Thursday, March 22, 2012

Angeun Kacang Beureum Pasundan


Description:

Sempet jadi makanan favorit saya sewaktu kecil.
Ya sudahlah biar saya bikin ala Mamah biasa masak aja. Simpel bikinnya juga kok 



Ingredients:

- Kacang merah, cuci bersih
- bawang merah, iris tipis
- garam
- gula (gula merah lebih baik)
- lengkuas (basa sundanya laja ya kan?), bersihkan lalu memarkan
- 1 tomat (saya gak pake)
- daun salam (gak pake juga)

Directions:

- rebus air secukupnya
- masukkan irisan bawang, laos, kacang merah dan tomat ke dalam didihan air
- tunggu sampai kacang empuk (matang)
- masukkan gula, garam *jangan lupa dicicip yaa~
- sajikan selagi hangat




Selamat wiken... ^__^

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 7:52 PM
Kategori:

67 comments:

  1. Angeun, sanes sop...

    beda nya soto oge versi sunda mah bening
    versi lain rata-rata kuled pake santen

    ReplyDelete
  2. Bukannya sop kacang merah emang pake daging?
    Hmmmm yg aku tau bumbunya ga pake laos, tp pk bawang bombay en bawang merah :p
    Tp ga tau deh. Tiap keluarga beda2 resep :D

    ReplyDelete
  3. ya ampun, aku sampe bingung tadi Mojang tu sahaa..

    kenapa ya aku ga terlalu suka kacang merah.. padahal kan sehat..

    ReplyDelete
  4. oh enya... hilap... paingan teu aya gambarna... *edited
    soto di dieu oge aya nu bening...
    soto urang ngapak oge ngangge sambel kacang~

    ReplyDelete
  5. Mangkukna di dapur aya nu kieu, teu jeung daging, tapi asin sepat ^^b

    ReplyDelete
  6. huehue...
    kalo kebanyakan mah iya ngenyangin banget... *suka kuahnya :D

    ReplyDelete
  7. hah?
    terus biasana kumaha?

    di dieu mah da amis-amis seger kitu kang~

    ReplyDelete
  8. Satu lagi... kenapa ya suka pada bingung kalau kita ganti nama & headshot, padahal mah UserID-na tetep.

    ReplyDelete
  9. Angeunna emang amis seger... asin sepat mah lauk/daging na, terpisah

    ReplyDelete
  10. ieu mah henteu yeuh...
    http://disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=623&lang=id

    versi lengkap pake daun salam tah? XD
    aku mah sakitu teu nganggo tomat oge enak-enak wae geuning~

    ReplyDelete
  11. enak pake tahu pake sambel + ikan asin. waaaaa jadi pengen deh T___T
    *makan nasi kuning wae di sini, sedih*

    ReplyDelete
  12. Sumutut... tapi aa mah teu resep sambel (tarasi)

    ReplyDelete
  13. tapi ari postinganna mah berdasarkan nami sanes...

    ReplyDelete
  14. sumutut apaan, a? ya jangan sambel terasi, yg ga pake terasi lebih seger :p

    ReplyDelete
  15. cuma angeun doang juga enak... *si mamah ngurangin sambel buat keluarga :))
    ini juga dimakan sama oseng tahu pedes... *males mun ngulek sambel mah~

    ReplyDelete
  16. hahha... siga sayah bareto... meni alim kana tarasi
    lami-lami mah seneng wae... XD
    komo tos terang ari lodeh teh nganggo tarasi meh sedep...

    ReplyDelete
  17. Sumutut = pelesetan dari sumuhun = iya
    arti sebenernya sumutut = mulut penuh makanan

    ReplyDelete
  18. benteeeennn... X(
    *tara ngemam nu eta aku mah

    ReplyDelete
  19. Pelesatan deui atu jang...
    *mojang panggilannya "jang" kan? wkwkwk...

    ReplyDelete
  20. Kapan nih fotonya nunggul, apa mau nyaingin ulang taun dahSyat sampe jam 12 nanti... wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Dari pada lama, mending fotona digambar, itung-itung me-draw... wkwkwk

    ReplyDelete
  22. puguh keur loading aplod~
    koneksi balakecrot.. *lami teu mireng eta sato

    ReplyDelete
  23. Ati² bisa kena Asam Urat, ada diaftarku yang aku gak boleh makan...

    ReplyDelete
  24. oalah...
    nu asam urat mah ga boleh makan kacang-kacangan ya...
    mamah juga ga masak ini kalo aku ngga ada di rumah.

    ReplyDelete
  25. Iya makin tua manusia makin gak bisa makan seenaknya....dulu aku senang kacang yang hitam tuh digoreng...disini namanya Bohnen..kalau dah makan lupa minum Allopurinol 3oo bengkak kaki jari² sakit...

    ReplyDelete
  26. Enaak!~
    kacang merahnya enak buat cemilan

    ReplyDelete
  27. kacang hitam yg rasanya pedes?
    mesti jaga makanan dari muda ya bah... :)
    semoga abah sehat selalu~

    ReplyDelete
  28. ...
    *apa aku jualan iki wae yo~

    *nyambung pilem Top Secret
    ho ho ho~

    ReplyDelete
  29. Waaaah...kesenengan teteh ieu mah, komo upami ngangge kerewedan atanapi iga mah...trs upami teteh mah ditambihan ku daun Salam tah.
    Trs nedana teteh mah sok ngangge siksikan cengek ..tong hilap kurupuk na...hhhmmmm...:)
    Hanjakal kang mas sareng barudak teu resep :'(

    ReplyDelete
  30. Teteh, kok pakai daun salam dan cengek, itu aja laos yang dipakai si neng... hmm... hmm...

    *masuk kamar, ketawa guling-guling*

    ReplyDelete
  31. Eeehhh khan daun salam teh bikin wangi...he..he...
    Tergantung kesukaan kaya nyah.
    Tp resep teteh mah ya itu..pakai daun Salam..trs makannya pake cabe rawit..wuaaaahh nak..enak dweeeh...:D
    *bayangin yg lagi guling2*

    ReplyDelete
  32. Iya, Teh. Daun salam dan cengek memang bikin tambah sedep. Tapi boro-boro mau pakai daun salam dan cengek, kondisi lengkuasnya si neng ... ga jelas. :D

    Wah, ngusilin dik Pera kali ini gagal ( ' ')

    ReplyDelete
  33. Ini maksudnya aku mau ngusilin si neng gitu, Teh. Wah, ga berhasil. :(

    ReplyDelete
  34. iya lengkapnya mah pake daun salam... tapi aku ga punya... :D
    ari cengek mah tara teh, sambelna mah pisah soalna di keluarga neng mah tara masak laladaan ^__^
    janten ngiring mamah wae, bebeningan kitu... seger~

    *umpetin barbel yg ketawa guling-guling..

    ...
    #eh, kok dadi janggal kalimatnyah XD

    ReplyDelete
  35. angeun itu artinya apa ya?
    ajarin bahasa sunda dong

    ReplyDelete
  36. hmmmm........ #bingung lagi kalo ditanya ini

    angeun tu yaaa kayak masakan kuah-kuahan gitu... 'sop' gitu kali ya..

    ReplyDelete
  37. hmmmm........ #bingung lagi kalo ditanya ini

    angeun tu yaaa kayak masakan kuah-kuahan gitu... 'sop' gitu kali ya..

    ReplyDelete
  38. muhun, dipisah atuh cengek na, ngga disatukan sama masak sayurna...atuh seuhah lata-lata :D
    Kalau mau makan, baru ditaburi potongan cabe rawit tah....waaah hanjakal teteh lagi dilarang berat makan pedes
    :((

    ReplyDelete
  39. nuju sehat mah puguh nikmaaat emam nu lalada nya teh...
    siga mamah, ayeuna tos karaos ieu-itu teh janten pet pisan teu emam lada....

    ReplyDelete
  40. belum pernah aku ve.... palingan klo kacang mah dimasak sama sayur bening....atau sayur asem gituuu

    ReplyDelete
  41. huehue.. makanya kuposting...
    soalnya memang yg aku liat kebanyakan kacang merah itu cuma sebagai pelengkap masakan doang :)

    ReplyDelete
  42. tinggal bikin~
    kayaknya sup begini jarang ditemui ... :|

    ReplyDelete
  43. Orang sunda yg suka masakan ini mah...:)

    ReplyDelete
  44. lami pisan teu ngadamel kacang beureum...

    ReplyDelete
  45. ehee, sami teh..
    Ayeuna janten sok ngadamel pedah lumayan irit pngeluaran :D

    ReplyDelete
  46. heuheu janten sering masak memasak nya teh..

    ReplyDelete
  47. keinget lagu tokecang
    tokecang tokecang balagending tosblong
    angeun kacang angeun kacang...

    ReplyDelete
  48. hihihihihihi dulu sempet punya kumpulan lagu sunda, untuk kuliah masyarakat dan kesenian indonesia

    ReplyDelete
  49. oalah... aku mah punyanya Doel Sumbang-an :D

    ReplyDelete
  50. xixixiix aku punyanya yg versi anak anak :D

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.