Saturday, September 18, 2010

'Kencan' Malam Minggu

Emak saya datang, hanya sebentar untuk menyampaikan pesan bahwa beliau tak bisa ikut arisan haji esok hari. Maksud hati ingin menemani mencari kahar (delman), tapi ternyata akhirnya saya menemani beliau pulang karena hari sudah maghrib. Tak tega rasanya membiarkan beliau pulang sendiri tertatih-tatih karena usia. Lewat stadion pula… jalanan pasti sudah agak lengang.

Sepulangnya dari rumah Emak, rumah masih sepi. Orangtua belum pulang dan saya menemukan sandal ukuran besar bergaya bapak-bapak di depan tangga. Olala… ada siapa ya?

Kucluk-kucluk saya menemui Mi yang kebetulan tengah berbuka dengan sepiring nasi di tangan.

“Teteh, ada Pak Azi. Mau ke Apak katanya…” *nama disamarkan agar saya tak dituntut *
“Pak Azi mana?” Terus terang walaupun sering mendengar nama beliau, tetap saja saya jarang menemui para tamu Apak.
“Ya yang itu deh pokoknya mah. Orangnya lagi sholat, tuh.”

 Dalam hati saya agak waswas juga. Pernah ada tamu Apak yang setengah stress masuk ke rumah tanpa permisi, dia menanyakan Apak dan menggasak makanan di meja (wohh, bahasanyaaa). Mamah cuma bisa diem kesel ngeliatin si tamu yang asyik banget makan dengan santainya, padahal tahu sendiri Apak sedang tak berada di rumah.

Bukan masalah makanannya, tapi khawatir ada kejadian tak mengenakkan di rumah kalau si tamu tak ditunggui. Belakangan kami saya tahu, orang aneh ini memang agak tak waras. Kerjanya memang meminta-minta uang ke rumah yang dia kenal. Nah, saya khawatir tamu yang datang itu yang rada stress ini.

Bakda sholat, Pak Azi menemui kami di ruang tamu (halah, padahal kagak ada). Saya mempersilakan beliau untuk icip-icip sedikit jamuan kami. Ternyata beliau dari Muhammadiyah, kebetulan sedang silaturahim dari tetangga terus mampir ke rumah Apak. Cerita-cerita pendek tentang puterinya yang mau menikah dengan anggota seorganisasi (Alhamdulillah), dilanjutkan dengan obrolan singkat seputar temannya yang juga saya kenal berada di Jogja.

Karena saya kasihan juga kenapa sudah ngobrol ngalor-ngidul begitu belum juga merasa haus, maka saya kembali bilang, “Mangga Pak,dileueut saayana.” (silakan dimakan seadanya)

“Oh muhun, muhun, haturnuhun Neng, ditampi muhun?” katanya. Saya mengiyakan.
“Wah gelasna… meni ageung-ageung teuing atuh…” komentarnya begitu meraih gelas yang kusodorkan.
Saya cuma nyengir sambil membalas, “Oh bilih wae bapak haus…”

Teringat tadi sore saya menyodorkan segelas (bukan secangkir) teh hangat favorit Emak, tapi tidak beliau minum. Akhirnya karena sayang mengotor-ngotori gelas, saya pakai itu gelas untuk Pak Azi. Hanya airnya saya ganti karena sudah agak dingin.

Meski begitu, tetap saja beliau memuji, “Raos Neng, tehna.” Sampai… beliau menyeruput teh itu sampai habis.
Haha, terimakasih ya Pak…

Ketika saya dan Ati bercengkerama, Ati menceritakan apa yang didengarnya sewaktu ia ngamar mandi.
“Tadi pas Pak Azi dateng, Ati lagi di kamar mandi, cuma denger aja dari sana. Yang nerima beliau itu Mi. Pas ditanyain soal Apak, mungkin Mi lagi sasah (gugup) nanggepinnya…
Masa’ bapaknya sampai bilang, ‘Tenang aja Neng, Bapak bukan mau nyulik kok…’
Wahahaha, Ati jadi ketawa-ketawa sendiri di kamar mandi…”

Weww... setidaknya saya tidak separah itu ya... , tabahlah Mi...
Ini memang malam minggu yang aneh...




Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 10:15 PM
Kategori:

21 comments:

  1. tehna amis neng, gelasnya lum dicuci ya??

    ver, apak teh naon??

    ReplyDelete
  2. haha, enggaklah... gelasnya kan masih bersiihhhh...
    *ya ampun ga percaya amat sih...
    kami manggil bapak itu pake sebutan 'Apa'...tapi berhubung kuatir salah tanggap,
    aku tambahin 'k' di belakangnya :D

    ReplyDelete
  3. amis yang mana nih?
    di sini kami biasa ngeteh tanpa gula, mas ^^

    ReplyDelete
  4. lha wong gratis aja crewet.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. ahahaha amisnya ngikut yang sunda aja deh,

    mas totok kuwi dudu komplein tapi memuji

    ReplyDelete
  6. ckikikikikiki......malming yg berat juga buat sayah :D

    ReplyDelete
  7. .......(0_0)....... nada2nya mau curcol nih...
    sibuk nyiapin acara halal bihalal? *intip fb

    ReplyDelete
  8. eits ketebak...gak jadi curcol aahh....*ngemil coklat*

    ReplyDelete
  9. hahahahax..
    serem juga ke humz mu malam minggu

    ReplyDelete
  10. iya e mbak, sering ada orang mabok lewat jalanan sini :(
    kemaren ada yang kelahi juga....
    ...hahh... dasar pemuda jaman sekarang...

    ReplyDelete
  11. hahax.. mw koment di home mu .. malah kaga biza.. kenapa y ?


    emang g ada polisi yang mengamankan kha diarea humz mu ?

    ReplyDelete
  12. satpam sih ada... *maklum daerah kantoran
    tapi pulisi mah jarang patroli ke sini... (- -!)

    ReplyDelete
  13. wajah tamu setengah stresna kaya gimana? *siap-siap umpetin makanan di rumah*

    ReplyDelete
  14. hahaha, sekilas kaya normal mbak...
    diajak ngobrolpun nyambung kok
    tapi ya gitulah, suka SKSD... celamitan juga :D
    *amankan makanaaaan!

    ReplyDelete
  15. lho lho lhooo.... kok engga lewat pintu? :D

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.