Tuesday, September 21, 2010

Kolam Cigugur




Hampir seminggu lebih keluarga bibi saya liburan di Kuningan. Kalau dulu liburannya sebatas flying foxdi Waduk Darma, kali ini kami berlibur ke Cigugur.

Kolam Cigugur terletak di Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Ikan Nilem yang berada dalam Kolam Cigugur dipercaya dapat menjadi terapi bagi kulit. Atas informasi itulah kami menuju ke sana.

Ikan Dewa
Pada awalnya Kolam Cigugur bernama Kolam Ikan Keramat karena menampung ikan dewa atau ikan kancra bodas (ikan mas putih). Ikan ini dibilang keramat karena populasinya terbatas dan sulit dibudidayakan. Agar tidak punah, ikan pun dikeramatkan.

Menurut legenda ikan dewa tidak boleh dipindah atau dibawa sembarangan karena bisa berakibat buruk bagi yang mengambil. Konon, Kolam Cigugur terbentuk karena Sunan Gunung Jati menancapkan tongkatnya ke tanah di desa itu saat mencari air untuk wudlu. Sumber mata air itu masih ada di kolam terkecil dari tiga kolam yang ada. sumber asli


2 hari berturut-turut kami ke sana, haha....
Karena hari pertama kolamnya sangat penuh (sore hari sekitar pkl 4), beberapa dari kami merasa tak puas. Akhirnya keesokan pagi harinya, kami kembali ke sana. Wuuu... dingiiiinnn.... masih sepi pula...
bersantailah kami di sana bersama ikan-ikan kolam ^^

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 8:03 AM
Kategori:

20 comments:

  1. Tempatnya sering diliput di tv nih..

    ReplyDelete
  2. iya ya mbak?
    makanya keluarga juga penasaran ke sana ^^

    ReplyDelete
  3. waaaaaaaaaaaaaahh...aku juga pernah ke sanaa...

    waktu tu aku KKN 2 bulan di kuningan. Ditempatinnya di desa cileleuy kecamatan Cigugur. Ke Waduk Dharma juga pernah. Trus kita maen ke Palutungan... huhuhuuhuu...jadi kangen pengen ke sana lagiii...

    ReplyDelete
  4. ayo mbak amiii... kita ke Palutungaaannnn...
    *deuuu kangen berat sama hiking semasa sekolah X((

    ReplyDelete
  5. waah...iya segeer di sonoo..dingiiin :D

    ReplyDelete
  6. wew... turun gunung... ^^
    kapan2 ke kuningan (lagi) yaaa...

    ReplyDelete
  7. kyk ikan mas yg biasa dijual sebagai ikan hias yak.... :D

    ReplyDelete
  8. nah itu dia... sayah kurang tau jenis ikannya apa aja.
    Ikan putih ini cuma kulihat sebiji doang... yg lainnya hitam.
    tapi yg jingga kayak ikan mas itu juga cuma nemu 3 ekor ^^

    ReplyDelete
  9. hmm...emang yang gede kyk gitu jarang...soalnyah dipake buat indukan...gak dijual bebas sebagai ikan hias atau ikan bakar...nyamnyaaam....

    ReplyDelete
  10. wah, berpengalaman jadi oenjual ikan toh XD
    mang, pesen pepes hiji nya... ahahaha...

    ReplyDelete
  11. ahahaha, enggak tau tuh.
    Dua anak ini sepertinya penduduk setempat.
    Iseng2 kita lempar koin recehan, mereka sigap nyelam demi duit itu deh ^^
    * padahal hari pertama engga ada yang begini...

    ReplyDelete
  12. xixixixi..enggak koook...emang kalo buat indukan smua hewan ternak dan hewan liar yg dipanen kudu gede dan berumur cukup...
    liat aja tuh indukan udang laut dalam...guedheeeeee....ky ntu ikan mas... :D

    eniwei..sebelom pepes dimasak tuh ikan kudu ditangkap dulu..*sodorin jaring*

    ReplyDelete
  13. ahiaks *nyengir ganteng ala goofy*

    ReplyDelete
  14. pcy atau nggak. bolak balik ke kuningan eneng belom pernah mampir sekalipun di kolam cibulan liat ikan kancrah..

    kerjaannya makan karedok khusus masakan ibu ratu emalia hehehehe... uhhhh menih raossss pisan..
    gak ada tandingannya ^^

    ReplyDelete
  15. lha bukannya gedung tripanca di deket2 situ ya?
    Hihi ikan2 yg item itu pada syeremm..
    Yg lain pada nyemplung, sayah mah kalem moto2 aja deh :D
    itu karedoknya ada di daerah mana? Keluarga mah langgan sate sm pepes di Ulah Lali daerah jalaksana..

    ReplyDelete
  16. bikinan yang empunya rumahhhh kekekekeke....
    khusus dibikin kalo saya dateng ^^

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.