Friday, January 20, 2012

Candi Sambisari di Terik Hujan




Selasa kemarin saya dapat sms dari Ika. Dia ngajak saya buat pergi ke Candi Sambisari, baru saja dia pamer foto-fotonya pas di Garden.
Wah, gak disangka... Saptin ternyata ikut juga, tadinya saya pikir dia masih dalam suasana berkabung bundanya tercinta.

Well, perjalanannya sekitar 30-40 menit dari kampus... karena kami juga agak nyasar gimanaa gitu... *nglirik Ika*

Ternyata lokasi candi berada di tengah lingkungan kampung. Kalau yang tahu Tamansari
, naa.. mungkin belakang-belakangnya kayak gitu... soalnya udah 'nyatu' sama kampung masyarakat.

Pengen nangis sebenernya.
Masyaallah di sana indah, tapi kamera saya ngadat. Poket kamera cuma dipake buat jarak jauh, dan kamera hp juga kadang lama nge-save-nya... dan sering berakhir ricuh gagal kesimpen. Berkali-kali jepret juga kejadian begitu... *mojok menyendiri*

Inipun akhirnya saya minta beberapa foto dari Mbak Lia
. Berhubung kami juga gak selalu bareng sih, pencar-pencar asyik narsis masing-masing :)

Cuaca pas kami sampai bener-bener gahar. Pwuanaaaasss polllll....
Tapi herannya panas terik begitu udah terdengar gemuruh geluduk, padahal gak mendung... cuma memang berawan aja.

Benarlah... beberapa saat ketika masih ngaso, hujan turun mendadak tanpa diawali rintik-rintik. Langsung turun air segede-gede kelereng... *lebay*

Sambil berteduh bentar di pos keamanan, sambil tetep coba jepret-jepret juga. Ada beberapa momen yang terlupakan. Salah duanya itu gak melihat ke aliran drainase (ada di artikel bawah) dan melongok isi candi. Oh, dudul.
*makin rapet di pojokan*




________________________
Lokasinya di Kalasan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.
Setelah terkubur selama ratusan tahun, bongkahan pertama ditemukan pada tahun 1966. Memerlukan waktu 21 tahun untuk menggali dan merangkai ratusan keping "puzzle" dari batu itu sebelum akhirnya Candi Sambisari berhasil direkonstruksi.
Selengkapnya bisa dilihat di sini atau sana

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 8:55 AM
Kategori:

82 comments:

  1. wah, aku malah rung tau.. :D sepertinya sang fotografer beraliran #narsisography

    ReplyDelete
  2. ahahaha...
    enggaklaaah...
    gak bisa ngarahin gaya, mas..
    itu gaya dia kok.

    ReplyDelete
  3. melihat rumputnya yg hijau itu, pengen guling-guling rasanya :D

    ReplyDelete
  4. lebih baik enggak mbak rien...
    ini rumput apa ya... yg nantinya bikin nojos-nojos baju... *apaa gitu namanya :))

    ReplyDelete
  5. sebenernya enggak mbak...belum ke bagian belakang sama foto bagian dalam candi :(

    ReplyDelete
  6. kecil... tapi perawatannya lumayan apik :)

    ReplyDelete
  7. he he.. itu pake timer...
    temenku yg nge-set itu juga buru-buru lari biar kena poto :D

    ReplyDelete
  8. Ari TERIK teh lain kapanasan??
    Ari hujan mah jigana KUYUB kitu Neng??

    ReplyDelete
  9. muhun panas pisan bah...
    da teu mendung tapi ujug-ujug breg hujan ageung....

    ReplyDelete
  10. nojos-nojos apaan Ver? Lucu bahasanya :D

    ReplyDelete
  11. Apa *Timer* gak bisa distell??biasanyakan 2 Second dan 10...

    ReplyDelete
  12. ahaahha.. bahasa orang barat, mbak... :))
    "narojos" atau "nyocogan" kata urang sunda mah...

    apa ya... eeuu... nusuk-nusuk gitu deh... tanaman perdu yg suka nempel di baju itu lho mbak... :D

    ReplyDelete
  13. iya 10 detik...
    mungkin dia masangnya miring :D

    ReplyDelete
  14. orangjava saidNojos nu molongo.....hehehehe ahahaha... usil ... :))

    ReplyDelete
  15. Liburan akhir tahun kemarin kami main ke Jogja. Sepertinya ngelewatin lokasi Candi ini. Tapi kita ke Prambanan saja.http://hensamfamily.multiply.com/photos/album/53/Dumai-Pekanbaru-Purwokerto-Kebumen-Jogja

    ReplyDelete
  16. he he...
    tiket masuk ke prambanan sekarang berapa bang?

    ReplyDelete
  17. 30 ribu / orang. Katanya emang mahal pas weekend. Apalagi kemaren kita musim liburan.
    Btw, itu foto yang lebih dominan orgnya daripada candinya. hehehe.

    ReplyDelete
  18. he he.. masuk ke sini cukup 2000 buat orang dewasa :)
    candinya masih belum terkenal, jadi pas ke sana juga sepi.

    Ahahaha... kan udah dibilang.. candinya kecil. Jepret-jepret keseluruhan candi udah, tinggal orang-orangnya deh :))

    ReplyDelete
  19. terik hujan ituh hujan panas gitu yah mba??^^

    ReplyDelete
  20. lho sudah berdomisili di jogja to?

    ReplyDelete
  21. koq gak mampir di "Ayam penyet dan soto Sambisari?" :-)

    ReplyDelete
  22. ndak ngertos pak...
    ini juga diajak temen...
    kurang ngerti daerah kalasan juga soalnya... :(

    ReplyDelete
  23. hehehe...lagian itu warung juga sudah tutup setahun yg lalu waktu merapi meletus :-)

    di kalasan banyak candi tuh.....sampai ke prambanan.
    dan yg terbaru ditemukan candi "UII"

    ReplyDelete
  24. wah.. aku ketinggalan...

    candi UII dimana pak? boleh nih dijelajah... :D

    ReplyDelete
  25. wahhh...welkam to jogja...berhati nyaman :-)
    kapan2 kalau ke gunung merapi mampir..hehehe

    ReplyDelete
  26. di komplek kampus UII JL Kaliurang KM 14

    ReplyDelete
  27. ahahha.. udah beberapa taun di jogja belum pernah ke daerah situ...
    gak punya kendaraan... ^__^

    ReplyDelete
  28. kebayang adu panco disitu :))

    ReplyDelete
  29. inih lightroom kah? cakep tonenya ....tapiii...meleset yah?

    ReplyDelete
  30. ...
    coba dulu beneran mesen capucino float ya... *pengen lagi*

    ReplyDelete
  31. 2 punggawa adu panco di bawah bulan purnama.. *eaaa

    ReplyDelete
  32. meleset kumaha maksadna?
    sayah agak gimanaa gtu ngeliatnya, kurang soft kali ya...

    ReplyDelete
  33. pasti enak, cola float aja udah nyam-nyam banget.... :D

    ReplyDelete
  34. pokusnya meleset...ehh atau jangan-jangan karena noisenya yah malah jadi ilang focusnya...

    ReplyDelete
  35. belum pernah kalo cola.. jarang minum juga sekarang, mesti efeknya dahsyat nek minum :D

    ReplyDelete
  36. engg... tapi ini kecil lho.
    cewek duduk aja kayak jongkok.

    ReplyDelete
  37. mmmmmungkin..
    huehue pengen kena rumput juga, malah entah-mana-pokusingnya... ^__^

    ReplyDelete
  38. iya...rambut langsung berdiri macem kawat baja *lebay*...

    ReplyDelete
  39. brarti kalo cowok gak pake duduk, langsung lesehan wae....

    ReplyDelete
  40. *nyengir*..makanya pake si Ica saja.....*komporin*

    ReplyDelete
  41. ................ dahsyat sendawanya... (^__^#)

    ReplyDelete
  42. yayayaya..sendawa tajem yang bikin hidung dan mata panas itu kan??? kalo cola rasanya gak setajam itu...
    lain kalo sprite...tuajeeeeeeeeemm

    ReplyDelete
  43. hayahh... poket aja masih ga optimal... gimanah analog?
    lagian gak bakal mau dipinjemin kayaknya... -__-

    ReplyDelete
  44. penake soda......... *sama ya? :))
    YouC1000 ajah, seger..

    ...
    ato lemon squash sekalian... *lumer

    ReplyDelete
  45. semboyannya suhu analog jaman baheula "10000 foto pertamamu adalah kesalahan"... wajar dong kalo baru make masih belom bisa bener... :D

    lhaaa Ica punya Om AK pan udah sehat...tinggal jemput doang :P

    ReplyDelete
  46. soda aja lebih lembut....*kebiasaan nyeruput sogem*
    you C 1000?? asemnyaaa... takut...

    lemon squash.....eta naon nya???

    ReplyDelete
  47. nggak, yg dulu pernah ta tunjukin tu rusak lagi.
    jadi yaa blas gada kamera bener kecuali hape.

    ReplyDelete
  48. kata mamang soda aja lebih lembut....*kebiasaan nyeruput sogem*
    you C 1000?? asemnyaaa... takut...

    lemon squash.....eta naon nya???


    wekeke... wong sodanya dari fanta bening tho..
    you c tu enaknya yg orange... *padahal belum pernah coba yg lemon =))

    inih lemon squash...


    jelas lebih asem dari you c sih.
    itu dari perasan lemon ato jeruk nipis dipake fanta bening :d

    asemnya... 11-12 sama jeniper, cuma dia gak berbau kayak jeniper..

    ReplyDelete
  49. deuuhh..kasiman sekali....*membayangkan momen terlewat tanpa dokumentasi*

    ReplyDelete
  50. walaaahh kalo gitu mah enakan jeniper, ada aromanya.... :)

    ReplyDelete
  51. nahlo?? mosok jeruk nipis aroma obat?? jeruk nipis yang aneh

    ReplyDelete
  52. lha ituhh...momen ujan turun :D

    ReplyDelete
  53. jeniper itu kan udah kemasan botol..
    bau obatnya tu mungkin dari bahan pengawet ^__^

    ReplyDelete
  54. nah..prasaan di tulisan diatas dijelaskan kalo tiba2 ada ujan kelereng deh....

    ReplyDelete
  55. o ya?

    o iya...

    eh iya ya... *geje

    hahah.. pan itu udah ada hasil hujannya :D

    ReplyDelete
  56. *gogodeg*...punya amnesia temporer macem sayah juga ternyata :))

    ReplyDelete
  57. *nyengir*..semoga ndak berlanjut :D

    ReplyDelete
  58. Foto yg ini suka banget, cantik sekali,Thanks sharingnya mba.

    ReplyDelete
  59. hihi... nuwun om...
    sami-sami... makasih sudah mampir...

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.