Thursday, February 23, 2012

Aksara Sunda

Heu... semoga yg komen lantas ga terus latah memfungsikan sunda-nya. Kesian yg gak bisa sunda malah puyeng bacanya 

Ini karena saya baru selesai baca buku Arkhytirema, yang menurut saya... Sunda pisan.
Memang bahasanya bukan sunda, tapi inspirasi istilah-istilah yg dipakai itu berasal dari Sunda. Insyaallah ntar mau bikin reviewnya.

Saya tertarik sama aksaranya juga karena buku tersebut juga punya huruf khusus. Heu, jadi keinget rajah-rajah kayak di mitologi gitu.

Setelah gugling, walah... ternyata suku Sunda juga punya aksara sendiri ...
Aksara/Huruf Sunda Kaganga Atau huruf Sunda Buhun berjumlah 32 huruf, terdiri dari, 7 aksara swara 'vokal mandiri' dan 25 aksara ngalagena (konsonan).

1. 7 aksara swara 'vokal mandiri'





2. 25 aksara ngalagena (konsonan)





Nyomot dari sini.

Sayang banget ini huruf udah hampir punah, untungnya udah ada yg inisiatif 'melanjutkan'nya dengan bikin font-nya, jadi bisa dipakai secara digital

Agak mengherankan juga sebenernya, kenapa aksara karuhun sendiri gak dipelajari waktu sekolah? Padahal Hanacaraka saja dipelajari temen-temen di Jogja.

Sayang aja, punya bahasa sendiri tapi gak dipake, punya budaya sendiri tapi pake budaya lain...


Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 2:37 PM
Kategori:

32 comments:

  1. Eh neng jiga huruf thailand en jawa nyak
    Hehehehe
    Bukunya judulna naon neng?

    ReplyDelete
  2. nu vokalna siga Arab...
    Buku terbitan Bandung kok, kudu pesen sigana... *akyu dong... minjem :))

    ReplyDelete
  3. dulu smp di bbrp sekolh msh ada yg bljr aksara inih hihi

    ReplyDelete
  4. lho adek ponakan di bandung daerah bandung barat masih diajari aksara beginian lho mbak. aku puyeng bacanya

    ReplyDelete
  5. kalo di bandung kayaknya masih ada sekolah yg punya materi ini.. *nunnjuk komen teh nia
    tapi di tempatku ndak ada ^__^

    ReplyDelete
  6. pelajaran yang paling saya ga suka ya bahasa sunda pas SMP-SMA.. hehehe
    apalagi gurunya lagi itu ngeselin banget :D *OOT*

    ReplyDelete
  7. wih...
    SMA ada basa sunda?
    Di sini mah udah ga belajar mulok Sunda, yg ada palingan karawitan..

    Jangankan hurup sunda, pelajarannya aja pusing. Guruna mesum.. *kebawa OOT

    ReplyDelete
  8. kalo ga salah ada..
    eh apa saya yang lupa ya? kalo saya lupa, berarti cuma sampe SMP doang :D

    ReplyDelete
  9. ehee...
    mungkin ada, tergantung kebijakan tiap sekolah juga soalnya.
    Di Jogja malah ada sekolah yg jadiin bahasa Inggrisnya cuma sebagai mulok (ato apalah gitu, pokoknya bukan pelajaran utama).

    Denger-denger banyak pihak yg minta untuk memasukan bahasa daerah ke kurikulum sampai tingkat SMA. Baguslah... biar tetep lestari lah seenggaknya.
    Adek sayah aja udah pake bahasa campuran Indonesia gitu, sundanya ga kentara... payah eui. *curcol

    ReplyDelete
  10. lhooo ini akasara karuhun yah...*barunyadar*

    keinget yang di gerbang Kawah Putih... :D

    ReplyDelete
  11. saya malah kepengennya ada pelajaran bahasa jawa dibanding bahasa sunda
    soalnya lebih berguna kalo mudik lebaran, hahaha

    ReplyDelete
  12. iiiiyaaaa~
    Kawah Putih yg dulu bareng ibu-ibu kae? Perasaan gada poto gerbangnya, ada tulisan gini kah?
    Agak mirip sama aksara kuno Sumatra, pager-pager ngunu.
    Kayaknya aksara kunonya masih ada, kemaren sekilas baca *gakditanya*

    ReplyDelete
  13. mirip banget...sayang banget dulu gak ada ide buat motretin gerbang itu...

    belom dapet pelajaran "komposisi" dan macem2 gituh...

    ReplyDelete
  14. mas bim ini asli jawa kan ya? tapi sekolahnya di bandung, gitu?

    ReplyDelete
  15. teknik motret?

    ehee... ya sudah belajar dulu, entar kesana lagi lain waktu

    ReplyDelete
  16. bukan asli jawa. ortu yang dari solo, saya-nya mah lahir di jakarta.
    sekolahnya di bekasi, karena tinggalnya di bekasi
    bekasi kan masuk Jawa Barat, jadi ada pelajaran Bahasa Sunda-nya :)

    ReplyDelete
  17. ooo... ehee iya ya kalo mudik mesti rada roaming ^__^
    tapi paling engga mah ngerti apa yg diobrolin kan...

    *kalo di jakarta... gada pelajaran bahasa daerah betawi ya? :inosen:

    ReplyDelete
  18. Téh Vera teh aslinya dari Bandung?
    saya masih suka liat ini, dipake buat nama jalan :D
    ga pernah diajarin di sekolah jadi ga tau cara pakenya..

    ReplyDelete
  19. Ehe.. bukan...
    Sayah dari Kuningan, 45 menitan dari Cerbon... *negesin Cerbon sama Kuningan tu kota yg beda

    suka liat tulisan karuhun yah?
    Ajib ternyata Sunda juga punya peradaban sendiri... *dari 'wilayah' kecilnya itu
    Sekolah saya juga gak ada pelajaran tulisan itu...

    ReplyDelete
  20. bahasa betawi mah ga perlu diajarin hehe

    ReplyDelete
  21. Baru inget Sinta Ridwan...
    sayang MP-nya udah di-cancel

    ReplyDelete
  22. Di TV lagi disuruh nulis 'PERSIB'
    jadi aja inget namanya...

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.