Sunday, March 4, 2012

Langka guru BK?

Lanjutan dari QN ini .

Hari ini diceritakan temen yg nginep (lagi) soal kelakuan para siswa ababilnya di kota kelahirannya.
"Aku mulai mikir apa aku mending keluar aja ya, Mbak?"
"Ngopo e pake keluar segala..."
"Ya itu lho mbak.... nakalnya anak-anak sana tu udah bukan nakalnya taraf anak-anak... tapi udah yg dewasa gitu."
Terus dia lanjutkan curhatannya.

"Ada anak cewek izin ke belakang (kamar mandi). Beberapa saat kemudian ada anak cowok juga izin ke belakang. Ternyata ada Pak Samin (samaran) yang diem-diem ngikutin mereka. Beberapa saat kemudian, Pak Samin ngomong keras gitu... 'Lhooo kok gituuuu'. Akhirnya aku nyusul keluar juga.
Ternyata mbak, Pak Samin tu liat mereka ada di kamar mandi yg sama. Aku ikutan campur tangan 'Ada apa ini?'
'Enggak ngapa-ngapain kok...'
'Kamu ngapain mbak?'
'Betulin kerudung kok bu...'
'Kenapa gak betulin pas istirahat aja?'
'Lhaa udah acak-acakan banget je, bu...'
'Terus kenapa masuk segala? Di luarnya kan bisa kalo cuma benerin kerudung...' (saya bayangin kamar mandinya ga langsung masuk kamar mandi yg ada bak airnya)
'Ya... bukan salah saya bu, dianya ujug-ujug masuk sini...'
'Ya bukan itunya, kamu itu cewek, cah wadon, gadis kok kelakuane begitu. Ya jangan gitulah, jangan murahan. Ini kalo kamu dilaporin ke guru agama bisa dipanggil (orangtuamu)!' (yg cowok begitu ketahuan Pak Samin langsung kabur)"

Kasus tak berakhir sampai di situ. Yg cowok setelah kabur ternyata sudah ada di dalam kelas. Karena etikanya menegur itu gak baik di hadapan banyak siswa lain, akhirnya teman saya menahan banyak pertanyaannya hingga pelajaran berakhir.

"Aku nyuruh dia tinggal sebentar, 'Kamu duduk dulu di situ.' Gayae wes males-malesan, mbak....
'Kamu ngapain tadi ke kamar mandi?'
'Apaan bu, ngga ngapa-ngapain kok...'
'Ibu tanya, kenapa kamu masuk ke kamar mandi cewek?'
Wes, pokoe ngeleees melulu. Terus ta nasehatin gini-gitu, ta bilang... guru laen belum tentu mau peduli masalah dia, blablabla. Eee, dia malah bilang 'Udah sih bu'
Pengen kutabok jadinya..."

"Terus pernah lagi... aku masuk ke kelas itu. Kecium bau-bau ga enak banget deh. Aku sampe nanya 'Ini yg piket siapa? Kok rasanya ada bau-bau ga enak ya...' Terus aku nelusur-nelusur. Ealah... ternyata anak itu lagi tiduran di kursi. Akhire kubangunin dia. Bangun sih, tapi rada ngedumel ngunu.
Nah ituuu pas ngedumel kae, mulutnya itu beuh.... bau banget. Ternyata dia mabok. Akhirnya aku suruh pulang, dia we meracau linglung kae mbak...
'Hah, aku kan pengen ikut belajar bu!' Dia ngomong sambil berdiri. Kirain beneran mau pergi, ealah... dia malah duduk lagi. Habis itu ta' tarik bajunya. Hadeuh, ternyata sobek... tapi yo ben lah... mungkin emang jahitannya juga buluk.
'Ijin pulang aja sana, daripada kamu di sini ganggu yg lain (baunya).'
Lheee de'e nesu, keluar pake banting pintu. Baru udah balik ke pelajaran, dia gangguin pake gedor-gedor kaca kelas. Hadeh...

"Kirain itu anak beneran udah pulang. Aku mau ke kamar mandi tho, lhaa itu anak ngejogrog di pinggir kamar mandi coba. Akhirnya aku gak jadi masuk.
Jelang ganti pelajaran, dia ternyata masih belum pulang juga. Gurunya sampe pake sapu buat nyuruh dia pulang. Untungnya dia mau pulang.
'Oh, ya udah bu... saya pulang ya...'
'Iya iya pulang sana'
'Aku berjanji bu, akan belajar dengan baik besok...'
'Iya... besok sadar ya, jangan mabok lagi."
'Iya bu, salim dulu~'
Ibu gurunya udah rada takut-takut, 'Ngapain pake salim segala? Udaaah kamu langsung pulang aja sana...'
'Lhoo ntar kalo saya di jalan ketabrak terus mati gimana bu... makanya salim dulu biar selamat.'

Yaelaaah masih inget mati juga ternyata =))

"Gitu mbak, apa mending aku pindah wae yo? Bukannya gimana-gimana, aku sendiri masih gadis... bingung ngadepin yg begitu mesti gimana..."
"Lho bukannya ada BK (Bimbingan Konseling)?"
"Nggak ada."

Wah, kalau persoalannya begini repot juga ya. Meski tugas guru yg utama itu mendidik moral, tapi ya susah kalau pendidikan seperti itu tak sampai selama perkuliahan. Semua pendidikan yg sering dilihat sekarang ini hanya menekankan akademis, padahal sisi moralitas sudah terlihat dampaknya hingga merembet pada seorang bocah SMP kelas 1 model begini.

Ditulis Oleh : Veraveravera Puritama // 9:43 AM
Kategori:

73 comments:

  1. Hah? SMP kelas 1!? Astaghfirullah :((
    Temanmu ngajar di kota apa, Vera?

    ReplyDelete
  2. Terasa beratnya tantangan yang dihadapi oleh mba Vera.

    Ada kewajiban dan keinginan untuk membenahi murid, tetapi disaat yang bersamaan juga harus waspada menjaga diri.

    Semoga Allah selalu melindungi dan memberi jalan keluar yang terbaik. Aamiin

    ReplyDelete
  3. mbak, temennya mbak suruh ngomong ke kepala sekolah
    kalau di sekolahku dulu perbuatan-perbuatan kayak gitu udah diskors lho
    ditegur sekali dua kali perlu tapi nggak ada efek jera

    ReplyDelete
  4. Ya Allah merinding aku :(
    Besok, ank2 qt gmn nsibnya? Hdup di jaman bubrah sprti itu. Ya Rabbi, lindungilah ank cucu qt dri kejahatan dunia yg menyesatkan :(

    *Titip semangat buat temenny yah :)

    ReplyDelete
  5. iya...
    yg kelas 3 udah kuceritain di sini mbak..

    ReplyDelete
  6. bukan aku mbak... tapi temenku...
    aamiin... semoga saja membaik...

    ReplyDelete
  7. ini udah banyak guru yg mengalami (mendapati) kasus serupa mbak, masa iya kepseknya ndak tahu...

    ReplyDelete
  8. insyaallah temenku bawel tegas, mungkin ada baiknya juga menegakkan dan menegaskan peraturan sekolah terhadap siswa. Termasuk juga memberi sex education yg terarah biar ga kepleset terlalu jauh seperti itu :(

    ReplyDelete
  9. ehhh udah mainan Notes yang lama nih...*dateng-dateng langsung belokin topik*

    ReplyDelete
  10. astagfirulloh...

    bingung mo komen apa

    :((

    ReplyDelete
  11. Makin deg-degan jadi orang tua...makin beurat tugas ortu...:(

    ReplyDelete
  12. peduliin anaknya, mungkin itu yg sementara ini bisa disimpulkan...
    meski bukan jaminan, tapi paling engga bisa ikut ngebentuk karakter anak.

    ReplyDelete
  13. iya teh...
    harus pinter-pinter milih lingkungannya juga... :(

    ReplyDelete
  14. nek kasus seng iki mah kayae ortunya memang ga peduli...

    ReplyDelete
  15. kalo ditanya cita-cita, dia jawab apaan ya...

    ReplyDelete
  16. jadi guru yg sebenar-benarnya pendidik itu betulan mesti tahan banting..

    ReplyDelete
  17. *bingung mau komen apa*

    tapi ibuku pernah ve...nyamperin muridnya yang mabok lagi bawa golok pula

    gek ngopo coba neng sekolahan gawa golok, emang tempat jagal sapi -.-''

    ReplyDelete
  18. mang muha said*tetep mantau*.. monggo... ^__^
    jagain adek-adeknya..

    ReplyDelete
  19. emang aneh-aneh wae pemikiran anak-anak sekarang...
    jamanku dulu masih polos yg culun-culun ngunu... :))

    ReplyDelete
  20. jangan2 mereka juga udah kenal ganja, cimeng, ekstasi, dll...

    ReplyDelete
  21. kalau rokok mah... iya.
    Alhamdulillah berita soal ganja narkotik begitu gak aku denger... muga" enggak deh, mbak....
    kayak udah jadi kriminal gitu jadinya :|

    ReplyDelete
  22. Mknya kadang setiap sekolah baiknya kudu punya minimal 3 guru killer yak hehe.. Fyi.. Say saranin temenmu untuk lbh galak lagi.. Biasanya anak kek gtu susah dinasehatin pake mulut.. Diskors keknya bagus.. O iya waktu aku di halmahera mulai dr anak sd kls 1 - 6 itu gak aku izinin anak ke wc barengan. Harus nunggu yg 1 dulu bahkan sesama cewe . Karena untuk mengurangi ngobrol di wc atau bahkan macam anak smp ini.

    Guru zaman skrg anehnya malah digenggam anak murid hehe.. Makanya aku lbh milih jd guru jutek.. Kalo dia benar puji, kalo dia salah sp :D *hahahahketawasetan

    ReplyDelete
  23. Dan ada beberapa sekolah say.. Yg emang gk punya guru bk tapi ia berinsiatif menjadi guru bk.. Biasanya guru mata pelajaran yg bid studinya dikit.. Mungkin temenmu harus usul ke kep sekolah.. Baiknya lbh kritis.. Aku gemes bgt kalo anak2 sekolah macam 'ngebeli dan nindas' guru..

    ReplyDelete
  24. nyahahhaha...
    aku mah dari tampang udah keliatan jutek, jadi gak perlu jutek buat nyikapin anaknya =))
    wibawa itu juga banyak-enggaknya sedikit ngaruh teh...

    kalo diskors gitu emang tandanya peduli ya?
    soalnya buat kasus yg ini kayaknya si orangtua ga begitu peduli, teh :|

    ReplyDelete
  25. herannya kalau para guru sudah tahu, kenapa nggak merapatkan hal begini sekalian di majelis sekolah ya?

    ReplyDelete
  26. innaalilaahi wa innaa ilayhi raaji'un....

    ReplyDelete
  27. Aku punya kebiasaan manggil org tua sh say.. kalo gak peduli juga.. Gurunya samperin ke rumahnya :) dgn bgtu org tua akan sdkt malu dan ngerasa anaknya diperhatiin, bgtu jg si anak.. Di halmahera beberapa org tua jg cuek.. Cm anak akhirnya ngerasa gurunya peduli. It works hehe.. Dulu ada anak yg kabur2an bayangin baru kelas 4 sd. Titip pesan supaya si ortu datang tak datang2. Aku samperin. Setelah disamperin alhamdulillah itu anak mau lagi ke sekolah.
    Bd kasus sih ama tmnmu cm sdkt saran.. Kenali keluarganya :)

    ReplyDelete
  28. iyo e...
    temenku yg anak BK juga tugasnya yo keliling rumah para ortu siswa :D

    hanya aja, kadang ada juga guru yg waktu ngajarnya full time... pulang-pulang udah sore, apalagi yg udah punya keluarga.

    Tapi sarannya bagus teh, biar ta sampein ke anaknya :D
    nuhuuun..

    ReplyDelete
  29. Tergantung sekolah dan di daerah say.. Tergantung guru dan kepala sekolah mau bersikap seperti apa.. Itu ko blh tau daeraha mana ya? Beberapa guru ada yg malah cenderung cuek say.. Hehe masalah pendidikan indonesia tak setitik.. Tapi raksasa. :D

    ReplyDelete
  30. ho oh...
    daerah Cilacap... ndak tahu masuk kotanya apa bukan...

    ReplyDelete
  31. Bingung ver...
    Perlu krja sama dg ortu utk penanganannya.
    Buat study kasus

    ReplyDelete
  32. iyah... tanggungjawab terbesar itu memang ada sama orangtua...

    ReplyDelete
  33. Haduuh veraaa aku jd lapaaaar abis diskusi soal beginian hihi

    ReplyDelete
  34. duh jadi ngga enak...
    ni barusan beli nasi telor sama jus alpukat... hoyong teh? :p

    ReplyDelete
  35. Waow seru bgt obrolannya, smg tulisan ini jd warisan berharga buat pembacany utk lbh pduli masalah pdidikan di skolah mopun drumah. Tfs ya veraa..

    ReplyDelete
  36. Innalillahiwainailaihirajiuun...Kek apa bangsa ini nanti di masa depan kalo anak2 ini kaya begitu. Kamu mesti banyak bersabar ya Ve kalo udah jadi pengajar nanti...

    ReplyDelete
  37. *deg*


    ya ya ya... 'pendidik' anakku sendiri ya... kalo jadi guru sekolahan... ntar pikir-pikir dulu...

    ReplyDelete
  38. Hahaha, gapapa Veee...Belum besok juga kan jadi gurunya XD

    ReplyDelete
  39. Ve, mungkin pihak sekolah (selain tmenmu) sudah tau dan memberikan nasehat dll, akhirnya capek ngingetin trs smentara anak2 mkin ngawur.
    Dlu pas q kelas 1 smp, ada tmen cewe yg diremas bbrapa tmen cowo, trus diaduin ke BK. Wktu itu guru bk minta dtunjukan siapa aja pelakunya, dsuruh ke dpn kelas dan mereka ditampar satu persatu sama si ibu (keras bgt le nampar, berbekas gt, bunyi PLAKSnya bikin kaget). Trus dicatetin namanya. Hbis itu gada kejadian lg. Jaman dulu anak2 masih takut sama guru.
    Tapi kasus ini sma t4 tmanmu beda. Perlu penanganan bareng2..
    Jgn2 dr rumah jg sudah seperti itu, ini lbh sulit nanganinya.

    ReplyDelete
  40. iya mbak, intine tetep pemberitahuan ke orangtua juga :|
    tapi nek pake kekerasan begitu... ealaaahh ada stigma miring lagi ntar ke gurunya....

    ReplyDelete
  41. ga tau deh ve...sepertinya sekarang model ngajarin anak orang juga anak ndiri harus lemah lembut, masalahnya juga kadang anak udah ga bisa di lembutin lagi...
    duh punyengnyaaa jadi guru...

    ReplyDelete
  42. kalo gak takut sama pencitraan mah... ya hajar aja sebenere mbak...
    cara ngedidik orang kan laen-laen, dan yg kenal karakter anake dhewe ya mereka sendiri ya? Publik mana tahu kelakuan anaknya di sekolah/rumah... *jadi ngrembet ke berita di tipi :))

    ReplyDelete
  43. kenakalan remaja level 10 ya mbak? *maicih mode on*

    ReplyDelete
  44. Emang jaman sekarang beda ya Ve...Dulu guru itu profesi yang mulia jadi kalo pake metode keras pun itu demi kebaikan si anak. Sekarang main jewer dikit aja udah diaduin ke Komnas HAM anak....Susye deh ya

    ReplyDelete
  45. banget-banget bedanya.
    dulu kalo diceritain gurunya para orangtua mah... beuh, galak-galak gak jadi soal. Makane wajar mental mereka juga pada kuat, moral juga masih dipegang. Nilai 3 hasil ujian nasional juga ga jadi soal, tapi kualitas mereka jempolan.

    Sekarang mah karena udah komersialisasi, apa-apa udah pake "Saya yg menggaji Anda!" nyesek banget ketoke. Orientasinya udah bukan "Saya minta tolong Anda buat didik anak saya"

    Terbukti sekarang kata hadits: "Budak-budak melahirkan tuan-tuan mereka" *hadits seingetnya ~

    ReplyDelete
  46. Bener banget....Naudzubillahimindzalik.

    ReplyDelete
  47. iya...
    sekarang mesti pinter-pinter cari siasat buat ngedidik para siswa ya mas... ^__^

    ReplyDelete
  48. Yoi Ve, dan sabar...Dan tugas pendidik itu IMO berat soalnya ga cuma ngajar ilmu tapi juga mendidik budi pekerti (istilah yang udah lama ga kedengeran lagi :'I). Lain dengan dosen yang ngajar ilmu aja...Mau nangkep monggo, nggak ya terserah, karena anda sudah dewasa. *kata Babeh sih XP

    ReplyDelete
  49. kalau bisa, harus ada razia tuh setiap minggu. kaya waktu aku SMP. tiap minggu ada razia. jadi bisa ketauan juga kalo ada yang bandel kayak bawa majalah dewasa, senjata tajam, miras, rokok, atau bahkan video porn di HP atau dalam bentuk CD.

    ReplyDelete
  50. hahaha.. itu mah udah jadi prinsip beberapa dosen :))

    ReplyDelete
  51. iya ya... dulu pas SMP juga ada razia-raziaan... bedak, cermin, sisir aja kena... *mau belajar pelajaran apa mau belajar dandan??* :D

    kabarnya itu anak pernah kena grebek polisi karena ketahuan bolos pas jam pelajaran sekolah gitu kan...
    tapi ya itu... ortunya entah peduli entah gimana, gak ada yg jemput dia... ya otomatis dilepas lagi.
    Polisi juga bingung kali ya... toh kesalahan dia cuma ketahuan bolos (bukan karena miras ato kasus serius), masa iya ditahan... ^__^a

    ReplyDelete
  52. kayaknya ini nih yg jadi dampak negatif dari kemajuan teknologi.
    Jaman aku sekolah mana ada yg bawa hape... kalopun ada, bener-bener barang yg samasekali belum tren.
    Baru pas SMA ada 1-2 orang yg punya, itupun jarang pisan keliatan...

    ReplyDelete

 
Powered by Blogger.