Saturday, September 4, 2010

Gatau-gatau Terus Sih, Mony*t!



Bingungkah kenapa tumben saya posting dengan judul ga sopan seperti di atas? Saya hanya ingin curhat saja, kejadiannya secara langsung dialami pagi ini, tepat ketika saya mandang kacang mete di depan mata *frase terakhir  ini ga penting.

Orang-orang rumah sedang pergi, hanya tinggal saya dan si ragil yang kebagian jaga rumah *deuh, kesannya satpam bener yah?

Dari pagi saya ngendon di kamar, soalnya males nonton tipi dan ingin privasi aja ketimbang di luar kamar yang terkadang suka ada orang yang ujug-ujug nongol mau cari Apak atau Mamah.
Mi, ade saya yang paling kecil, asyik main game juga padahal tipinya koar-koar.  Tahu-tahu telepon rumah berdering. Otomatis, Mi langsung angkat, dengan etika standard tapi sopan.

Mi: “Halo?”
Pak X: “Halo, ini siapa ya?”
Mi: “Ini putrinya.”
Pak X: “Oh iyaa... Pak Arifnya ada?”
Mi: “Engga ada.”
Pak X: “Kemana?”
Mi: “Ga tau.”
Pak X: “Oh, Pak Arifnya lagi mod*l  kali ya... Kalo ibunya?”
Mi: (udah rada berjengit denger kata-kata itu) “Engga ada juga.”
Pak X: “Kemana?”
Mi: “Ga tau juga...”
Pak X: “Gimana sih, ditanyain kok gatau-gatau terus sih, M*ny*t!” (klik. Telepon diputus.)


Ehm. Begini, keluarga kami sebenarnya standard saja. Bukan yang sangat-sopan-sekali, bukan juga yang amat-sangat-kasar-banget. Kadangkala ketika orangtua kami berbicara pada teman sebayanya atau bahkan pada saudara-saudaranya, mereka berbicara pergaulan (sedang, tapi kadang termasuk kasar). Tapi saat berada di rumah, bahasa kami keseharian sudah termasuk sopan.

Saya tahu benar seperti apa rasanya dikata-katai seperti itu karena di rumah maupun di lingkungan tak pernah ada bahasa binatang ditujukan pada manusia. Sekalipun ada satu-dua teman kami yang terbiasa berbicara kasar, tapi kekasarannya tak pernah dialamatkan pada kami. Setidaknya, derajat kekasarannya tak sampai penamaan binatang.

Mi langsung menuju kamar saya, mendongeng kejadian yang barusan dia alami. Saya tangkap ada rasa dongkol dan shock di sana. Mungkin Mi membatin, “Saya manusia kenapa Anda menghewani saya?”

Beberapa detik lamanya saya terdiam, sampai memunculkan pertanyaan apa iya Apak punya masalah sama orang sampai sebegitu kasarnya mengatai orang? Ragu pangkat tiga banget. Beliau sering diminta mengimami ataupun berkhutbah di langgar ataupun surau. Meski di tempat kecil, tapi itu sudah cukup menyiratkan bahwa perkataan beliau pastilah baik untuk bisa dipercaya masyarakat.

“Sabar, Mi. Ujian puasa,” begitu kata saya akhirnya. (habisnya bingung harus komentar apa?)
“Padahal suaranya udah bapak-bapak gitu kayaknya, Teh. Kok kasar banget sih?”
“He he, terus kenapa juga kamu nggak tanya keperluannya apa?”
“Yaa... kan teleponnya langsung ditutup...”
“Ya udahlah, mungkin iseng aja itu orang.”
“Nanti kubilangin sama Mamah, ah...”

Memang sifat anak kecil itu tukang ngadu, tapi ya engga apa-apalah. Toh Mi itu sebenarnya ingin curhat karena merasa kesal dikata-katai begitu. Dia ingin pembelaan yang lebih besar dari reaksi saya barusan. Mungkin dia ingin saya juga ikut marah-marah dan mengutuk perbuatan tercela si penelepon *halah.
Tapi De, percuma juga kalau orangnya engga dikenal seperti itu. Kalau misalnya dia ada dihadapan mata, nah... barulah kamu boleh hajar sepuasnya itu orang...




"Tiada suatu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir."
(Qaaf:18)


"Tidak akan lurus iman seorang hamba sehingga lurus hatinya, dan tidak akan lurus hatinya, sehingga lurus lisannya. Dan seseorang tidak akan masuk surga apabila tetangganya tidak merasa aman dari kejahatan lisannya."
(HR. Imam Ahmad dan selainnya)


Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 12:25 PM
Kategori:

55 comments:

  1. Ishbir... Mungkin pas lagi ngomong jelek gitu, bapaknya pas lagi ngaca,mba..hehehehe *ngaco

    ReplyDelete
  2. kalo gueeeee gue maki maki balik, udah :D
    g sopan bngt.

    ReplyDelete
  3. mungkin bapak itu lagi bingung gk bisa mudik ke bonbin

    ReplyDelete
  4. astaghfirullah... kata2ku paling handap oge malah ngajak jogol ^^"

    ReplyDelete
  5. biasanya, perkataan dan perbuatan orang yang tak dikenal, amat jarang yang bs melukai perasaan kita. kalaupun ada, itu tak lebih dari 'embun di daun talas'.
    yang lebih melukai sebenarnya, adalah perkataan dan perbuatan orang yang kita kenal
    :)

    ReplyDelete
  6. hayoo.. telpon iseng, telpon berantai, telpon berjangkar XD

    ReplyDelete
  7. wedew.....penelpon yg aneh....
    kali ajah dari sebelom nelpon udah niat ngumpat tuh orang... :|

    ReplyDelete
  8. hu um, mungkin kami lagi sensi juga ^^
    tapi dari awal memang pakai kata2 ndak wajar, mas *kami jarang dengar kata2 begitu :)

    ReplyDelete
  9. tenang... ada om bajaklautnya di mari... heuheu...

    ReplyDelete
  10. wohoooo.. minta tanda tanganya dong ommmmmm XD

    ReplyDelete
  11. mungkin....
    yahh diambil positipnya wae....didoain semoga tersangka insap..*doa orang teraniaya (Mi yg abis di umpat) pan makbul*. :D

    ReplyDelete
  12. kuatir je, jangan2 Mi ngedoa yg superjelek... *suudzon detected ^^
    amal buat dia aja deh, muga2 pak penelepon diberi pencerahan...

    ReplyDelete
  13. wah, ketemu dewa poseidon katanyah, mesti bertamu dulu... :D

    ReplyDelete
  14. hmmh...aamiiiinn *komatkamit*
    ntu si Mi kyknya bukan tipe pendendam deh...doi tipe curhat-er (doyan ngadu ke mamah)...:D

    ReplyDelete
  15. seperhatianku, dia ini anak yg paling dewasa, lho *kakak2nya aja kalah
    agak gampang kepancing juga orangnya ^^

    ReplyDelete
  16. dewasa sekaligus lugu...makanyah gampang kepancing...PR buat tetehnya ngajarin biar gak gampang kepancing....

    ReplyDelete
  17. tapi tetehnya doyan mancing... *loh
    baiklah kaka ^^

    ReplyDelete
  18. ups....*diem, biar gak ikutan kepancing*

    ReplyDelete
  19. hari ini libur mancing, cuaca kuningan gelap...hmm

    ReplyDelete
  20. hrr....kyknya agenda mancing diganti ngabuburit diatas ranjang sambil ngemil kacang mete yah..*lho?*..xixixixixi

    ReplyDelete
  21. uwah, komen mengerikan...
    mancingnya diwakili uwak ajah... ^^

    ReplyDelete
  22. upss....noh opens..(baca: no offense)...kamsud sayah mah...tiduran sambil ngemil... :D
    heuuhh..uwak hobi mancing yak?

    ReplyDelete
  23. wah nek aku langsung tak uneke ntek ntekan kuwi,
    walaupun aku nek ngomong yo ga sopan2 banget tapi nek ono cah cilik diusahakan dekne ra krungu suoro elik, po meneh ngasi diunek2e

    ReplyDelete
  24. Hahaha... Klo gue pasti dah diumpat balik, mulai dari dia bilang 'ini siapa ya' pdhal dia blm ngenalin diri..

    ReplyDelete
  25. lha iyaa... itu bahaya buat yg puasa... *kebayang betapa lezatnya mete, hmm...

    hu um, uwakku doyan mancing. Kami kebagian ikannya aja deh, hihiy...

    ReplyDelete
  26. kalo aku juga pasti bakal tanya identitas dia, ketimbang aku nyebut identitas sendiri...
    yah, mungkin Mi belum terlatih untuk tanya identitas sama pesan kali yaa... ^^

    ReplyDelete
  27. hu um, mbak...
    aseli, aku yg denger juga ga tega kok ya ngomong kayak gitu ke anak kecil.. :(

    ReplyDelete
  28. gleg*ngabuburit smbil ngiler*..buka kali inih pake coklat mete kykny enyak nih..*ngebayangin*

    ReplyDelete
  29. sst, jangan sebut2 cokelat di sini ya...
    tadi ga sempet beli C.almond di warung... T-T

    ReplyDelete
  30. gyahaha, mupeng ma c*k*l*t batangan yah..*nyengir smbil timang2 silper kuin*

    ReplyDelete
  31. wah... setuju sama komennya nella... heuheu...

    ReplyDelete
  32. hmm... kaca tak pernah berbohong, bukan begitu teteh??

    ReplyDelete
  33. tp ver, suka ada kaca yg kalo aku ngaca di situ aku keliatan jelek. tapi ada juga kaca yg kalo aku ngaca di situ aku keliatan cakep... nah itu gimana?

    ReplyDelete
  34. anggap aja cerminan hati pada hari itu...
    kalo bagus, berarti kondisi iman sedang merekah *halah
    kalo jelek, yaa itu lagi ga beruntung aja...

    *astaghfirullah, seueur ngacamplung teuing geuning ateuh euy?

    ReplyDelete
  35. Awalnya mungkin lansung kaget yah denger kata-kata kayak gitu
    tapi kalau udah agak lama mungkin nggak usah dimasukin ke hati, soalnya kan nggak kenal :)

    ReplyDelete
  36. *nungguin balasan sambil nyelesai'in sahur jatah kuli*

    ReplyDelete
  37. hu um mbak, lama2 juga lupa... :)
    soalnya pas diceritakan ke Mamah juga, beliau marah2 (makruh deh). Persis berpikiran apakan Apak punya musuh... ^^
    Koreksian buat keluarga, mungkin pernah ada dosa yg tak disengaja :)

    ReplyDelete
  38. iya mbak, aamiin
    Sesungguhnya Allah menyukai orang2 sabar.... ^^

    ReplyDelete
  39. haha... makasih mbak... *dendam pun terbalaskan... ^^

    ReplyDelete
  40. That's what I thought, but I hv to confirm it

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.