Wednesday, January 18, 2012

Obrolan Ringan Senin Siang


Kemarin saya kumpul-kumpul bareng teman-teman seangkatan. Nggak begitu banyak, cuma beberapa orang aja. Sudah lama juga gak ketemu saking beragamnya kegiatan yg mereka geluti sekarang, mana kosnya udah pencar-pencar susah dijangkau kendaraan umum pula... hadeh.

Dari pagi saya udah siap-siap ngampus, ngueeeeenggg.... bareng Pie ke butik... eh, ke konter hp. Bukan buat beli hape baru yg harganya milyaran... bukan buat beli odol di situ kok. Cuma beli charger buat mister X. Semaleman hp cenatcenut bunyi-bunyi melulu.
Ya sudah saya suruh tidur dulu dia.

Tahu-tahu pagi-pagi Mamah tilpun. Waduh... bakal habis napas nih, pikir saya. Wue e e... ternyata salah. Baterenya masih ampuh buat dipake tilpun nyaris 2-4 menitan, padahal udah tanda merah.
Alhamdulillah, dapet.
Chargernya dong.

Terus mampir ke perpus bentar... kuatir pak perpusnya lupa sama muka saya... *ditoyor
Nggak ding, ada perlu sebentar aja, ngecek beberapa sumber njur keluar... langsung ke Garden, berhubung nongkrongin kampus buat nunggu temen-temen adalah hal yang gak ngenakin, karena sinyal bakal hilang dari peredaran kalau masuk ke gedung IKM :D

Kami banyak obrol-obrol, tentu. Bukan perempuan namanya kalau tanpa obrolan hot.. *halah, uopooo
Termasuk saya agendakan *uhuk* obrolan soal SOPA dan PIPA. Karena socmed yang katanya paling banyak pengguna itu adem ayem sekali sama isu yg belakangan gempar di multinesia.



Sepertinya mereka baru akan ngeh kalau tiba-tiba pas enter facebook.com malah keluar ‘page not found’... terus para galauers serempak sms ngomongin soal ini pada sesamanya dan jaringanpun mendadak sibuk, ATAU tiba-tiba mbah gugel wafat dan para pencari informasi ikut jamaah galauers, ATAU tiba-tiba jurnal pendidikan mendadak blank dan mendadak terdengar raungan-raungan maut menyayat hati di setiap gedung pendidikan... terus, again... ikut jemaah galauers. Provider kaya raya deh.

Kami ngobrol sambil diiringi musik, tentu.
Salah seorang teman saya nyeletuk, “Eh, kalian ngerti gak sih lagu yg lagi diputer ini?”
“Ini kalo dirungoke liriknya serem lho,” lanjutnya.
Kami mendengarkan untuk sesaat. Tapi karena situasi yang terbuka dan tepat berada di samping jalan, saya benar-benar tak sabar untuk bertanya “Jawa ya?”
Teman saya mengangguk sambil sedikit menyanyikan potongan liriknya...
“...tumpakane kereto dowo, rudo papat rupo menungso... Lah, kereta panjang kui maksudnya itu kan... keranda. Terus rodanya empat... berupa manusia. Berarti kan digotong pake orang ngunu toh...”
Hiiih.

Lagu begitu diputer tengah hari, tumben. Itupun gak tau disimak pengunjung apa nggak. Belakangan saya tahu itu lagu judulnya Kereta Jawa, sholawat campursari thooo...
Tapi kesereman itu cuma bentar. Yang lebih-lebih-lebih serem lagi muncul kemudian.

Selanjutnya temen kami itu ngakak dhewe. Kami sampe memusatkan perhatian sama dia. Obrolan serius lain lagi-lagi terhambat.

“Haduuu... gilak yah... aku prihatin sama lagu-lagu sekarang. Kalian merhatiin lagu ini gak?”
Kami menggeleng.
“Ini tuh judule asolole.”
“Asolele? Apaan itu?”

Dengan dramatis, dia meredahkan suara sampai volume 1:
“Asosiasi lonte-lonte.”
Lalu dia ngakak keras di volume 5... nggak ding, volume 3 deh.
Mungkin jauh di lubuk hatinya nangis pedih di volume 10 :p

“Heeeee... tau dari mana?”
“Aku yo dikasih tau masku. Walah, ta kira lagu apaan...”
“Ho o yoh, lagu jaman sekarang pada ga mendidik.”
"Mending lagu-lagu dangdut sing biyen-biyen ya? Bagus-bagus malah..."
"Yeah... walau liriknya juga banyak yg hopeless gitu sih..."
“Lagu Hamil 3 Bulan juga... sama aja parahnya,” celetuk yg lain. Semua menghela napas panjang.
“Wue e e... anak XYZ tuh juga korban. Masa ya lagu Hamil 3 Bulan itu jadi lagu wajibnya. Kalo gak diputer lagu tu yo ra gelem de'e...”

Semua pada pasang tampang datar. Terus lanjut obrolan selanjutnya.




Duhai musisi, dimana para pengukir lirik lagu anak-anak yg pernah jadi hits di era 90-an? Yg penting sekarang... mana generasi penerusnya? Apa gara-gara lagu anak itu tak ‘menjual’ di pasaran sehingga enggan mencipta sebuah musik yg cocok untuk anak-anak? Paling enggak, lagu netral deh... kayak lagunya Gita Gutawa feat Ada Ben “Terbaik Bagimu”. Gak kalah bagus kok.



Sebetulnya gak sepenuhnya hilang, cuma ‘terbenam’ aja. Setahu saya lagu-lagu anak masih cukup eksis di frekuensi radio. Tapi ya ituh... sepertinya radio kalah pamornya sama media audiovisual semacam tipi dan internet.

Baru kejadian kemarin terlewatkan begitu saja. Lah kok ya di lapak sebelah ada yg nanya asolole apaan. Hahaha... niat mau ngasih tahu tapi kok rasane jemari ini tak tega menuliskannya... halah.
Akhirnya biar saya bikin jurnal sajalah sekalian, buat nambah input postingan itung-itung latian nulis lagi.

Udah ya.
*tarik sarung*






gambar dari sini dan sana



Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 9:55 AM
Kategori:

42 comments:

  1. itu yg lagu anak2... hmm... apa ya namanya, aq gak tau persis, not2 yg dipake di lagu anak2 itu sederhana, mudah dinyanyikan. sedangkan sekarang para pencari "bakat" menantang para penyanyi anak2 di notasi2 sulit dengan interval yang tidak semudah lagu anak2... dan lagu2 "menantang" itu ada di lagu2 orang dewasa... *analisissokteuliat2tipi

    ReplyDelete
  2. ya ampuuun trnyata itu to ve singkatannya, untung aku ga jadi nanya.... Papa T. Bob tuh gimana kabarnya ya?

    ReplyDelete
  3. kalo disini terjemahnya bukan Asosiasi tapi "Assalamualaikum" *gubraks*

    ReplyDelete
  4. nyahahahha...
    odong-odongnya gak masuk tipi sih ya...

    ReplyDelete
  5. ho oh... ta kira istilah apaan..
    baru tahu juga ada lagu itu... :))

    ReplyDelete
  6. iya yah...
    pencari kualitas nyanyi anaknya yg tu pake nada yg sulit ditiru anak.. sama aja boong... ="=

    ReplyDelete
  7. wekekeke.. iya... ta kira jenis beras apaa gitu... :p
    pencipta lagu anak jaman dulu dah pada sepuh fin, kesian juga kalo mesti ngampanyein lagu anak :)

    ReplyDelete
  8. waduhhh....kalo udah meledak berceceran gini yang susah yang nyulut....*bingung ngumpulin potongan tubuh*

    ReplyDelete
  9. hahaha...
    ojoooo.... syahidnya ntar aja.

    sekarang jalan-jalan sek... *nglirik misterius

    XD

    ReplyDelete
  10. bahaya wae... ="=

    syahidnya ntar aja...
    sekarang pergi dulu.... *nglirik sinis penuh misteri... halah

    ReplyDelete
  11. Asolole Ver, kalo Asolele ntar jadi Asoiasi Lele XD

    Wah saya malah tau singkatannya dari Vera nih, tapi sebelumnya dah ngerasa pasti kepanjangannya ngeres secara itu istilah datangnya dari syair dangdut koplo (bukan yang anak MP yak XD).

    ReplyDelete
  12. kata Verahahaha...
    ojoooo.... syahidnya ntar aja.

    sekarang jalan-jalan sek... *nglirik misterius

    XD


    kata Verabahaya wae... ="=

    syahidnya ntar aja...
    sekarang pergi dulu.... *nglirik sinis penuh misteri... halah


    wakakakak..sampe dobel komeng gituh...*ngeliatin*
    ehh mau kemana emang?? *mautauaja*

    ReplyDelete
  13. oo iyakah...
    nyahahaah... pantesan.. kirain apanya rojolele...

    tapi barusan temenku yg lain juga kepanjangannya idem kayak mang muha
    mupengml saidkalo disini terjemahnya bukan Asosiasi tapi "Assalamualaikum"

    ReplyDelete
  14. koneksinya kritis tadi... komen gak keluar getoh, mang.

    tunggu ajah postingannyah...
    *ngikik misterius

    #halah :))

    ReplyDelete
  15. ooohh pasti candi apa tadi yah??

    ReplyDelete
  16. hu um mbak... :(
    pikiran anak-anak udah dipaksa dewasa

    ReplyDelete
  17. tuh kan keduluan ngomen... ~__~

    iyah... candi yg itu :D

    ReplyDelete
  18. lagi ngedit...
    Nungguin po? Jadi gak enak.. *ge er*
    Santay atuh. Palingan minggu depan..

    ReplyDelete
  19. *ngeliatin yg mlipir*..sarapannya belom disentuh tuh....*nunjuk jatah sarapan*

    ReplyDelete
  20. ngopi doank...inget tuh perut...nyetok obat maag kan?

    ReplyDelete
  21. *nyodor SQ (pirtual)*..seenggaknya benda ini bisa menetralisir asam lambung (baca: rasa lapar) :))

    ReplyDelete
  22. ahaha, makasih.. *ganjel secara maya juga :))

    ReplyDelete
  23. aselinya ndak keganjel yah? *ngeliatin*

    ReplyDelete
  24. adekQ yg bungsu (kelas 3SMK) suka bgt tu ver, bilang 'asolole' kalau gek nesyu..
    q refleks pengen nendang dy begitu denger dy nyebut kata itu...
    emank sih...q tu gak ngerti kalu tu singkatan'e yg di atas...
    cumannn...liat tulisan sama denger kata itu lgsg bikin darahku naek aja =__= *q yg pemarah x ya**
    hmm..untungnya..adek2 di rumah ga berani muter lagu2 kek gt...
    takut kena 'pencerahan jiwa' dari abahQ...
    jadi ponakanQ masih denger lagu anak2 jaman dlu yg uda q dunlut :D

    ReplyDelete
  25. baguslah..
    Kalo liat anak2 printil ibukota mah ngeri. Boro2 pengen sun pipi karena gemes saking lucu/polosnya, malah gemes pengen jitak saking kurang ajarnya..

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.