyakan minum teh dah tu, ya mbak he..he..semoga cepet sembuh ya, info yang bermanfaat,

    ReplyDelete
  2. ahahaha.... teh itu bagus buat jerawat lhooo *ngeles
    yap sama2 makasih juga mbak ^^

    ReplyDelete
  3. dulu pernah punya kalo ga salah, pas awal2 boomingnya itu.

    ReplyDelete
  4. hu um, mas...
    mengejutkan juga kalau yang tahu khasiatnya, daun ini bisa dijual mahal juga perkilonya.
    Padahal kalau di sekitar rumah banyak banget yang dipangkas... :)

    ReplyDelete
  5. hahahaha tau aja kebutuhan ane ya ngeteh ah supaya jerawat pada kabur wkwkwkwwkw pagi puri

    ReplyDelete
  6. yah biasalah... wanita itu kalau mau tanda2 libur kan langganan... hahaha...
    pagi juga mbak ana :)

    ReplyDelete
  7. thanks ya Ve, btw kok aku jarang liat ya, kalo mo nyari d mana ya, d toko kembang di jual ga siy.. hehe.. kek bgs tuh.. :)

    ReplyDelete
  8. wah, terima kasih vera..atas tipsnya
    :)

    ReplyDelete
  9. di daerahku gampang banget dicari, mbak dian... *sayangnya orang2 pada nggak tahu manfaatnya :D
    daerah di mbak dian dingin ndak?

    ReplyDelete
  10. ndak terlalu Ve, cenderung normal.. aku tgl d jakarta.. :)

    ReplyDelete
  11. hmm... kurang tahu juga kalau di jakarta...
    tapi mungkin di sana sudah ada bisnis ini...? :)

    ReplyDelete
  12. udah lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ga maiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin..
    kumaha kabarna yeuh orang jogja he2..

    ReplyDelete
  13. uiiii, kamana waee kang....
    alhamdulillah sawangsulna...
    nuju di kuningan ^^

    kumaha kabar teh?

    ReplyDelete
  14. selain cuaca yg disebutkan di artikel itu, ada yang bilang binahong bisa tumbuh di daerahnya yg panas...
    mungkin didaerah tertentu di bontang juga ada, mbak...
    *fleksibel jugataneman ini ya... :D

    ReplyDelete
  15. waktu masih di bali, kami punya pohonnya. Sayangnya pengen nanem lagi di sini tapi belum tau di yogya dimana yg jual pohonya. Bener2 oke dh, kalau luka kita remesin daunnya sampai berlendir tempel, eh lukanya sembuh

    ReplyDelete
  16. Di rumahku ada tuh tanamannya... :)

    ReplyDelete
  17. iya ya bu? *belum coba buat tubuh bagian luar..
    heuheu, bener2 lebih ajaib dari doraemon ya? :D

    ReplyDelete
  18. klo gitu kirim ke humz ku .hehe

    ReplyDelete
  19. mungkin namanya berbeda kli ya.. hehe

    ReplyDelete
  20. iya mbak... masing2 daerah biasanya punya sebutan masing2 ya...
    coba dilihat ciri2nya aja ;)

    ReplyDelete
  21. Di rumahku di kampung fa... hahahaha

    ReplyDelete
  22. Hahahaha... buat konsumsi pribadi qeqeqe

    ReplyDelete
  23. kalau ada yg punya pohonnya aku mau ya, selama masih sekitaran yogya nanti aku datangi buat ambil

    ReplyDelete
  24. yasudah klo kamu pulang kampung aja.. hahax

    ReplyDelete
  25. dimana rumahnya? Ayo sini aku datengi buat minta pohonnya

    ReplyDelete
  26. mas mussssseeeeee... ditanyain bu nana niiiiihhhh.... :D

    ReplyDelete
  27. Minum Vodka saja yang 40 %...maknyooos...

    ReplyDelete
  28. di rumah ada, pernah mpe ngerambat lebat ke tiang listrik, jd sekarang ngerawatnya ga terlalu rajin, agak panjang dikit langsung dipangkas, nyokap minum.nyemil buat ngurangin diabetnya

    ReplyDelete
  29. abah:
    hahaha, vodka mah teu usum... *abah lagi kademan ya?

    Mas arif:
    wah enak tuh, yg di rumah sayah malah kecil terus :)

    ReplyDelete
  30. tumbuhan emang aneh mbak, cocok2an tempat tumbuhnya.. ada yg daun sereh jumbo di rumah temen saya tumbuh subur n emang besar2 daunya, tp begitu ditanem di tempat saya, hasilnya ga seperti yg tumbuh di tempat temen saya itu, yah tp yg namanya berkebun/menanam tetap ada keasyikan tersendiri he4x

    ReplyDelete
  31. wuee sayah jd keinget tanaman rambat dr bandung, aselinya ni indah ada bunga2 warna orange. Eee, pas ditanam di rumah malah ga brbunga, padahal daunnya dah rimbun. Hadeeeh, ga betah di daerah kami kali ya...?

    ReplyDelete
  32. tanaman itu juga terpengaruh tanah dan kondisi iklim di tempatnya ditanam. Coba binahongnya ditanam di tempat lembab kayak tempat pembuangan air, daunnya bisa gendut2 dan besar2

    ReplyDelete
  33. iya sih bu,
    tapi udah trlanjur ditanam di jalur rambat yg ga dicurah air. Jadi buat sementara ini biarin aja dulu, sapa tahu ntar sesubur tanaman rambat di atap rumah.. :D

    ReplyDelete
  34. smoga bisa tumbuh jg di sana ntar... susah cari herbal di sana...

    ReplyDelete
  35. hngg, kampung satunya dingin dan lembab kan?
    *mestinya mah ada di daerah gitu, mbak.. ;)

    ReplyDelete
  36. oke lah klo begitu..

    smoga bisa di umpetin di koper akarnya.. suka di ubek2 di bandara..

    ReplyDelete
  37. ga bisa dipangku aja mba?
    E mbak, sapa tahu di sana udah ada budidayanya...?

    ReplyDelete
  38. huhuhu .. org di Jkt aja gak bakalan lolos bawa taneman...
    ada di XOTUS di kota Delft , tp gak lengkap.. poon pisang aja di jual wkwkwkkk.. dah gt mahalnya naudzubillah..

    ReplyDelete
  39. di pesawat ga boleh bawa taneman mb? *maap katrok

    dipaket aja gimana? *kaga mikir ongkos XD

    ReplyDelete
  40. dibawa akarnya tp di tisu , kan cm 16 jam..
    ini tempatnya : http://www.xotuswebshop.nl/index.php
    tp klo kesana ya byk yg gak ada...

    ReplyDelete
  41. oo gitu ta caranya...
    *muga2 beneran ga ketahuan :D

    ReplyDelete
  42. berharap di halmahera ada hehe

    ReplyDelete
  43. udah berangkat ke sana teh?
    Tanaman ini kadang tumbuhnya ga terduga kok, teh. Kalau artikel di atas bilang mesti di daerah dingin, trnyata ada juga orang yg nemu tanaman ini di daerah panas :D
    *taneman ni kayaknya mood2an mau tumbuh dimana...

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.