Tuesday, March 13, 2012

Tofu Chicken Steak

Description:
Ceritanya mau nganter ipar nemenin beli daging. Sekalian ke pasar, saya pengen beli sayur buat capcay-capcayan sendiri..
Ealah.. kok ternyata dagingnya udah nangkring di dapur. Ternyata dia udah ke pasar minta dianterin si aa X(
Gudbai capcaaay~

Ya sudah, akhirnya bantuin doang di dapur...
Sesuai rencana pas sayah datang, kami mau bikin steak tahu.
Enggg~ gak full tahu sih, kan pake daging juga :))

Memang agak ribet, tapi gak seribet Nugget Ayam ini. Yuk dicoba...

Ingredients:
- 1 kg tahu putih
- 3/4 kg daging giling (terserah, tapi kami pakai daging ayam)
- margarin secukupnya (buat numis-numis)
- garam
- gula
- telur kocok lepas
- Bawang bombay
- 5-6 siung bawang putih (ulek halus)
- daun bawang (potong-potong)
- tepung roti


Saus:
- margarin secukupnya
- setengah bawang bombay
- 1 sdm saos
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdm saos tiram
- tepung terigu (ato maizena)
- 1 gelas air

Directions:
1. Hancurkan para tahu *halah* aduk-aduk.
2. Panaskan margarin/mentega, masukkan bawang putih, biarkan sampai harum, masukkan daun bawang. Tunggu sampai harum, masukkan daging giling. Aduk-aduk hingga berubah warna dan tercampur semua.
3. Matikan kompor, campurkan daging ke dalam adonan tahu. Karena agak berair, usahakan airnya ga ikut terbawa yaa~
4. Kasih 2 sdm garam dan merica secukupnya. Aduk adonan hingga tercampur merata.
5. Karena masih tahap nyoba, kami juga nyampurin sebutir telur karena ngeliat adonannya gak nyatu.


 




















6. Yakin semua telah tercampur, mulai bentuklah si steak...
7. Celup ke dalam kocokan telur
8. Baluri dengan tepung roti
9. Masaaaaak!



BIKIN SAUS

1. Panaskan margarin/mentega
2. Masukkan irisan bawang bombay, tumis sampai harum
3. Masukkan tepung terigu, aduk rata
4. Tambahkan segelas air
5. Masukkan saos, lada hitam, kecap, gula, dan saos tiram. Aduk hingga semua tercampur.
Kalau terlalu kental bisa ditambah air

Selesaaaaiii....
Santap steak selagi panas~


Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 12:39 PM
Kategori:

60 comments:

  1. *ngiler*...Petromaaakkkk....

    ReplyDelete
  2. ngeleh cah.. awan2 rung rolasan...

    ReplyDelete
  3. kan memang buat lunch... :D
    hepi makan siang~

    ReplyDelete
  4. ini jadinya banyak kok, kan hampir 1 kg daging...
    hmm... kami bikinnya kecil-kecil sih, jadinya mungkin dapet sekitar 25 potong kali ya...

    ReplyDelete
  5. nambah gimana?
    cukuplaaah buat orang serumah~

    ReplyDelete
  6. Ngambil lagi steaknya :D
    Oh kalo buat orang serumah ya pas tuh

    ReplyDelete
  7. iyalaah..
    apalagi buat lauk makan mah segitu cukup banget :D

    ReplyDelete
  8. huehue...
    memang enak mbak...
    karena ini gak kebanyakan daging, jadi gak bikin enek :D

    tapi yaa emang sih gak gitu praktis...

    ReplyDelete
  9. iyah digoyeng...
    telurnya secukupnya buat ngoles permukaan steaknya, fin...
    tadi kami butuh sekitar 7 telur...

    ReplyDelete
  10. iya... enak lho ternyata...
    sayang habisnya cepet ketimbang masaknya~

    ReplyDelete
  11. ayok dicoba mbak....
    sebelum ini pake tempe... tapi IMO enak yg tahu....
    mungkin kemaren kebanyakan daging ketimbang tempenya.

    ReplyDelete
  12. belajar, buu...
    iparku kan memang suka coba-coba resep masak...

    ReplyDelete
  13. waaa... enak kayanya... *ngeces..

    ReplyDelete
  14. Aaaaaaaaaaa mau...........makanan Orkay...........

    ReplyDelete
  15. he he... tahu bah... :D
    kemaren juga pake campuran tempe...

    ReplyDelete
  16. Aku kemarin beli tahu tempe....sedang males masak....hehehe nanti malem deh.......

    ReplyDelete
  17. waa asiik... dibikin apa nih...
    ntar aku liat potonyaaa :D

    ReplyDelete
  18. neng nuhun nya tos posting
    besok bade nyobian :D hehehe
    bikin steak na teu nganggo terigu kan yah siipp

    ReplyDelete
  19. sami-sami... mugia manpaat yah, bumil..
    sipp... met nyobain...
    ^__^b

    ReplyDelete
  20. asyiiik nyoba ah
    tapi ga pake ayam karena lagi bokek

    ReplyDelete
  21. monggo...
    ntar kalo punya tips" lain dishare yah mbak...
    iki pertamakalinya bikin je... XD

    ReplyDelete
  22. waduuh, enake reekkk, kalo di rumah jadi sering masak yaaah

    ReplyDelete
  23. gak juga, ini mah ujicoba, pil..
    Manfaatin alat yg ada.. :D

    ReplyDelete
  24. menarik, alternatif masakan tahu
    makasih ya

    ReplyDelete
  25. baru liat resep inih
    #diinget2 mau dicontek :D

    ReplyDelete
  26. diprint sekalian, mbak... biar ga lupa~
    mungkin mb indria punya alternatif tambahan biar adonannya ndak begitu becek sebelum dioles telur :)

    ReplyDelete
  27. tahunya kali ya mbak yg bikin becek
    selama ini sy bolm berhasil bikin perkedel problemnya becek juga
    pas kemarin plg semarang tanya ibu, ternyata harus pakai yang tahu halus dan diperas dulu tahunya biar g banyak kandungan airnya

    ReplyDelete
  28. iya memang dari tahu, tapi juga ayamnya, mbak ^__^
    soalnya yg pakai tempe juga becek..

    maksudnya perkedel jagung?

    ReplyDelete
  29. oalah...
    kalau 'perkedel' tahu yg kubuat palingan cuma dicampur telur aja mbak...
    ngebentuknya pas mau digoreng, langsung dari sendok gitu...
    jadi dadar tahu deh... :D

    ReplyDelete
  30. hehehehe, pke bawang goreng n daun bawang haruum

    ReplyDelete
  31. Rujit... tapi sigana dituang mah piwaregeun ^_^

    ReplyDelete
  32. iyah... da nu ngolahna ge rada ribet ku sorangan mah~
    dituang mah.... ENAAAAKK~

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.