Wednesday, September 1, 2010

Tarawih penuh tingkah anak kecil

Malam ini sepertinya hari terakhir saya berjamaah tarawih di Muttaqien. Dari saban adzan di mesjid nun jauh sana sudah dikumandangkan, saya sudah siap dengan segala atributnya. Tinggal ngunci kamar, lalu capcus dengan semangat *halah.
Di jalan, saya celingukan kayak orang ilang. Duh, kok engga ada orang ke mesjid ya? Biasanya jam-jam adzan begini, orang-orang berjubah putih (maksudnya pake mukena) sudah berbondong-bondong dari segala arah. Wah, apa udah pada mudik ya?
Sialnya gara-gara ngelamun begitu, sajadah saya terjatuh. Olala, biarin deh. Saya doain aja muga-muga ga kena najis..

Setibanya di mesjid, makin bengonglah saya. Dua deret shof depan puteri, anak-anak kecil semua. Kebayang dong gimana ramenya?
Barulah saat saya ikut duduk di barisan shof, adzan Muttaqien baru dikumandangkan *oalahh, pantesan sepi banget..

Beberapa menit kemudian setelah menunggu sholat sunnah, isya kami ditingkahi gempita anak-anak.
Seorang anak mungil bermukena pink menuju ke arah saya..
"Mbak Nur, nganuu.. benerin mukenakuu, iki mlorot terus..," keluhnya pada orang di samping saya. Oh, mbaknya ini ternyata guru TPAnya toh. Dengan sabar, beliau membantu mengencangkan ikatan mukena si adik.

Giliran sedang semangat mau denger ceramah, eei.. penceramahnya engga hadir. Akhirnya diganti sementara oleh pengurus mesjid, dengan (tetap) ditingkahi lalu-lalang anak kecil. Entah apa yang disampaikan penceramah, wong soundsystemnya juga terganggu.

Masih dengan macam-macam tingkah anak kecil..
"Mbak Nuuur! Pinjem hapenya dong!"
"Sst, jangan sambil teriak dong. Nih, Mbak pinjemin.."
"Mbak, Mbak, anuu.. iki mlorot lagii.."
"Kamu jangan banyak gerak dong Sayang, nanti lepas terus ikatannya."
Butuh ekstra hati-hati menaruh kacamata saya: nyaris terinjak kaki-kaki kecil mereka. Sajadah saya? Hoho, jelas sudah kelipat sana-sini *soalnya saya bersajadah pakai sorban oleh-oleh khas haji, hihi.. (biar gampang nyucinya)
Anak yang pinjam hape mbaknya tiba-tiba membunyikan nada dering entah-lagu-apa. Si mbak langsung meminta si anak agar menghentikan bebunyian tersebut. Karena dicuekin, akhirnya si mbak memilih untuk 'merampas' hape agar tak mengganggu ketenangan.
"Kok engga boleh?"
"Biar engga berisik."
"Aku kan pengen.."
"Ga boleh, kamu kan masih kecil." *saya tak begitu konsen, jadi obrolan ini hanya kira-kira sajah
"Lhaa Mbak Nur juga engga boleh dong, kan.. kan.. soalnya.. soalnyaaa.." Si anak mikir-mikir alasan biar bisa ngalahin si mbak.
"Soalnya kenapaa?" tantang si mbak. Puas kali yak?
".. soalnya Mbak juga masih tua.."
Hihi, geli rasanya saya mendengar alasan ceplos si anak. Entah gimana raut muka mbaknya.. XD

"Maaf tadi sound-nya agak bermasalah. Blablabla.. Mari kita teruskan dengan tarawih. Untuk anak-anak, jangan ribut ya. Mungkin tarawihnya agak dipercepat. Tetapi kekhusyuan yang didapat mudah-mudahan jadi yang terbaik dihadapan Allah."
Pak, pak, kalau ditingkahi celoteh seramai ini, mana terbiasa saya khusyu.., saya membatin. *padahal sholat hening-hening juga belum tentu khusyu :p

Rakaat pertama tarawih berjalan, diiringi langkah kecil si mukena pink.
"Mbak Nuuur, mlorot lagiii.."
Diem. *wajarlah, kami dah memulai sholat
"Mbak Nur.."
Diem.
"Mbaaak..." si mukena pink mulai merengek khas anak kecil. Duh, ga tega tapi ya gimana wong lagi sholat *nah lo, terbukti ga khusyunya
"Mbak Nur!" Lagi-lagi rengekan adik mungil ini terdengar. Mungkin karena lelah merengek tapi tak kunjung direspon, ia memukul si mbak dan berlalu menepi. Terdengar teguran halus dari temannya.
"Kamu ini kenapa tho?"
"Inii, mukenaku mlorot.."
"Sini sini, tak bantu mbenerin." *duh, baiksekali dirimu Dik..
"Besok kamu bawa aja peniti atau karet," nasihatnya.
Ya Allah, saya terpesona walau akibatnya sholat saya mungkin tak berpusat padaMu. Ampun ya Rabb..


22 Ramadhan 1431
1 September 2010

malam yang 'beda' sebelum mudik :)

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 10:38 PM
Kategori:

31 comments:

  1. kalau aku telat, dapet shaf terakhir.. bisa dipastikan susah konsen :P seliweran dan rame banget

    ReplyDelete
  2. mb haya:
    Ya gitulah mbak, Muttaqien kan masih tahap pembangunan. Nek sekarang mah udah rada kelar.
    Kalau tahun2 sebelumnya, tarawih anak2 dan dewasa itu dipisah.
    Sekarang sepertinya diperluas (atau mungkin tempat yg anak2 sdg direnovasi), jadinya tumplek di satu tempat.
    Kemarin masih mending yg anak2 ditempatkan di belakang. Cuma tadi aja yg bikin aku rada enggan *ribut tenan, mbaaak..

    ReplyDelete
  3. seni sholat dlm keramaian..khusyu g mesti hening..heuheu..syusyah emang..*geleng2*

    ReplyDelete
  4. mas muha: ya itulah.. (- -!) fyuh

    kalau hening malah berimajinasi banyak. Ujug2 ada di rumah, ujug2 inget kerjaan, hedeeh.. *beban pikiran merasuk :D

    ReplyDelete
  5. gyaahhhh..idem..eheheh....padahal waktu seumuran SD kebawah dulu gak sesusah sekarang kalo pengen konsen sholat....

    ReplyDelete
  6. 'seumuran esde kebawah' gampang konsen ya? Weww.
    Kok sayah susah ya, diajak ngobrolpun sering minta diulang *bengong tingkat akut apa kenapa ya.. (- -!)

    ReplyDelete
  7. iyah...kalo sekarang mah konsennya gampang kepecah....kalo jaman SD kebawah kan belom mikirin banyak hal jadi gampang nerima masukan info...begitu juga urusan sholat

    ReplyDelete
  8. haha... sama aja ky masjid deket rumahku.
    malah ada anak kecil yg tiba2 teriak ke ibunya: "mama pulaaang... aku mau eek...!!"

    gegerlah itu semua ibu2 yg dengar...

    ReplyDelete
  9. bhuekekekek..kebayang bingungnya kalo jadi bapake tuh anak...

    ReplyDelete
  10. teh aida: hihi, itu mah mirip kaya cerita si aa yg lagi jumatan, ada orang telat datang usel2 lewat jejeran motor. Kesentil satu, rubuh semua.. jamaahnya jadi rada resah gimanaa gitu.. XD

    ReplyDelete
  11. mas muha: ya itulah, pikiran anak2 kan masih polos, jadi mau ngapa2in juga ga mikir banyak :D

    ReplyDelete
  12. hahaha... bikin rusuh aja yak yg kaya gitu...

    ReplyDelete
  13. setujuuuu...*pasang jempol 5*

    ReplyDelete
  14. teh aida: hu um teh, itulah akibat jam ngaret.. (- -!)

    mas muha: mas mas, promosiin diri jadi jempolers aja biar di-list sama kang jurig.. hoho..

    ReplyDelete
  15. ogah ah..naro jempo di sembarang tempat..ntar dikira nyepam..:D

    ReplyDelete
  16. alih profesi jd spammer deh..
    *untung di mp gada like-likean. Kalo ada aku bakal hengkang kayaknya..

    ReplyDelete
  17. yahhh..disini mah yg ada komen OOT..
    eniwei..Ve jadi mudik kapan?

    ReplyDelete
  18. ahahaha, terbawa suasana..

    Insyaallah malam ini pulang :)

    ReplyDelete
  19. syenangnyaahhh..mudik ndirian? ato dijemput babeh?

    ReplyDelete
  20. mase juga mudik tiaphari to? Aku dijemput tukang travel..

    ReplyDelete
  21. hiaaa..benull..pan cuman bberapa KM doank..
    xixixixi..baek pisan mas trapelnya... :D

    ReplyDelete
  22. aaamiiiinnn......*komatkamit*

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.