Tuesday, January 24, 2012

(Recipe) Nugget Ayam

Rating:
Category:Other
Postingan dari lapak sebelah.
Udah lama sih, tanggal 11 Nopember taun lalu. Dulu teh ragu-ragu mau mosting ini teh. Tuda ge asa teu pede kumahaa kitu... da tara masak tea ti kapungkurna teh.
Naa... yen ayeuna lami tara mosting nu baleg *halah punten janten rumaos kasar yeuh*, mumpung keur salse abdi repost waelah


Aselinya kaka ipar saya dapet resep nugget dari internet. Berhubung orangnya suka coba-coba resep, jadilah saya ikut ngrewangi bikin nugget. Bahan-bahannya lumayan sih, hampir swalayanan semua belinya. Mangga dicobian ku sorangan di bumi, nya...





Bahannya:
- 1/2 kg daging ayam
- 1 sendok gula pasir (pokoknya dikit aja)
- 3 buah roti tawar (buang kulit keringnya) yg sudah disuir-suir
- (option) 1 buah wortel dipotong suir-suir
- 3 butir telur ayam
- parutan keju chedar
- 1 kotak kecil susu fullcream (kami pake susu ultra yg biru itu looooh)

Bumbu:
merica dan bawang putih sesuai selera
(kami pakai mericanya lumayan banyak dan 4-6 siung bawang putih)

Caranya:
- daging ayam digiling (boleh juga diblender)
- campur semua bahan termasuk bumbu yg sudah ditumbuk, aduk sampai rata (kejunya cukup 1/4 - 1/2 batang aja yaa)

Setelah adonan telah tercampur, masukkan ke dalam loyang untuk dikukus. Jangan lupa loyangnya dikasih mentega dulu biar ngga nempel :)

Tunggu air mendidih, barulah masukkan loyang berisi adonan ke dalam panci. Sebaiknya tutup panci diberi kain agar air uapnya tidak menetes ke adonan. Tunggu sekitar 30 menit, kemudian angkat dan tiriskan dulu:





Pe-nugget-an:
- potong-potong isi nugget memanjang (besar/kecil sesuai selera
- celupkan potongan-potongan itu ke dalam telur, lalu taburi dengan tepung roti
- goreeeenggg....
- angkat dan tiriskan






Saran saya, tepung rotinya yang halus aja. Kemarin itu kaka ipar bikin yang kedua kalinya. Yeaa... lumayan... walau bentuknya gak nugget-nugget amat
Agak repot... iya, memang. Tapi mengingat mengurangi kadar macem-macem yang kadang ditambahin para oknum penjual makanan... juga ngurangin MSG dalam makanan, bolehlaaah dicoba.

Hahaha... tempat saya ga ada 'recipe' jadinya masuk review ajah
Selamat mencoba.



Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 11:39 AM
Kategori:

84 comments:

  1. hoooo ternyata gampang ya bikin Nugget sendiri
    dulu pernah bikin, tapi pake ikan
    trus aku bikinnya kebanyakan pala hahhahaha aneh rasanya *tapi yo enak, soalnya habis*

    ReplyDelete
  2. coba aku dirumah sendiri pasti langsung praktek

    ReplyDelete
  3. MP jadi rame Masakan....hehehehe...aku sedang malas masak.......

    ReplyDelete
  4. adaan pempek juga?
    aku pengen dibikinin pempeeeekkkk :D

    ReplyDelete
  5. abah kan tiap hari masak...
    ayoo masak udang bah... hihi...

    ReplyDelete
  6. ngilerr... jadi laper lagiii :P

    ReplyDelete
  7. ahahah... alat kukusnya cuma punya ini.. pake yang ada ajalah ^__^

    ReplyDelete
  8. urang sakit pan masih bisa ngiler :P

    ReplyDelete
  9. oh...
    udah bisa melet ya... berarti udah sembuh... ^__^

    ReplyDelete
  10. aameeenn...
    setengah sembuh sih...rasa laper masih tetep menyerang...cuman diimbangi sama pala "tuing-tuing"...

    ReplyDelete
  11. beu atuh ngadamel...
    coba pakai daging selain ayam... hasilnya di-share yah ;)

    ReplyDelete
  12. maem bubur kacang 3 mangkok ateuh, mang...
    wekekeke... makanyaaa cokelatnya buat sayah aja :))

    ReplyDelete
  13. Pake tempee bisa ga teh?? murah meriah :p

    ReplyDelete
  14. cokelatnya barter sama burjo deh... 1 banding 3 :D

    ReplyDelete
  15. ummm... coba ajah...
    kalo sukses share yah, mbak...
    sapa tahu bisa dibikin di kos :d

    ReplyDelete
  16. boleh...
    tapi cokelatnya yg jumbo ya =^^=

    ReplyDelete
  17. huehhehe.. Insya Allah teteeh ^__^

    ReplyDelete
  18. ahahahhassseeekk... ^o^
    ada yg mau ujicobaaa :d
    ta tunggu hasilnya loh mbak...

    ReplyDelete
  19. segede bantal mau yah?? tapi bantalannya doank....cokelatnya tetep seukuran chunky bar :P

    ReplyDelete
  20. bantalnya gak usah, maunya cokelatnyah.... sukur yg 1 kg...
    gimana? deal?


    *siap-siap lempar 3 mangkok burjo =))

    ReplyDelete
  21. :))
    pantesan cenat cenut... keakean pikiran...

    ReplyDelete
  22. blm pernah nyoba pake keju...kayannya lebih gurih ya teh...

    ReplyDelete
  23. eeeh.. teh ayu henteu nganggo keju?
    rasa asinna ti mana teh? ngangge uyah?

    gurih sih.. tapi aku jadi pengen coba yg tanpa keju... :D

    ReplyDelete
  24. sigana mah enak kitu sih teh...
    lebih.. naon nya.. kentara hayam na...
    pengganti asin garem di sinih pake keju, blas henteu nganggo uyah :D

    uyahna sakumaha kanggo porsi sakieu teh?

    ReplyDelete
  25. hihihi abdimah pami ngauyahan tara ditakar sok nganggo elmu kira2 weh hehheheh

    ReplyDelete
  26. he he...
    abdi mah pan pemula teh... janten rada hese ari ngira-ngira teh...
    pasti kirang asin wae :(

    ReplyDelete
  27. waaaa.. bisa ni disimpen,, buat kapan2.. hehe.. :)

    ReplyDelete
  28. monggo mba peb...
    kalo kira-kira gak begitu suka sama keju, garam juga bisa kok *resep dari teh ayu :)

    ReplyDelete
  29. iya mbak, yg bulet2 kek mpek2 kulit itu lho hehehe
    enak tenan pokoke

    ReplyDelete
  30. aih ada pili... *isin
    ayo bikin say... :D

    ReplyDelete
  31. *komatkamit ngeja y-u-n-o-w-m-i-s-o-w-e-l*

    ReplyDelete
  32. *merhatiin jambul khatulistiwa mamang berubah jadi polem..

    ReplyDelete
  33. *membayangkan*....deuuuhh bukannya jadi tenar macem boiben ntar malah dikira kangen-ben *tepok jidat*

    ReplyDelete
  34. ahahaha..
    Semua punya khas masing2.
    Ntar mamang mah dikalungin kamera... *jepret polem XD

    ReplyDelete
  35. nyahahaha..
    Pake ekspresi itu apik mesti..
    Levitation kalaaah.. XD

    ReplyDelete
  36. levitation sambil ekspresi itu piye yoh?? *membayangkan*

    ReplyDelete
  37. coba aja mang.. sayah mau liat.. *pe er

    ReplyDelete
  38. kudu punya tripod dulu Jeng :P

    ReplyDelete
  39. bukannya biasa pake bantal yak.. (. . )

    ReplyDelete
  40. bantal mana bisa buat angle yang setengah badan orang :P

    ReplyDelete
  41. bantal hidup..
    mwahahaha, apapunlah mang.. :))

    ReplyDelete
  42. bantal hidup..
    mwahahaha, apapunlah mang.. :))

    ReplyDelete
  43. huwiiikkkk *berasumsi negatip*.....


    ewww..bleki mana mau jadi bantal...

    ReplyDelete
  44. mikir apa memangnya? :/

    dirimu pan ikut komunitas poto, ajak merekalah.. mb ely juga bisa diajak.

    Nton liputan levitasi di metro gak mang? Sayah nungguin tapi kok ga ada..

    ReplyDelete
  45. eww..mikir bleki... :))

    eh ada to liputan levitasi? jam berapa?

    ReplyDelete
  46. siang jam 1an, acara wide shot. Tadinya liputan kamera lubang jarum, kirain bakal ttg potograpi semua.. ternyata macem2 :D

    ReplyDelete
  47. hari ini kah? *nungguin*

    ehhh di kosan ada tipi?? *terheran*

    ReplyDelete
  48. perasaan sayah nanyanya kemaren... T,T
    eeu... tipi dari... ya gitulah.. *ngloyor

    ReplyDelete
  49. ah, kau memang tak mengerti wanita... *hadezigg iki dadi cemen ngene XD

    ReplyDelete
  50. hihihihihi...wanita pancen ingin dimengerti yah....

    *mulai berpikir untuk mengerti wanita*...*halah*....

    ReplyDelete
  51. mbuh, buat sayah pribadi mah ga selebay itu.
    Mungkin pemikiran laki-laki yg terlalu menyulitkan diri? ^__^

    ReplyDelete
  52. perasaan gaulnya sama wanita melulu... ~__~

    ReplyDelete
  53. ohtidaakkk saya enggak menyulitkan diri kok :P

    ReplyDelete
  54. embyeeeer..... ehh tapi masih belum ngerti mereka juga ding.....

    ReplyDelete
  55. mang muha nyeratohtidaakkk saya enggak menyulitkan diri kok :P ah, teori..

    mang muha nyeratehh tapi masih belum ngerti mereka juga ding..... bertahun-tahun hidup sama ibu-adekmu... *gogodeg waelah*

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.